Wisata air terjun Mudal
Wisata air terjun Mudal

Sungai Mudal, Taman Air Di Tengah Perbukitan Menoreh

Diposting pada

Jogjakarta memiliki banyak destinasi wisata menarik yang layak anda sambangi akhir pekan ini. Salah satunya ialah Sungai Mudal. Terletak di Kulon Progo, Sungai Mudal menyajikan anda beragam pesona alam yang sayang untuk dilewatkan.

Taman air yang dapat anda capai setelah menempuh perjalanan selama 1 jam dari pusat Jogja ini sudah menjadi langganan wisatawan domestik yang sekedar ingin merefresh badan dan pikiran akibat rutinitas kantor yang menjemukan.

Sebagai obyek wisata alam, Sungai Mudal tidak hanya dianugerahi pemandangan yang asri oleh Tuhan Yang Maha Esa, namun juga air jernih berwarna biru kehijauan yang memberikan sensasi segar kala bersentuhan dengan kulit.

Kolam pemandian alam yang punya kedalaman bervariasi.

Wisata kulonprogo
sumber : camerawisata.com

Perjalanan menuju Sungai Mudal diwarnai dengan tanjakan dan tikungan tajam. Pada beberapa titik, tanjakan bahkan terlihat begitu curam dan membahayakan, oleh karena itu anda perlu berhati – hati agar perjalanan bisa ditempuh dengan aman dan nyaman.

Terdapat 2 area parkir yang berjarak sekitar 100 meter dari kawasan Sungai Mudal, dimana salah satunya berada di bagian atas, sementara lainnya berada di bagian bawah.

Berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut, suhu di sekitar Sungai Mudal sangat sejuk khas daerah perbukitan. Sehingga menyambangi kolam pemandian ini akan terasa lebih pas jika dilakukan di saat hari masih cerah.

Berada di tengah kawasan perbukitan Menoreh, Taman Air ini terbagi ke dalam 3 jenis kolam pemandian yang memiliki kedalaman bervariasi.

Kolam pertama berada di lokasi yang cukup tinggi dengan kedalaman sekitar kurang lebih 1 meter. Kolam ini diperuntukkan bagi anak – anak yang belum pandai berenang. Sementara, di bawahnya terdapat kolam pemandian sedalam 1.5 meter yang disesaki dengan pengunjung dari berbagai kalangan usia.

Sungai Mudal Jogja
sumber : jogjatransport.co.id

Adapun kolam ketiga letaknya tepat di bawah aliran air terjun dengan kedalaman mencapai 2 meter. Tidak heran jika kolam ini cukup banyak diminati oleh para pengunjung karena pesona air terjunnya yang amat memikat.

Berendam di kolam ini, anda tidak hanya disuguhi dengan suara gemercik dari air terjun yang mengalir deras, namun juga hamparan rerumputan hijau khas daerah perbukitan yang terbentang luas.

Selain berenang, anda juga bisa berswafoto di atas jembatan kayu yang berjajar melintang di atas kolam. Spot ini adalah favorit kaum millenial yang gemar berburu foto untuk sekedar memenuhi feed instagram mereka.

Air terjun di kolam pemandian Mundal ini memiliki kontur berundak yang membuatnya terlihat lebih menarik dan instagenic. Berbeda halnya dengan air terjun Niagara yang punya ketinggian mencapai 99 meter, undak – undak pada air terjun Mudal memiliki jarak yang cukup pendek sehingga air yang jatuh di permukaan kolam tidak begitu deras.

Dengan demikian, anda bisa secara leluasa berendam dibawahnya sembari membiarkan air terjun mengguyur tubuh anda dengan lembut.

Akses Lokasi Sungai Mudal

Sungai Mudal berada di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Jogjakarta. Akses jalan menuju ke lokasi akan terasa cukup berat, sehingga untuk dapat melintasi rute dengan nyaman anda memerlukan mobil yang bisa melibas medan berat.

Rental Mobil Jogja menawarkan anda berbagai jenis mobil yang tangguh dan punya performa baik sehingga dapat diajak berpetualang menyusuri medan berat. Tidak perlu menghabiskan biaya fantastis, Rental Mobil Jogja menyediakan berbagai macam penawaran yang disesuaikan dengan budget anda.

Tidak seperti rental mobil lainnya, Rental Mobil Jogja terbuka dengan segala opsi, dengan begitu anda bisa menegosiasikan harga berikut mobil yang anda inginkan hanya melalui bincang santai via telepon, chat atau datang langsung ke kantor.

Informasi Harga Rental Mobil Terbaru.

Bagaimana ? Tertarik ?

Jangan lupa untuk membagikan artikle ini dan jika ada pertanyaan silakan Anda tinggalkan komentar.

Jika Anda menginginkan untuk melihat sewa bus dan rental mobil lainnya silakan kunjungi: Kuruma Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.