Ekowisata Nglanggeran
Ekowisata Nglanggeran

Sebentar Lagi Libur ? Main ke Kawasan Ekowisata Nglanggeran Yuk !

Diposting pada

Yogyaku.com – Jogja memiliki banyak wisata alam yang tidak diragukan lagi keindahannya. Salah satunya Ekowisata Nglanggeran yang cocok dalam daftar berlibur Anda.

Sebagai alternative, anda dan keluarga tercinta bisa mengunjungi salah satu obyek wisata alam yang belum banyak dikunjungi oleh orang – orang di sekitar Nglenggeran, Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta.

Diresmikan pada bulan Februari 2013 lalu, kawasan wisata ini dinamakan Embung Ngalenggeran. Umumnya, wisatawan yang datang bertujuan untuk menikmati panorama sunset di tepi Embung (telaga).

Namun, selain menikmati senja, para pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan sederet pegunungan yang memanjang mulai dari Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Kelir, Gunung Buchu, Gunung Gedhe, hingga Gunung Blencong.

Masih ragu untuk mengunjungi tempat ini ? Berikut ini adalah sederet keunikan dan daya tarik Gunung Nglanggeran yang bisa buat anda berubah pikiran.

Baca Juga :

Nglanggeran sebagai destinasi ekowisata andalan Kabupaten Gunung Kidul.

sumber : https://3.bp.blogspot.com/

Gunung Nglanggeran atau Gunung Api Purba mungkin akan menjadi medan yang paling sesuai untuk para pendaki manja. Di gunung ini, para pendaki akan benar – benar dimanjakan dengan berbagai spot untuk bersantai sambil menikmati sajian makan pagi (sarapan), makan siang dan makan malam.

Syaratnya, anda harus melakukan pemesanan terlebih dahulu sebelum mulai mendaki. Nantinya warga akan siap mengantarkan pesanan meski anda berada pada ketinggian 700 meter.

Menu dan harga yang ditawarkan pun bermacam – macam dan terbilang murah, misalnya saja untuk nasi rames per bungkusnya akan dihargai dengan harga sekitar Rp. 3000 rupiah. Meskipun harga tersebut sudah termasuk biaya pengiriman , tapi apakah anda tidak berkenan untuk memberikan uang lebih kepada orang yang sudah susah payah mengantarkan pesanan ke ketinggian 700 meter tersebut ?

Dulunya, kawasan ini masih berupa perbukitan hingga akhirnya pemerintah dan masyarakat sekitar membangun sebuah embung atau telaga sebagai tempat menanmpung air hujan. Air yang ditampung dalam embung tersebut digunakan untuk keperluan irigasi lahan perkebunan di sekitarnya.

Rekomendasi Rental Mobil Jogja:

Bukit Nglanggeran memiliki rute pendakian yang mudah sehingga cukup aman dijelajahi oleh anak – anak. Bahkan, rute tersebut juga dikelilingi dengan keindahan panorama ketinggian yang sukses menjadi magnet bagi para wisatawan.

Tidak hanya, itu, Nglanggeran juga memiliki spot wisata menarik lainnya berupa air terjun yang berada di dalam kompleks wisata Nglanggeran tidak jauh dari pintu masuk pendakian Gunung Api Purba .

Perjalanan menuju lokasi air terjun masih ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak berupa tanah yang berada di sekitar areal persawahan. Beberapa titik curam sudah diperbaiki dengan cara membangun tangga agar lebih mudah untuk dilalui.

Melewati rute ini mungkin akan menghabiskan waktu sekitar 15 hingga 30 menit lamanya tergantung kondisi jalan dan kecepatan berjalan setiap orang.

Wisata Nglanggeran Jogja
Air Terjun

Usai melewati jalan setapak, rasa lelah anda akan terbayar dengan pemandangan indah dari air terjun bertingkat dan bentang alam hijau yang masih sangat alami. Tidak hanya itu, pihak pengembang juga menyediakan menara pandang untuk mengakomodasi kepentingan swafoto para pengunjung.

Fasilitas Ekowisata Nglanggeran

Obyek wisata yang satu ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Beberapa diantaranya iala lahan parkir yang cukup luas, toilet, rumah makan, dan pendopo.

Biaya retribusi obyek wisata ini sudah termasuk dengan asuransi dan biaya parkir kendaraan, yakni sebesar kurang lebih Rp. 7.000 per orang.

Karena letaknya berada di atas dataran tinggi, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mengunjungi obyek wisata ini. salah satunya ialah cuaca.

Mengunjungi bukit Nglangggeran akan lebih nyaman jika dilakukan di siang hari atau saat langit sedang cerah, sebaliknya jika anda mengunjungi bukit Nglanggeran saat cuaca mendung atau hujan, maka perjalanan menuju ke atas bukit akan menjadi lebih sulit.

Wisata Gunung Rekomendasi:

Bagi penyuka sunset, waktu yang direkomendasikan bagi anda ialah sekitar pukul 5 sore hingga pukul 7 malam. Jika anda datang dari pusat Kota Jogja, maka sebaiknya anda mulai bergegas sejak pukul 3 sore agar momen sunset tidak terlewatkan begitu anda tiba disana.

Anda bisa memboyong keluarga besar untuk berekreasi sekaligus berbelanja pengalaman di Bukit Nglanggeran menggunakan mobil yang bisa anda sewa dengan harga murah hanya di Rental Mobil Jogja. Selamat berlibur !

5.0
01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.