Rumah Tahan Gempa di Jogja – Unik Dan Menginspirasi

Yogyaku – Rumah tahan gempa di Jogja | Bagi Anda yang berasal dari luar Jogja, mungkin Anda belum pernah dengar tentang rumah anti gempa Yogyakarta ini.

Nah, pada tulisan kali ini, kami akan menjelaskan secara singkat tentang rumah tahan gempa yang ada di Jogja ini. 

Rumah tahan gempa Jogja lahir dari bencana alam yang menimpa Yogyakarta dan sekitarnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, tepatnya pada tanggal 27 Mei 2006, Yogyakarta mengalami guncangan gempa yang cukup parah.

Tercatat beberapa daerah di Jogja mengalami kerusakan yang cukup banyak. Salah satu daerah yang terkena imbasnya adalah Nglepen, Prambanan, Sleman.

Dan berkaca dari hal tersebut, daerah Nglepen telah berbenah untuk mengantisipasi jika bencana gempa akan kembali datang.

Caranya adalah dengan membangun rumah-rumah yang dari segi konstruksinya, dirancang tahan terhadap guncangan gempa.

Rumah Tahan Gempa di Jogja Juga Disebut Sebagai Rumah Teletubbies

Rumah tahan gempa Jogja ini dipayungi oleh atap baja ringan, dan sekilas mirip sebuah rumah yang ada di film serial Teletubbies, salah satu serial anak yang populer di awal tahun 2000-an.

Inilah yang membuat desa Nglepen juga dikenal sebagai desa Teletubbies.

Namun sebenarnya, rumah yang ada di Nglepen tersebut bukan sengaja dibangun untuk menyerupai bentuk rumah di film teletubbies, melainkan hanya memang mirip saja.

Karena tujuan utama dari dibangunnya rumah tersebut adalah untuk tahan terhadap goncangan gempa. Hanya itu.

Rumah Tahan Gempa di Jogja

Image / economy.okezone.com

Sebagai informasi, bentuk rancangan bangunan yang ada di Nglepen ibuat sedemikian rupa, yakni mirip kubah, dan tanpa sambungan.

Dan rumah-rumah tersebut dibangun oleh World Association of Non-governmental Organizations (WANGO) dan Domes for The World Foundation, dengan donatur tunggal Ali Alabar, yang merupakan pengusaha properti dari Dubai.

Dari data yang ada hingga saat ini, sebagian warga yang tinggal di Nglepen merupakan mereka yang sebelumnya tinggal di kawasan perbukitan Dusun Sengir, Sumberharjo, Yogyakarta.

Alasan mereka pindah ke Nglepen dikarenakan tempat tinggal sebelumnya sudah tak layak huni lagi. Dan mereka tentunya harus pindah untuk mendapatkan hidup yang lebih baik.

Nah, kompleks perumahan di Nglepen ini dibangun di atas tanah seluas 8.500 meter persegi.

Di kompleks ini juga terdapat berbagai bangunan umum yang dibutuhkan masyarakat, seperti tempat ibadah, taman kanak-kanak, dan fasilitas kesehatan.

Selain itu, di setiap blok yang terdiri dari 12 rumah, masing-masingnya memiliki 1 bangunan untuk MCK, dimana bangunan tersebut terletak di tengah-tengah blok.

Tak hanya itu saja, rumah-rumah yang ada di Nglepen ini juga kerap dikunjungi oleh para wisatawan. Baik itu wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri.

Agaknya, bentuk rumah anti gempa Jogja yang unik menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan tersebut, untuk mengunjungi rumah teletubbies itu.

Hal ini tentunya merupakan sesuatu yang positif bagi masyarakat setempat, karena bisa menjadi pemasukan tambahan bagi mereka.

Rumah Tahan Gempa di Jogja Bisa Diterapkan Di Daerah Lainnya

Sebagai negara yang beberapa daerahnya dikenal sebagai daerah yang rawan gempa, rumah anti gempa di Yogyakarta ini agaknya layak dijadikan inspirasi untuk diterapkan di berbagai daerah.

Khususnya daerah-daerah rawan gempa yang ada Indonesia.

Cukup solutif bukan?

Well, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jogja, rumah tahan gempa ini rasanya WAJIB dijadikan sebagai salah satu list tujuan yang bisa Anda datangi.

Agar lebih praktis dan nyaman, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Yogyakarta untuk berkunjung ke rumah tahan gempa yang unik ini.

Semoga artikel tentang rumah anti gempa di Jogja ini bisa bermanfaat bagi Anda, dan silahkan di-share agar semakin banyak orang yang tau.

Baca juga berbagai artikel menarik lainnya di blog yogyaku.

Rumah Tahan Gempa di Jogja – Unik Dan Menginspirasi
5 (100%) 1 vote