Wisata Kuliner Khas jogja
Wisata Kuliner Khas jogja

Merasakan Kuliner Khas Jogja Sambil Berwisata.

Posted on

Yogyaku – Menemukan destinasi wisata yang juga menyuguhkan berbagai menu sajian kuliner khas Jogja memang tidak bisa dibilang mudah.

Namun, Bantul punya spot tersendiri yang khusus mengemas destinasi wisata dan pasar kuliner sekaligus dalam sebuah wadah yang sama.

Lokasi kedua obyek wisata ini cukup berdekatan, jika tertarik, anda bisa berkunjung ke kawasan wisata berikut untuk berekreasi sekaligus mencicipi olahan menu tradisional yang menggugah selera. Tebak dimana ?

Desa Dlingo, meskipun dikenal sebagai kawasan ekowisata, namun desa ini memiliki paket wisata komplit yang bisa anda nikmati, mulai dari Hutan Pinus Pengger sebagai destinasi wisata alam hingga pasar Kaki Langit sebagai destinasi wisata kuliner.

Terkenal dengan keunikan dan keindahan bentang alamnya yang di atas rata – rata, tak heran jika anda butuh waktu lebih dari sehari untuk mengeksplore semuanya.

Apa saja yang menjadi daya tarik kawasan ini ?

Berikut ini 2 Tempat Wisata Kuliner Khas Yogyakarta.

Hutan Pinus Pengger.

Hutan Pinus Pengger
Hutan Pinus Pengger, foto: zaqyiqbl_

Merupakan tempat yang menarik perhatian, Hutan Pinus Pengger menjadi salah satu destinasi yang cocok untuk anda kunjungi saat liburan.

Tempat ini sering dijadikan lokasi pemotretan oleh anak – anak muda untuk sekedar memenuhi feed instagram.

Disini, anda bisa berfoto sepuasnya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, mulai dari berfoto di rumah Hobbit, rumah kayu, gardu pandang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pasar Kaki Langit.

Kuliner Khas Jogja
Kuliner Khas Jogja, foto : travelingyuk.com

Nah, jika sudah lelah berkeliling di Hutan Pinus Pengger, kini saatnya anda menikmati sajian kuliner khas tradisonal yang ada di Pasar Kaki Langit.

Diolah langsung oleh masyarakat setempat, makanan yang disajikan membawa cita rasa yang berbeda hingga bisa membuat anda lupa akan rasa letih akibat perjalanan wisata yang melelahkan.

Wisata Jogja Rekomendasi:

Pasar Kaki Langit berada di Jalan Mangunan, Dlingo, Bantul, Jogjakarta. Kawasan ini menawarkan anda berbagai ragam kuliner khas Nusantara, terutama Jogja.

Saat masuk, anda akan melihat sebuah gubuk sederhana yang dijaga dengan keramahtamahan. Gubuk tersebut adalah tempat untuk melakukan penukaran uang Rupiah dengan uang koin.

Mengapa harus menukar uang kertas dengan koin kayu ? Hal itu dikarenakan Pasar Kaki Langit menerapkan sistem pembayaran menggunakan koin kayu dan bukan uang kertas. Sehingga apapun yang anda beli haruslah dibayar dengan koin kayu.

Pada tiap koin sudah tertera nomor tertentu yang mengandung nilai sama besar dengan nominal uang kertas yang anda tukarkan.

Baca Juga : 10 Kuliner Jogja Yang Bikin Kangen

Jika Anda menukar uang sebesar Rp. 5.000, maka koin kayu yang anda dapatkan ialah koin yang bertuliskan angka 5, begitu pula jika anda menukar uang sebesar Rp. 10.000 maka koin yang anda terima ialah koin yang bertuliskan angka 10.

Setelah menukar uang, baru anda bisa menjelajahi Pasar Kaki Langit dengan leluasa. Kisaran harga jajanan / makanan yang ditawarkan di tempat ini cukup terjangkau, mulai dari Rp. 2000 hingga Rp. 20.000.

Berbagai menu lezat yang siap disantap sudah menunggu anda, diantaranya ada sajian khas Jogja yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya, seperti Gudeg, Es Dawet Cincau, dan Mie Pecel.

Ada juga olahan masakan lain dari bahan umbi-umbian, sayuran, hingga cemilan ringan seperti gorengan, tiwul panggang, klepon, lemet, cemplon dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bebas memilih yang mana saja selama belum habis terjual.

Semua kuliner khas Jogja tersebut disajikan melalui perkakas tradisional seperti piring yang terbuat dari anyaman bambu, tempurung kelapa, serta daun pisang.

Cara penyajian tersebut tentu mengingatkan anda akan masa kecil yang penuh dengan kebahagiaan. Apalagi jika anda menikmatinya bersama anak dan istri, maka bukan hanya nostalgia saja tetapi anda juga bisa menikmati momen bersama keluarga tersayang.

Rental Mobil Jogja Terpercaya:

Akses lokasi.

Apabila anda dan keluarga tercinta hendak singgah ke Pasar Kaki Langit, maka anda bisa menempuh perjalanan singkat dari pusat kota Jogja selama kurang lebih 37 menit.

Untuk transportasi yang dapat Anda gunakan adalah kendaraan pribadi atau mobil yang bisa anda sewa di Rental Mobil Jogja dengan harga terjangkau.

Untuk Sewa Mobil Jogja dengan banyak pilihan dapat memilih Kuruma Rental Mobil Jogja.

Merasakan Kuliner Khas Jogja Sambil Berwisata.
5 (100%) 1 vote[s]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.