7 Rekomendasi Bakmi Jawa di Jogja, Rasa Paling Mantul!

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Salah satu kuliner yang rasanya jarang sekali orang tidak suka adalah mie. Tekstur kenyal dan rasanya yang gurih seakan mampu meningkatkan nafsu makan siapa saja, bahkan disaat-saat terburuk sekalipun. Inilah alasan mengapa rekomendasi bakmi Jawa di Jogja seakan tak pernah sepi dicari.

Ya, Jogja atau lebih tepatnya Jawa memang terkenal dengan olahan bakmi yang nikmat dan menggugah selera. Bakmi sendiri merupakan sajian berbahan dasar mie yang awalnya dipopulerkan oleh pedagang yang berasal dari China. Selain itu, bakmi juga sering disebut dengan nama yamien.

Bagi Sedulur Yogyaku yang sedang mencari beberapa rekomendasi bakmi Jawa di Jogja yang tidak akan mengecewakan, berikut beberapa diantaranya.

Rekomendasi Bakmi Jawa di Jogja, Cita Rasa Nikmat yang Ngangeni! 

Sebagai salah satu kuliner yang paling banyak dicari di Jogja, tidak heran rasanya jika bakmi Jawa cukup mudah ditemui disana. Namun, tentu tidak semua bakmi tersebut memiliki rasa yang menggiurkan.

Nah, agar tidak salah tempat, berikut beberapa bakmi Jawa yang rasanya tidak akan mengecewakan di Jogja.

1. Bakmi Jawa Mas Timbul

Bakmi Jawa Mas Timbul, Sumber: kompasiana.com
Bakmi Jawa Mas Timbul, Sumber: kompasiana.com

Rekomendasi pertama tentu saja Bakmi Jawa Mas Timbul. Bakmi ini memang sudah sangat terkenal di Jogja, sehingga kerap kali orang menyebutnya sebagai kuliner khas Jogja yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa menu utama di sini adalah bakmi godog, rica-rica balungan, nasi goreng, nasi goreng magelangan dan lain sebagainya. Ciri khas dari bakmi disini adalah rasanya yang tidak terlalu manis, sehingga lebih mudah diterima oleh orang-orang yang berasal dari luar Jawa.

Mie yang digunakan adalah campuran antara mie kuning dan mie putih, sehingga teksturnya akan lebih beragam. Ditambah lagi dengan rasa gurih dan sedap yang siap memuaskan lidah pembelinya.

  • Alamat: Jl. Jambon No. 63, Kragilan, Sinduadi, Kec. Melati, Sleman, Yogyakarta
  • Jam buka: setiap hari pukul 12.00 – 23.30
  • Kisaran harga: mulai dari Rp. 30.000an saja

2. Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmi Jowo Mbah Gito, Sumber: kompas.com
Bakmi Jowo Mbah Gito, Sumber: kompas.com

Jika berbicara tentang bakmi Jawa di Jogja, tidak akan lengkap rasanya jika tidak menyebut nama Bakmi Jowo Mbah Gito. Bakmi ini merupakan salah satu tempat makan bakmi yang sangat otentik.

Demi menjaga keotentikannya, sampai saat ini Bakmi Jowo Mbah Gito tidak memiliki cabang dimanapun, meski pembelinya sangat ramai bahkan membludak. Pembelinya juga bukan orang biasa saja, sebab sudah banyak sekali artis hingga pejabat yang pernah makan disini.

Menu andalan yang ada disini adalah bakmi godog. Dihidangkan ketika panas, rasa dan kuahnya yang khas seakan mampu membuat lidah dan perut siapa saja seakan lebih nyaman dari sebelumnya.

  • Alamat: Jl. Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta
  • Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 – 22.00
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp. 20.000-an

3. Bakmi Jawa Pak Gundul

Bakmi Jawa Pak Gundul, Sumber: 4sqi.net
Bakmi Jawa Pak Gundul, Sumber: 4sqi.net

Salah satu rekomendasi bakmi Jawa yang mengandalkan porsi adalah Bakmi Jawa Pak Gundul. Saking banyaknya, tidak jarang orang yang memakan satu porsi bakmi ini bersama dengan teman alias berdua.

Untuk urusan rasa, meski terkenal dengan porsinya, nyatanya cita rasa yang dimiliki oleh bakmi ini juga tak akan mengecewakan. Rasa gurih dari kuah dan tekstur mienya yang kenyal seakan menjadi teman sempurna ketika musim hujan datang.s

Untuk tempat makannya, meski bukan tempat yang terlalu luas atau mewah, nyatanya menyantap mie di sini masih terasa nyaman dan juga menyenangkan.

