Grojogan Sewu – Air Terjun Kulon Progo Tempat Pertapaan Baladewa

Yogyaku – Air terjun kulon progo | Air terjun ini merupakan salah satu tempat berwisata yang ada di Jogja dan sekitarnya, dan memiliki hubungan erat dengan legenda Mahabrata yang sangat terkenal.

Bagi sebagian besar orang ada di Jogja, mungkin sudah tak asing lagi dengan air terjun yang satu ini.

Namun tidak demikian halnya dengan orang yang berasal dari luar Jogja. Baik orang yang ada di pulau Jawa, maupun yang dari luar jawa.

Ya, Jogja memang menyimpan banyak sekali keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Itulah sebabnya banyak orang, khususnya wisatawan yang menjadikan Jogja sebagai destinasi liburan favorit bagi mereka.

Hampir sejajar dengan Bali, Jogja saat ini juga sangat dipenuhi oleh para wisatawan asing. Dan bukan tidak mungkin jika kedepannya akan semakin bertambah ramai lagi.

Nah, salah satu pesona alam yang ada di Jogja adalah wisata air terjunnya terdapat di Kulon progo, dimana ada air terjun yang bernama grojogan sewu.

Air Terjun Kulon Progo

Grujogan sewu / jogja.tribunnews.com

Air terjun yang satu ini menawarkan keindahan panorama khas Jogja, yang tentunya menjadi magnet tersendiri bagi banyak wisatawan.

Sebagai informasi, wisata air terjun grojongan sewu ini masih sangat alami. Dan agaknya hal ini dikarenakan masih jarangnya tempat ini disentuh oleh banyak orang.

Jika Anda berada di tempat ini, maka Anda akan merasakan nuansa alami yang seakan masih menyatu dengan alam. Sangat cocok untuk tempat refreshing.

Terutama bagi Anda yang datang dari kota yang sudah banyak dipenuhi dengan bangunan bertingkat.

Well, apakah hanya keindahan alam saja yang ditawarkan oleh grojogan sewu ini?

Ternyata tidak!

Karena faktanya, grujogan sewu juga menyimpan kisah sejarah yang menarik. Bahkan mungkin sangat menarik bagi sebagian orang.

Begini ceritanya…

Air Terjun Kulon Progo dan Kisah Legenda Mahabrata 

Tau mahabrata kan?

Bagi yang belum tau, Mahabrata merupakan legenda pewayangan yang tak hanya terkenal di Jogja. Tapi juga hampir ke seluruh Indonesia.

Bahkan mungkin sudah cukup dikenal di luar negeri.

Nah, para pengelola grojogan sewu berkisah bahwa grojogan sewu ini pernah menjadi tempat pertapaan prabu Baladewa.

Lebih lengkapnya, prabu Baladewa menjadikan tempat ini sebagai tempat pertapaannya ketika perang Baratayudha sedang berkecamuk.

Para pengelola juga menjelaskan bahwa alasan prabu Baladewa memutuskan untuk bertapa di grojogan sewu karena saran dari sang adik, prabu Kreshna.

Prabu Kreshna menyarankan agar kakaknya itu tak ikut berperang, dan sebaiknya bertapa saja di grojogan sewu ini.

Sebenarnya hal ini hanya merupakan inisiatif saja dari prabu Kreshna, yang memang tak ingin kakaknya itu ikut berperang.

Dan prabu Baladewa pun memang tak tau bahwa perang Baratayudha sedang berkecamuk.

Lokasi Air Terjun Kulon Progo 

Jika Anda pergi ke grujogan sewu, Anda akan menemukan sebuah goa. Masyarakat sekitar menyebut goa tersebut dengan nama goa pleret.

Selain bisa menikmati suasana alam yang masih sangat alami, Anda juga bisa mengetahui lebih jauh terkait legenda pewayangan Mahabrata yang cukup terkenal itu.

Tunggu apalagi? Yuk liburan ke jogja!

Jika berasal dari luar Jogja, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di jogja, kereta, dan transportasi umum lainnya yang nyaman menurut Anda.

Nah, sekarang bagaimana? Pastinya Anda semakin tertarik bukan mengunjungi air terjun yang satu ini?

Well, Semoga tulisan kami ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan, dan silahkan di-share agar semakin banyak orang yang tau akan informasi ini.

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik lainnya di blog yogyaku.

Grojogan Sewu – Air Terjun Kulon Progo Tempat Pertapaan Baladewa
Rate this post