10 Kuliner Jogja Bikin Kangen, Wajib Coba !

Kuliner Jogja

Yogyaku – Jalan-jalan ke Jogja tidak lengkap jika belum mencoba 10 kuliner Jogja ini yang bikin kangen ini,berikut ini rangkumannya dan yang nomor 9 bikin ketagihan.

Berikut ini adalah 10 Kuliner Jogja Pilihan:

1. Kicikan Pasar Wage

Kicikan mungkin sedikit yang mengetahui tidak seperti gudeg yang sudah populer sebagai ciri khas kuliner Jogja, nah sebaiknya Anda perlu tau lebih dengan kicikan.

Kicikan adalah masakan campuran daging dan jeroan sapi yang telah dicacah, diolah sedemikian rupa menjadi kuliner yang lezat, dengan kuah yang gurih. Campuran cacahan daging dan jeroan tersebut dimasak dengan bumbu kicik.

Kuliner Jogja
Kicikan Pasar Wage

Rasa gurih yang dipadukan dengan sambal bawang semakin nikmat bersama nasi tiwul atau nasi liwet. Satu porsi kicikan ditawarkan dengan harga Rp.5000 dengan pembungkus daun jati.

Untuk mendapatkan nasi kicikan Anda harus datang ke pasar tradisional yang hanya buka pada pasaran dalam kalender Jawa.

2. Lontong Goreng Cik Tong

Kuliner satu ini terbilang unik dan langka, karen pada umumnya lontong yang orang umum kenal selalu di sajika dalam bentuk lontong sayur.

Nah lontong goreng ini memiliki rasa yang unik dengan taburan bumbu khas Sumatera yang tentu membuat lidah bergoyang.

Kuliner Jogja
Lontong Goreng Cik Tong

Sementara isiannya tak hanya lontong tapi juga berisi mie kuning, bakwan, wortel, serta kacang panjang. Rasanya sedap dan Anda tak akan menyesal setelah mencobanya.

Untuk mendapatkan makanan ini silakan datang ke lokasi yang beralamat di Jalan Pandega Marta No.58, Caturtunggal, Depok, Sleman dapat menggunakan kendaraan sendiri atau menggunakan kendaraan rental mobil yang ada di jogja.

3. Tengkleng Gajah

Mendengar tengkleng gajah tentunya Anda berfikir tengkeleng yang disajikan adalah daging gajah.

Tapi ternyata daging yang disajikan adalah daging kambing dengan porsi jumbo sehingga mengapa disebut dengan tengkleng gajah.

Tengkleng gajah dapat Anda temukan di jalan Kaliurang KM. 9.3, Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman. Lokasinya di dekat persawahan yang masih hijau tentu suasananya sangat nyaman.

Kuliner Jogja
Tengkleng Gajah

Tengkleng adalah sejenis masakan sup khas Solo yang berbahan dasar daging, jeroan, dan tulang kambing yang hampir mirip dengan masakan gulai kambing, hanya saja dengan kuah yang lebih encer.

Nah penasaran ingin mencobanya ?

4. Sego Abang Lombok Ijo Mbah Widji

Banyak makanan nikmat di Jogja tentunya bikin Anda yang sedang program diet Anda takut gagal.

Tapi jangan khawatir karena di Jogja juga ada satu tempat kuliner Jogja yang cukup terkenal yang menyajikan makanan khas namun ramah bagi yang sedang diet.

Kuliner Jogja
Sego Abang Lombok Ijo Mbah Widji

Ya, Sego abang lombok ijo mbah Widji ini menyajikan menu makanan dengan nasi beras merah dengan beberapa menu sajian lainnya yaitu ayam goreng, empal sapi, tahu dan tempe bacem, sayur pepaya, serta sambal lombok ijo

Untuk dapat menikmati makanan ini Anda dapat menggunakan kendaraan sendiri atau rental mobil Jogja menuju lokasi di jalan Pakem-Turi Km 1 Mangunan, Harjobinangun, Turi, Sleman.

5. Ingkung Mbah Kentol

Beralih ke kabupaten Bantul Yogyakarta yang juga memiliki menu dengan bahan ayam yaitu ingkung mbah Kentol.