  • Alamat: Jl. Sorogenen No. 2A, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Yogyakarta
  • Jam buka: Setiap hari pukul 18.00 – 02.30
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp. 20.000-an 

4. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo, Sumber: gudeg.net
Bakmi Jawa Mbah Mo, Sumber: gudeg.net

Selain mie lethek khas Bantul, mie lain yang tidak kalah nikmat disini adalah Bakmi Jawa Mbah Mo. Tempat makan ini juga merupakan salah satu tempat yang sudah cukup legendaris, karena sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu.

Salah satu keunikan dari bakmi disini adalah cara memasaknya yang menggunakan arang, sehingga akan memiliki aroma khas yang langsung menggugah selera. Selain itu, bakmi disini dimasak dengan tambahan telur bebek, berbeda dengan kebanyakan warung bakmi yang menggunakan telur ayam.

Untuk menu utamanya, tentu ada bakmi goreng dan bakmi godog yang keduanya memiliki rasa yang luar biasa nikmat. Hal ini dibuktikan dengan selalu ramainya warung meski tempatnya tidak berada di pinggir jalan.

  • Alamat: Jl. Parangtritis Km. 11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul, Yogyakarta
  • Jam buka: Setiap hari pukul 17.00 – 23.00 
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp. 20.000-an

5. Bakmi Gandhok

Menu bakmi gandhok yang istimewa, Sumber: niagatour.com
Menu bakmi gandhok yang istimewa, Sumber: niagatour.com

Rekomendasi bakmi Jawa di Jogja selanjutnya yang tidak kalah sedap adalah Bakmi Gandhok. Ketika sampai disini, pembeli akan langsung merasa nyaman dengan suasana yang homey dan sederhana namun tetap luas.

Seperti kebanyakan tempat bakmi, menu utama disini adalah bakmi kuah dan goreng. Keduanya dijamin nikmat, sehingga Sedulur Yogyaku hanya perlu memilihnya sesuai selera.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh tempat ini adalah menyediakan acar yang bisa diambil kapan saja dengan gratis. Selain itu, mie yang digunakan disini juga selalu segar dan memiliki tekstur kenyal yang pas ketika digigit.

  • Alamat: Jl. Nogosari Lor, Kadipaten, Kec. Kraton, Yogyakarta
  • Jam buka: Setiap hari pukul 16.00 – 22.00
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp. 20.000-an

6. Bakmi Jawa Pak Rebo

Bakmi Jawa Pak Rebo, Sumber: wisatanews.id
Bakmi Jawa Pak Rebo, Sumber: wisatanews.id

Jika berbicara tentang rekomendasi bakmi Jawa di Jogja rasanya memang tidak akan ada habisnya. Dari banyaknya warung bakmi yang ada, rasanya sayang sekali jika melupakan Bakmi Jawa Pak Rebo.

Keunikan dari bakmi disini adalah penggunaan anglo dan bara arang ketika memasak mie. Selain memberikan aroma yang sedap dan khas, penggunaan bahan tersebut juga seakan memberikan tambahan rasa yang sulit untuk dijelaskan.

Di sini, pembeli juga bisa memesan toping tambahan sehingga tidak melulu makan mie dengan telur. Topping tersebut di antaranya sayap ayam, kepala, paha, brutu, dada, hingga uritan.

  • Alamat: Jl. Brigjen Katamso, Keparakan, Kec. Mergangsan, Yogyakarta
  • Jam buka: setiap hari pukul 16.30- 22.00
  • Kisaran harga: mulai dari Rp. 30.000-an

7. Bakmi Jawa Pak Kadin

Bakmi Jawa Pak Kadin, Sumber: sintiaastarina.com
Bakmi Jawa Pak Kadin, Sumber: sintiaastarina.com

Rekomendasi bakmi Jawa di Jogja yang terakhir adalah Bakmi Jawa Pak Kadin. Bagi yang belum tahu, tempat ini juga sudah termasuk dalam salah satu kuliner legendaris di Jogja.

Gurih kuah bakmi godog disini rasanya sulit dikalahkan oleh bakmi yang ada di tempat lain. Oleh karenanya, tempat ini selalu ramai, bahkan tidak jarang pembeli harus mengantri jika ingin makan disini.

Minuman yang paling cocok untuk menemani makan bakmi disini tentu saja es jeruk yang tidak hanya manis, namun juga memiliki rasa masam yang memberikan kesegaran.

  • Alamat: Senopati, Jl. Bintaran Kidul No. 66, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Yogyakarta
  • Jam buka: Setiap hari pukul 10.30 – 23.30
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp. 20.000-an

Itulah beberapa rekomendasi bakmi Jawa di Jogja yang rasanya sangat disayangkan jika tidak dicoba ketika memiliki kesempatan. Setiap bakmi yang sudah disebutkan tadi tentu memiliki ciri khas dan cita rasanya masing-masing, sehingga tidak ada salahnya untuk mencobanya satu persatu.

Nah, jika Sedulur Yogyaku masih ingin mencari rekomendasi kuliner Jogja lainnya yang tidak kalah menarik, maka bisa langsung mengaksesnya di laman utama Yogyaku.