Goa Jomblang Gunungkidul
Goa Jomblang Gunungkidul

Goa Jomblang Khusus Yang Bernyali Besar

Diposting pada

Yogyaku – Goa Jomblang masuk dalam kawasan karst, Gunungkidul memiliki struktur tanah yang unik. Struktur yang unik tersebut menyebabkan terbentuknya rongga – rongga di bawah tanah yang punya kedalaman cukup besar.

Beberapa di antaranya bahkan menjadi destinasi wisata yang cukup digemari oleh wisatawan mancanegara, misalnya saja Goa Jomblang.

Mari Explore Goa Jomblang

Goa vertikal yang berlokasi di kawasan Jetis Wetan tersebut memiliki kedalaman sekitar 60 meter dari permukaan tanah. Hal ini tentu sangat menantang bagi Anda yang ingin melihat keindahannya.

Goa Jomblang dikategorikan dalam kelompok collapse doline, yakni goa yang terbentuk melalui proses geologi alami berupa amblesnya tanah bersama vegetasi yang ada di atasnya.

Tak heran jika goa ini memiliki pemandangan tersembunyi yang indah dan memukau tentu membuat Anda main terpesona.

Informasi Wisata dan Rental Mobil Jogja Pilihan:

Goa Jomblang, Gunung Kidul
sumber : travelisto.co.id

Pesona Goa Jomblang juga telah menarik perhatian para pecinta caving, baik caver pemula maupun caver profesional. Salah satu yang menjadi daya tarik goa Jomblang ialah bentang alamnya yang cantik namun sulit untuk digapai.

Salah satu hal yang membuat bentang alam hijau di dalam goa Jomblang terasa mahal untuk dinikmati ialah karena diperlukan usaha lebih dari anda untuk bisa sampai ke dasar goa.

Jika untuk menuruni goa lain anda tidak memerlukan keahlian khusus, maka berbeda halnya dengan goa Jomblang.

Anda akan dibriefing terlebih dahulu untuk mendapat penjelasan terkait tata cara menaiki dan menuruni goa Jomblang menggunakan teknik Single Rope secara aman.

Keseruan Berpetualang di 2 Goa Sekaligus.

Foto Goa Jomblang
sumber : tribuntravel.com

Keseruan dimulai sejak anda memasuki relung goa menggunakan teknik Single Rope (SRT) agar Anda dapat menaklukan kedalamannya.

Teknik ini memanfaatkan seutas tali sebagai lintasan untuk naik atau turun ke dasar goa. Bagi anda penderita phobia ketinggian, menuruni goa dengan kedalaman sekitar 60 meter adalah hal yang tidak mudah.

Usai menapakkan kaki di dasar goa Jomblang, Anda akan melihat panorama luar biasa dari berbagai vegetasi yang tumbuh dengan subur di sepanjang lorong goa.

Petualangan tidak berhenti sampai disitu, anda bisa menyusuri lorong goa untuk menemukan goa vertikal lainnya bernama Goa Grubug yang letaknya tidak seberapa jauh dari Goa Jomblang, yakni hanya sekitar 500 meter saja.

Perjalanan menuju ke Goa Grubug bisa dilalui dengan melewati lintasan berupa batuan yang disusun memanjang di dasar goa.

Jalan setapak tersebut sengaja dibangun untuk memudahkan para wisatawan dalam mengeksplore goa. Namun pada beberapa area, permukaan jalan setapak terasa agak licin dan bisa membuat anda tergelincir.

Keselamatan hal paling utama untuk diperhatikan oleh karena itu anda tetap perlu berhati – hati dan memperhatikan langkah anda dengan baik.

Tiba di Goa Grubug, anda akan dibuat terkejut oleh keindahan stalagmit dan stalaktit yang menghiasi dasar goa. Setidaknya ada dua stalagmit raksasa berwarna hijau kecokelatan yang mampu membius anda.

Apalagi jika cahaya matahari berhasil menerobos masuk ke dalam lorong goa, maka bukan hanya pilar cahaya saja yang nampak oleh mata, namun juga pemandangan menakjubkan dari hutan purba di dalamnya.

Akses lokasi Goa Jomblang

sumber : idetrips.com

Lokasi goa Jomblang berada di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul, Jogjakarta. Jarak goa ini sekitar 40 km dari pusat kota Jogjakarta.

Untuk mengakses kawasan goa, sebaiknya anda memilih menyewa mobil di Rental Mobil Jogja Anda dapat memanfaatkan bebagai pilihan kendaraan yang bermacam-macam.

Jika Anda bersama rombongan kecil dapat memilih mobil dengan kapasitas kecil seperti Ignis, Brio , Agya dan lainnya.

Namun untuk kapasitar 7 orang pilih paling tepat adalah dengan menyewa mobil Avansa atau Xenia jika membawa rombongan sekitar 9 orang bisa menggunakan mobil Innova.

Bukan itu saja, jika Anda belum paham untuk lokasi wisata di Jogja Anda juga dapat memilih paket wisata Jogja yang kami sediakan sekaligus daftar harga Rental Mobil Jogja Murah dan Terpercaya.

Pilihan Harga Sewa Mobil Jogja

Rute menjelang lokasi goa akan berupa medan ekstrim off road yang sulit dilintasi oleh mobil biasa.

Sementara, Rental Mobil Jogja menawarkan anda berbagai tipe mobil yang bisa menghajar lintasan berat sekligus termasuk sopir dan BBM.

Oleh karena itu, menyewa mobil bisa jadi pilihan yang tepat bagi anda untuk menyambangi obyek wisata yang letaknya berada di alam terbuka karena tidak perlu pusing memikirkan rute.

Selamat mencoba !

Informasi lainnya mengenai Rental Mobil Jogja Murah dan Terpercaya dapat mengunjungi Kuruma Wisata dan untuk informasi bus Indonesia silakan kunjungi Ayo Naik Bis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.