Taman Pintar Jogja – Tempat Bermain Sekaligus Sarana Belajar Anak

Yogyaku – Taman pintar Jogja | Anda para orangtua pastinya setuju jika dikatakan bahwa anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus sama-sama kita jaga dengan baik.

Dan salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan memperkenalkannya kepada ilmu pengetahuan, sekaligus membuatnya merasa nyaman.

Jika seorang anak sudah merasa nyaman dan senang, otomatis akan lebih mudah baginya untuk mempelajari hal-hal lainnya, karena mood-nya sudah bahagia.

Nah, kabar baiknya bagi para orangtua, saat ini telah hadir suatu taman pintar yang ada di Jogja, yang merupakan tempat bermain sambil belajar anak. 

Bisa dikatakan bahwa taman ini merupakan salah satu wahana atau tempat rekreasi yang sangat pas untuk keluarga dan anak-anak.

Pasalnya, di taman ini terdapat berbagai informasi yang sifatnya mengedukasi.

Berlokasi di jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Jogja, taman yang satu ini berhasil memadukan antara tempat wisata dan edukasi.

Arena bermain yang terdapat di taman ini juga dikondisikan sebagai sarana edukasi.

Taman pintar dilengkapi dengan berbagai wahana pendidikan plus teknologi digital yang interaktif. Hal ini sangat membantu anak-anak agar semakin tertarik dengan teknologi.

Sampai dengan artikel ini diterbitkan. Terdapat 35 zona serta 3.500 permainan edukatif.

Taman Pintar Jogja

Image / http://www.tamanpintar.com/

Awal Mula Berdirinya Taman Pintar Jogja

Berdirinya taman pintar ini dipicu oleh beberapa hal.

Salah satunya adalah perkembangan teknologi dan sains yang meledak pada tahun 1990-an.

Hal ini membuat hampir semua orang melek akan hal-hal yang berbau teknologi/digital.

Berkaca dari hal ini, pemerintah setempat pun tergerak untuk membuat suatu taman pintar, yang diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan para siswa dalam hal pendidikan.

Tentunya dengan cara yang tak membosankan.

Intinya, para siswa bisa memanfaatkan taman pintar ini sebagai tempat bermain sambil belajar.

Tujuan lainnya tentu saja memperkenalkan dunia sains dan teknologi sedini mungkin kepada para siswa, agar tidak tergilas dengan arus informasi seperti sekarang ini.

Lebih jauh lagi, ketertarikan tersebut diharapkan mampu mengasah kreativitas para siswa agar kedepannya tak hanya bertindak sebagai pengguna, tapi juga kreator di bidang teknologi.

Lokasi Taman Pintar Jogja

Taman pintar yang terdapat di Yogyakarta ini berlokasi di bekas kawasan shopping center, dan tak jauh dengan beberapa bangunan seperti taman budaya, benteng vredeburg, societiet militer, dan gedung agung.

Jika Anda berada di Jogja dan ingin berkunjung ke sini, Anda bisa menggunakan layanan sewa mobil harian di Jogja.

Pada awalnya, yakni sekitar tahun 2004, dilakukan relokasi area yang dilanjutkan dengan beberapa tahapan pembangunan.

Yang pertama adalah pembanguan tahap 1, yang diresmikan pada tanggal 20 Mei 2006, lalu diikuti dengan pembangunan tahap 2 yang diresmikan pada tanggal 9 Juni 2007.

Setelah itu, barulah dilakukan grand opening yang diresmikan pada tanggal 20 Mei 2006.

Sebagai informasi, grand opening tersebut juga diresmikan langsung oleh Bapak Presiden RI saat itu, yakni Susilo Bambang Yudhoyono.

Taman Pintar Merupakan Tempat Liburan Yang Pas Untuk Anak-anak

Sekarang ini adalah eranya digital, dan hampir semua hal bisa dicari tau dengan menggunakan smartphone. Baik itu hal yang baik maupun buruk sekalipun.

Pada saat memasuki masa perkembangannya, seorang anak biasanya memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar, bahkan sangat besar.

Ketimbang memberikan kesempatan bagi Anak untuk asyik dengan gadgetnya (Meskipun sah-sah saja sepanjang diawasi), akan lebih baik lagi jika mengenalkan sang anak dengan teknologi melaui taman pintar.

Selain tetap memahami teknologi, seorang anak juga bisa terhibur karena berada di luar rumah, dan tetap bisa berinteraksi dengan orang lain.

High tech-nya dapat, high touch nya juga dapat. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan, dan silahkan di-share agar semakin banyak orang yang tau.

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik lainnya via blog yogyaku.

Taman Pintar Jogja – Tempat Bermain Sekaligus Sarana Belajar Anak
Rate this post