Menikmati Liburan Ala Jepang di Litto Jogja

Photo of author

Ditulis oleh Melynda Dyah

Seorang Content Writer yang membawa semangat dan kreativitas dalam setiap tulisannya. Bekerja untuk Zeka Digital dan untuk diri sendiri.

Wisata di Jogja memang memang seakan tidak ada habisnya. Bahkan, makin ke sini, makin banyak tempat wisata dengan konsep baru nan unik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Litto Jogja.

Sebagian orang mungkin masih merasa sedikit asing dengan nama wisata satu ini. Meski bukan termasuk salah satu wisata hidden gem Jogja yang masih sulit untuk dikunjungi, namun sebagian orang lebih mengenalnya dengan nama Little Tokyo yang kemudian disingkat menjadi Litto.

Nah, jika Sedulur Yogyaku mulai tertarik untuk mengunjungi Litto Jogja, yuk simak dulu beberapa informasinya berikut ini.

Litto Jogja, Salah Satu Wisata dengan Konsep Fresh di Jogja

Liburan ala Jepang di Litto Jogja, Sumber: idntimes.com
Liburan ala Jepang di Litto Jogja, Sumber: idntimes.com

Tidak seperti kebanyakan tempat wisata di Jogja, Litto Jogja mengusung konsep resort and recreational resto. Jadi, jangan heran jika ada cukup banyak sudut menarik yang ada di sini dan sayang untuk dilewatkan.

Seperti namanya, Little Tokyo memang memiliki konsep utama menyerupai Jepang. Meski begitu, inspirasi utama dari tempat ini adalah kota Okutama, sebuah kota yang tidak jauh dari Tokyo. Salah satu daya tarik utama dari Okutama adalah suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk.

Inilah mengapa banyak orang yang sengaja menyambangi tempat ini untuk sekedar melepas lelah dan penat karena rutinitas harian. Pemandangan di sekitar tempat ini juga luar biasa indahnya, bahkan tak kalah indah dengan kebanyakan homestay di Bandung yang sudah sangat popular.

Dari sini, Sedulur Yogyaku bisa memanjakan mata dengan pemandangan indah dari Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan juga Gunung Sumbing. Ditambah dengan tempatnya yang masih asri, banyak pepohonan dan bunga. Menjadi kombinasi sempurna untuk menenangkan pikiran.

Menawarkan Kuliner Lengkap nan Nikmat

Pemandangan dari Litto, Sumber: anotherorion.com
Pemandangan dari Litto, Sumber: anotherorion.com

Tak hanya itu, di Litto Jogja juga ada cukup banyak kuliner yang bisa dicicipi. Mulai dari kuliner khas Jogja dan nusantara, hingga makanan dari Jepang seperti ramen dan sushi. Beberapa makanan khas Indonesia yang bisa dipesan di sini adalah rawon, sop iga, sop buntut dan lain sebagainya.

Litto Jogja sendiri termasuk salah satu wisata yang masih cukup baru di Jogja, dimana baru mulai sejak 18 Desember 2021. Sejak menginjakkan kaki di area ini, pengunjung akan langsung mendapatkan kesan futuristic khas Jepang yang kuat. 

Oleh karenanya, tidak heran jika para penggemar Jejepangan terutama penggemar anime akan sangat menyukai tempat ini. Ditambah lagi dengan lampion khas yang menggantung dan akan nyala pada malam hari. 

Fasilitas yang Ada di Litto Jogja, Sudah Lengkap

Destinasi wisata dengan konsep fresh, Sumber: riantybatik.co.id
Destinasi wisata dengan konsep fresh, Sumber: riantybatik.co.id

Sebagai salah satu tempat wisata yang menyediakan cukup banyak tempat menarik, tentu saja fasilitas yang ada di sini sudah lengkap. fasilitas utama sekaligus daya tarik utama yang ada di sini adalah spot foto yang seakan tidak ada habisnya.

Spot foto andalan yang ada di sini tentu saja yang berkaitan dengan konsep yang ada di Jepang. Mulai dari lampion, pagar warna merah pekat khas Jepang, pemandangan alam yang indah dan lain sebagainya.

Selain itu, ada cukup banyak juga fasilitas penunjang yang bisa digunakan. Mulai dari musholla, toilet, tempat parkir luas dan aman, penginapan, meeting room, toko souvenir dan oleh-oleh, onsen dan lain sebagainya.

Alamat dan Rute Menuju Litto Jogja 

Menikmati akhir pekan di Litto, Sumber: booking.com
Menikmati akhir pekan di Litto, Sumber: booking.com

Karena sudah mengintip beberapa hal menarik tentang tempat ini, tidak heran rasanya jika semakin banyak orang yang tertarik untuk ke sini. Lokasinya sendiri ada di Gunung Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul. Yogyakarta. Jika belum pernah ke sini, maka Anda bisa menggunakan aplikasi peta digital yang ada di smartphone. 

Lokasi tersebut memang tidak bisa dikatakan dekat dengan pusat kota. Di mana, biasanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam jika ditempuh dari pusat kota. Selain itu, Anda bisa menuju tempat ini lewat jalan Imogiri ataupun Wonosari.

Sedangkan jika berasal dari kawasan Kaliurang, maka jarak yang harus ditempuh sekitar 27 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Waktu tempuh tersebut tentu sangat dipengaruhi oleh keadaan dan lalulintas.

Harga Tiket dan Jam Buka Litto Jogja

Salah satu daya tarik Litto, Sumber: travel.kompas.com
Salah satu daya tarik Litto, Sumber: travel.kompas.com

Seperti kebanyakan tempat wisata lainnya, tentu saja untuk masuk ke Litto Jogja ada tiket yang harus dibeli terlebih dahulu. Namun tak perlu khawatir, sebab harga tiket yang diberikan masih sangat masuk akal dan terjangkau.

Dimana, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 30.000 saja dan sudah bisa berkeliling dan menikmati suasana yang ada di sini. Jika beruntung, pengunjung bisa mendapatkan penawaran voucher tertentu yang memberikan beberapa fasilitas tambahan.

Untuk jam bukanya sendiri, Litto Jogja buka setiap hari, dimana untuk hari Senin sampai Jumat buka mulai pukul 10.30 hingga 20.00. sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka lebih pagi mulai pukul 08.30 hingga 20.00.

Namun, perlu diperhatikan pula bahwa pada akhir pekan biasanya pengunjung akan jauh lebih banyak. Jadi, jika ingin berkeliling lebih leluasa, maka disarankan untuk datang pada hari Senin hingga Jumat saja.

Itulah informasi tentang Litto Jogja, salah satu tempat wisata baru di Jogja yang mengusung konsep cukup menarik. Tempat ini tentu bisa menjadi salah satu pilihan tempat healing dengan suasana yang berbeda namun tetap menenangkan.

Sebagai tips terakhir, tidak ada salahnya untuk berdandan atau memilih pakaian dengan tema Jepang agar bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menarik dan mendalam. Lalu, ambillah gambar sepuasnya dan kemudian bagikan pada orang terdekat. Selamat berlibur dengan menyenangkan.