Kuliner Jogja
Ingkung Mbah Kentol

Yang menarik dari menu ayam utuh yang disajikan adalah ayam kampung dalam kreneng (anyaman bambu) tentunya makin mantap dimakan bersama lalapan.

Nah tertarik untuk mencobanya ?

6. Mangut Lele Mbah Marto

Banyak menu dengan bahan dasar ikan lele, namun kuliner Jogja ada yang cukup terkenal yaitu mangut lele mbah Marto.

Kuliner Jogja
Mangut Lele Mbah Marto

Anda dapat menikmati makanan yang dimasak dengan cara tradisional ini, dan disajikan bersama dengan sambal goreng krecek, serta lele yang diberi bumbu mangut.

Cukup berkendara menggunakan sepeda motor atau menggunakan mobil rental Anda langsung menuju ke lokasi yang tepatnya di Ngireng-ireng, Sewon, Panggungharjo, Bantul

7. Bakmi Mbah Wo

Menu-menu nikmat dan sedap tentunya banyak dijumpai di wisata kuliner Jogja, nah salah satunya bakmi Mbah Wo ini.

Bakmi Mbah Wo sudah cukup terkenal di Jogja, yaitu bakmi jawa dengan bumbu khas Jawa Tengah dan Jogja dipadukan dengan daging ayam yang suwir.

Kuliner Jogja
Bakmi Mbah Wo

Untuk menikmati bakmi ini sebaiknya dalam kondisi panas dan sangat cocok jika disantap bersama rintik hujan.

Silakan Anda menuju kelokasi yang tepatnya di Desa Code, Trirenggo, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Mau Mencoba ?

8. Mie Lethek Mbah Mendes

Masih seputar mie, ada satu menu kuliner Jogja yang cukup terkenal yaitu Mie Lethek mbah Mendes, kata “Lethek” artinya adalah kotor dalam bahasa Jawa.

Namun Lethek (kotor) disini bukan berarti kotor yang sesungguhnya namun karena mie ini disajikan dengan bumbu yang terlihat coklat seperti kotor. Mie Lethek Mbah Mendes sudah tidak diragukan lagi cita rasanya.

Kuliner Jogja
Mie Lethek Mbah Mendes

Mie Lethek banyak variannya, ada yang rebus, goreng, serta dicampur dengan nasi goreng. Aroma olahan bumbu menyeruak begitu bawang putih, kemiri, merica, dan garam mulai ditumis.

Masakan makin lezat dengan tambahan suwir daging ayam jago kampung. Salah satu warung mie lethek yang cukup populer ada di Jalan Margo Utomo No.22, Gowongan, Jetis. Namanya, Mie Lethek Mbah Mendes.

9. Gudeg Yu Djum

Gudeg ini adalah yang sangat terkenal di Jogja, jadi jika Anda wisatawan dari luar jogja wajib menyicipi menu gudeg yang satu ini.

Kuliner Jogja
Gudeg Yu Djum

Menu makanan dari bahan nangka ini sudah menjadi ciri khas kuliner Jogja, namun banyak sekali yang menjual menu gudeg di Jogja. Sebagai bahan pertimbangan Anda perlu menyicipi Gudeg Yu Djum ini karena dapat disantap ditempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

10. Sate Klathak Pak Bari

Sate pada umumnya menggunakan bahan daging ayam atau kambing yang ditusuk menggunakan bambu kemudian dibakar diatas bara api.

Namun yang unik dari sate Klathak adalah daging ditusuk menggunakan besi (jari-jari roda sepeda/motor).

Selain unik dari tusuk satenya, ukuran dagingnya pun 3 kali lebih besar dari ukuran sate pada umumnya.

Kuliner Jogja
Sate Klathak Pak Bari

Nah Anda dapat menikmati menu sate klathak ini salah satunya yang cukup terkenal adalah Sate Klathak Pak Bari yang dulu sempat menjadi salah satu lokasi shyuting film AADC. Penasaran ?

Nah itu tadi 10 Kuliner Jogja yang tentunya selalu bikin kangen dan ingin kembali datangke Jogja ?

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke media sosial Anda, atau jika ada pertanyaan seputar wisata dan rental mobil jogja yang disarankan silakan tinggalkan komentar.

10 Kuliner Jogja Bikin Kangen, Wajib Coba !
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.