Taman Budaya Yogyakarta
Kesenian Tari di Taman Budaya : SrawungTari

Ekplorasi Seni di Taman Budaya Yogyakarta

Diposting pada

Yogyaku – Taman Budaya Yogyakarta atau TBY adalah sebuah kawasan pengembangan seni dan budaya yang mewadahi 2 hal sekaligus.

Pengolahan dokumentasi dan informasi seputar budaya lokal hingga sarana perhelatan ragam pagelaran kesenian khas Jawa merupakan bagian dalam Taman Budaya Yogyakarta.

Dibangun di atas lahan yang cukup luas, Taman Budaya Jogjakarta memiliki dua gedung utama bernama Concert Hall Taman Budaya dan Societet Militair.

Kedua gedung tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Concert Hall Taman Budaya digunakan sebagai forum diskusi seni yang membahas tentang pelatihan dan agenda pentas, sementara Societet Militair adalah panggungnya.

Biasanya, gedung ini digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pentas seni, tari dan musik tentunya dapat menjadi sarana masyarakat yang memiliki acara tertentu.

Taman Budaya Yogyakarta seolah mempertahankan nafas budaya Jawa lewat berbagai atraksi pertunjukkan seni yang ciamik. Disini, Anda bisa belajar ilmu seni dan sastra tanpa harus tergabung dalam komunitas – komunitas tertentu.

Comcert Hall Taman Budaya misalnya, gedung yang sering dijadikan tempat diskusi keilmuan ini bisa anda kunjungi sewaktu – waktu tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Sementara, Societet Militair berperan sebagai gelanggang seni yang difasilitasi dengan kurang lebih 500 kursi penonton yang disediakan khusus bagi anda yang tertarik untuk menikmati berbagai pagelaran seni, mulai dari pentas musik, tari hingga teater.

Wisata Menarik Lainnya:

Pertunjukkan seni yang ditampilkan disini meliputi pameran seni rupa, pentas teater, baca puisi, festival budaya dan lain sebagainya.

sumber : jurnalsenivisual.blogspot.com

Berbagai karya seni rupa dari seniman – seniman jenius Indonesia terpajang rapi di setiap sudut ruangan, mulai dari lukisan, guci, dan karya seni lainnya. Sementara, pentas teater yang disajikan di TBY lebih sering mengekspose kehidupan penduduk Jogja.

Tidak hanya menonton, anda juga bisa ambil bagian pada pementasan budaya yang diselenggarakan di TBY, baca puisi misalnya.

TBY seringkali mengadakan lomba baca puisi yang terbuka bagi masyarakat umum, tak terkecuali bagi wisatawan luar daerah. Anda tertarik mencobanya ?

sumber : m.harianjogja.com

Event lainnya yang lebih semarak dijuluki Festival Seni. Event ini bisa dibilang mirip seperti karnaval budaya yang melibatkan banyak pelaku seni.

Berbeda dengan pementasan seni yang biasa, festival ini hampir selalu berhasil menyedot seluruh atensi wisatawan. Tak heran, bila banyak orang datang kesini hanya untuk menikmati suguhan festival seni yang diadakan sesekali tersebut.

Jika, anda menekuni bidang kesenian dan kesusastraan, Taman Budaya Yogyakarta bisa jadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi akhir pekan ini. TBY tidak hanya menyuguhkan anda seminar dan pertunjukkan seni.

Namun juga menyediakan ruang baca yang dilengkapi dengan banyak koleksi buku. Dan coba lihat apa yang keren ? Anda bisa membaca apapun disana secara gratis !

Sebagai obyek wisata budaya, Taman Budaya Yogyakarta juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Mushola sebagai tempat Sholat, lalu toilet yang memadai dan areal parkir yang cukup luas.

Ada juga beberapa kafe di sekitar TBY yang menjajakan berbagai sajian kuliner ringan maupun berat lengkap dengan minuman pelepas dahaga yang bisa anda cicipi saat berbuka puasa.

Akses Lokasi Taman Budaya Yogyakarta.

Taman Budaya Yogyakarta berlokasi di Jalan Sriwedani No. 1 Ngupasan, Gondomanan, Jogjakarta.

Referensi Rental Mobil Jogja:

Berada di pusat kota Jogja membuat akses transportasi menuju ke TBY lebih mudah, baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Anda juga bisa menyewa kendaraan di Rental Mobil Jogja untuk mendapatkan mobil yang nyaman bagi keluarga.

Untuk sewa mobil Jogja dapat menggunakan Avanza, Xenia, Ignis atau bahkan jika dalam kapasitas banyak dapat menyewa medium dan big bus.

Mengenai harga rental mobil sudah termasuk sopir dan juga BBM jadi tidak perlu khawatir lagi, silakan cek harga sewa mobil terbaru 2019 ini.

Memasuki kawasan Taman Budaya Yogyakarta, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket masuk karena taman ini bebas dikunjungi setiap waktu.

Hanya saja, untuk dapat menikmati suguhan seni atau pameran di tempat ini, anda perlu membayar harga tertentu. Tetapi tenang saja, banyak juga kok pertunjukkan seni yang bisa anda nikmati secara gratis !

Selamat Berlibur !

Catatan : Jika Anda membutuhkan informasi lain mengenai harga tiket bus dan rute bus dapat mengunjungi Ayo Naik Bis.

Ekplorasi Seni di Taman Budaya Yogyakarta
5 (100%) 1 vote[s]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.