8 Jurusan SMK Paling Diminati, Tangga Pertama Menuju Kesuksesan

Photo of author

Ditulis oleh Ichsan Said

An avid learner constantly seeking knowledge. Currently freelancing at Zeka Digital as SEO Content Writer. Enjoying writing, reading and exercising. Interesting in new things that aid in developing personal skills and abilities.

Memilih jurusan SMK paling diminati menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan pemilihan jurusan SMK memiliki kaitan erat dengan kesuksesan. Terutama, dalam karir pekerjaan setelah lulus nantinya.

Itulah kenapa pada saat memilih jurusan SMK harus cermat dan dipertimbangkan dengan baik. Karena salah memilih jurusan tentu akan berpengaruh terhadap karir pekerjaan. Karena perusahaan atau industri akan mencari lulusan SMK sesuai dengan jurusan yang dibutuhkan.

Lantas, apa saja jurusan SMK yang paling diminati dan banyak dibutuhkan perusahaan? Simak ulasannya!

Tips Memilih Jurusan SMK yang Tepat agar Tidak Menyesal 

Tips memilih jurusan SMK, Sumber: quipper.com
Tips memilih jurusan SMK, Sumber: quipper.com

Memilih jurusan SMK perlu dipertimbangkan dengan baik. Pasalnya, kesalahan memilih jurusan bisa berdampak pada penyesalan. Atau bisa juga terhadap kesuksesan dalam karir pekerjaan. 

Oleh karena itu, jangan sampai asal memilih jurusan SMK. Untuk memudahkan Sedulur Yogyaku memilih jurusan SMK, ada tips yang bisa diikuti. Apa saja tips tersebut? Berikut ini diantaranya:

  • Cari tahu jurusan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan industri.
  • Sesuaikan minat dan bakat dengan jurusan yang paling banyak diminati.
  • Ketahui informasi lengkap mengenai jurusan yang hendak dipilih.
  • Pastikan jurusan yang dipilih memiliki prospek kerja menjanjikan dan banyak dibutuhkan perusahaan.
  • Konsultasikan jurusan yang dipilih dengan orang tua dan orang yang telah berpengalaman di bidang tersebut.
  • Jangan mudah terpengaruh dengan teman mengenai jurusan yang telah mereka pilih.
  • Yakin dan percaya diri terhadap jurusan yang telah dipilih.

Dari tips yang telah dibagikan di atas, tentunya membuat Sedulur Yogyaku semakin mudah untuk menentukan jurusan SMK. Tidak jauh berbeda dengan tips memilih jurusan kuliah. Tinggal sesuaikan saja jurusan mana yang diminati dan memiliki prospek kerja menjanjikan.

Jurusan SMK yang Paling Banyak Diminati dan Dibutuhkan Perusahaan

Dari banyaknya jurusan SMK yang ada, ternyata terdapat jurusan dengan peminat yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan jurusan tersebut banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan industri.

Berikut ini beberapa jurusan SMK yang dimaksud diantaranya:

1. Akuntansi

Jurusan akuntansi SMK, Sumber: pklsmk.com
Jurusan akuntansi SMK, Sumber: pklsmk.com

Setiap perusahaan pastinya akan berhubungan dengan transaksi keuangan. Baik transaksi jual beli dan jenis transaksi lainnya. Hal ini tentunya membuat jurusan akuntansi selalu dibutuhkan. Karena pekerjaan seperti ini membutuhkan keahlian di bidang akuntansi.

Jurusan akuntansi tidak hanya mempelajari perihal transaksi keuangan. Tetapi, juga mempelajari tentang pelaporan informasi keuangan organisasi dan akuntansi manajerial. Bila memiliki minat di bidang ekonomi keuangan, jurusan akuntansi bisa menjadi pilihannya.

2. Administrasi Perkantoran

Jurusan administrasi perkantoran, Sumber: gramedia.com
Jurusan administrasi perkantoran, Sumber: gramedia.com

Banyak yang mengira jurusan administrasi perkantoran sepi peminat. Akan tetapi, malah sebaliknya, ternyata menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan. Terlebih, jurusan administrasi perkantoran selalu dicari oleh perusahaan setiap pembukaan perekrutan karyawan.

Bagi Sedulur Yogyaku yang suka dengan pekerjaan kantoran, jurusan administrasi perkantoran bisa menjadi pilihannya. Apalagi, keahlian administrasi perkantoran memiliki cakupan pekerjaan yang cukup luas. Jadi, jurusan ini akan selalu dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Otomotif

Jurusan otomotif, Sumber: ojc.co.id
Jurusan otomotif, Sumber: ojc.co.id

Jurusan SMK paling diminati selanjutnya adalah otomotif. Industri yang selalu membutuhkan jurusan ini seperti produsen kendaraan dan juga service kendaraan. Baik itu kendaraan motor, mobil, dan jenis kendaraan lainnya.

Tidak heran bila jurusan otomotif memiliki prospek kerja yang bagus. Karena setiap lulusannya selalu dibutuhkan oleh industri. Di jurusan ini ada banyak hal yang akan dipelajari seperti operasional, perawatan, perbaikan, pemasaran, dan pelayanan purna jual kendaraan.

4. Perbankan dan Keuangan Syariah

Jurusan perbankan syariah, Sumber: smkmaju.sch.id
Jurusan perbankan syariah, Sumber: smkmaju.sch.id

Sekilas tidak ada perbedaan yang signifikan dengan jurusan akuntansi. Hanya saja jurusan perbankan dan keuangan syariah lebih khusus. Dimana, pelayanan perbankan dan keuangan yang diberikan berdasarkan prinsip syariah.

Terlebih, di Indonesia pertumbuhan perbankan syariah sudah mulai banyak. Hal ini tentunya membuat lulusan dengan keahlian perbankan dan keuangan syariah selalu dibutuhkan. Untuk mengisi posisi sebagai teller, customer service, dan staf administrasi.

5. Perhotelan

Jurusan perhotelan, Sumber: smkmutumalang.sch.id
Jurusan perhotelan, Sumber: smkmutumalang.sch.id

Pariwisata di Indonesia yang terus mengalami perkembangan, membuat jumlah hotel kian meningkat. Hal ini tentunya memberikan dampak positif terhadap keterbukaan lapangan pekerjaan. Terutama bagi para lulusan jurusan perhotelan yang telah memiliki keahlian khusus.

Karena di jurusan perhotelan akan mempelajari tentang manajemen bisnis, pengelolaan, dan perawatan penginapan atau akomodasi. Semuanya yang dipelajari berkaitan dengan aspek pariwisata dan bisnis. Jurusan perhotelan bisa menjadi pilihan bila memiliki ketertarikan di bidang akomodasi pariwisata.

6. Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan rekayasa perangkat lunak, Sumber: ids.ac.id
Jurusan rekayasa perangkat lunak, Sumber: ids.ac.id

Di era perkembangan teknologi yang pesat, keahlian rekayasa perangkat lunak banyak dibutuhkan perusahaan. Terutama, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi mereka yang memilih jurusan rekayasa perangkat lunak.

Karena lulusan rekayasa perangkat lunak nantinya akan menjadi software engineer. Dengan keahlian yang dimiliki pemrograman, desain, dan algoritma. Jurusan ini sangat cocok bagi Sedulur Yogyaku yang memiliki minat di bidang pemrograman.

7. Kimia Analisis

Jurusan Kimia Analisis, Sumber: kompas.com
Jurusan Kimia Analisis, Sumber: kompas.com

Menjadi jurusan SMK yang belum banyak diketahui. Padahal, lulusan jurusan kimia analisis banyak dibutuhkan industri. Terutama, industri yang bergerak di bidang produksi pangan dan obat-obatan. Karena di jurusan ini ada banyak hal yang dipelajari terkait analisis kimia seperti spektroskopi, kromatografi, atau elektrokimia.

Salah satu SMK terbaik di Jogja yang menyediakan jurusan kimia analisis adalah SMTI Yogyakarta Vocational High School. Pembelajaran dan fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Jadi, tidak salah bila memilih sekolah ini untuk mengambil jurusan kimia analisis.

8. Farmasi

Jurusan farmasi SMK, Sumber: itopiaspaces.com
Jurusan farmasi SMK, Sumber: itopiaspaces.com

Salah satu jurusan yang selalu dibutuhkan lulusannya setelah kedokteran adalah farmasi. Ya, farmasi menjadi jurusan yang juga paling diminati. Karena jurusan ini memiliki keahlian di bidang produksi dan resep obat-obatan.

Tidak heran, bila daya serap tenaga kerja jurusan farmasi cukup tinggi. Sedangkan untuk karir pekerjaan bisa menjadi asisten apoteker rumah sakit, klinik, dan sarana medis lainnya. Jadi, bila memiliki minat di bidang farmasi, tidak akan salah memilih jurusan yang satu ini.

Itulah penjelasan mengenai jurusan SMK paling diminati. Tidak hanya diminati, tetapi juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Karena daya serap lulusan dari setiap jurusannya selalu dibutuhkan oleh perusahaan dan industri. Tinggal sesuaikan saja jurusan mana yang sesuai dengan minat dan bakat Sedulur Yogyaku.

Masih banyak informasi menarik lainnya yang sayang bila dilewatkan oleh Sedulur Yogyaku. Oleh karena itu, pastikan selalu update informasi terbaru yang tersedia hanya di laman Yogyaku.