Liburan Penuh Adrenalin di Goa Langse Jogja

Photo of author

Ditulis oleh Melynda Dyah

Seorang Content Writer yang membawa semangat dan kreativitas dalam setiap tulisannya. Bekerja untuk Zeka Digital dan untuk diri sendiri.

Meski terkenal dengan pantai dan wisata budayanya yang melegenda, nyatanya Jogja masih memiliki potensi wisata lain yang tidak kalah menakjubkan, yakni wisata alam berupa goa seperti Goa Jomblang Gunungkidul dan Goa Langse Jogja. 

Goa Langse Jogja sendiri merupakan salah satu goa yang paling indah di Jogja, mulai dari dinding-dindingnya berdiri kokoh, hingga suasana sekitarnya yang asri dan menyejukkan. Namun, ternyata goa satu ini memiliki sisi lain yang berhubungan dengan hal mistis yang berkaitan dengan Penguasa Pantai Selatan.

Nah, bagi Sedulur Yogyaku yang mulai penasaran, yuk kulik lebih dalam tentang Goa Langse yang terkenal indah ini!

Goa Langse Jogja, Berkisah Tentang Penguasa Pantai Selatan

Destinasi wisata Goa Langse, Sumber: jogja.wahananews.co
Destinasi wisata Goa Langse, Sumber: jogja.wahananews.co

Jika dilihat dari ukurannya, Goa Langse memang tak sebesar Goa Kidang Kencana yang punya lorong hingga 350 meter. Namun nyatanya, goa ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat orang merasa tertarik untuk mengunjunginya.

Goa Langse Jogja sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu goa dengan pemandangan yang paling indah di Jogja. Sebab, lokasinya berada di tebing perbukitan kapur, dan bisa langsung memandang keindahan pantai di bawahnya.

Karena lokasi tersebut jugalah, siapapun yang ingin berkunjung ke sini harus bersiap-siap untuk bekerja keras karena jalan yang dilewati akan terjal dan sulit dilewati. 

Ketika sudah sampai ke mulut goa, pengunjung bisa langsung merasakan hembusan angin yang cukup kencang, ditambah dengan suara deburan ombak yang ada di bawahnya.

Cerita Legenda dan Mistis yang Menyertai Goa Langse

Goa Langse yang terkenal penuh misteri, Sumber: salsawisata.com
Goa Langse yang terkenal penuh misteri, Sumber: salsawisata.com

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Goa Langse Jogja merupakan salah satu goa di Jogja yang cukup erat kaitannya dengan cerita-cerita mistis. Salah satunya adalah banyak orang-orang penting seperti pejabat dan calon pejabat yang sengaja datang untuk melakukan ritual dan bermeditasi.

Selain itu, goa ini juga memiliki keterikatan dengan kisah Dewi Nawangwulan yang merupakan bidadari dari Kayangan. Dikisahkan bahwa Dewi Nawangwulan turun ke bumi untuk mandi bersama dengan kakak-kakaknya.

Namun ternyata, ketika sedang asyik mandi mereka tidak sadar bahwa ada pemuda bernama Jaka Tarub yang memperhatikan dan kemudian mencuri pakaian Dewi Nawangwulan. Karena itu, akhirnya sang Dewi dihukum dan harus tinggal di bumi.

Terlepas dari cerita legenda yang menyertai tadi, sebenarnya, Goa Langse Jogja merupakan  salah satu tempat yang sangat nyaman dan tenang untuk menenangkan pikiran dan bermeditasi. Sehingga, tak heran jika banyak orang yang yang sengaja datang ke sini untuk bermeditasi meskipun tidak percaya dengan legenda yang menyertainya.

Alamat dan Rute Menuju Goa Langse Jogja

Wisata goa penuh adrenalin, Sumber: okezone.com
Wisata goa penuh adrenalin, Sumber: okezone.com

Karena sudah menjadi salah satu tempat wisata alam yang cukup terkenal, maka jangan heran jika semakin ke sini semakin banyak orang yang mengunjungi tempat ini. Lokasinya sendiri ada di Girijati, Area Hutan, Giri Cahyo, Kec. Purwosari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

Jika Sedulur Yogyaku ingin ke sini dari sekitaran Jalan Kaliurang, maka jarak yang harus ditempuh adalah sejauh 40 km. biasanya, jika menggunakan sepeda motor akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam sepuluh menit.

Namun, jika Sedulur Yogyaku berasal dari sekitaran Malioboro, maka jaraknya hanya sekitar 32 km saja. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sini sekitar 50 menit menggunakan sepeda motor, dan 1 jam 10 menit jika menggunakan mobil.

Harga Tiket dan Jam Buka Goa Langse Jogja

Tampak bagian dalam Goa Langse, Sumber: inews.id
Tampak bagian dalam Goa Langse, Sumber: inews.id

Meskipun sudah menjadi salah  satu wisata yang cukup terkenal di Gunungkidul, namun harga tiket masuk Goa Langse Jogja masih cukup terjangkau. Dimana, tiket masuknya hanya sebesar Rp. 10.000 saja, lalu tinggal menambah Rp. 5.000 jika ingin menggunakan jasa pemandu wisata.

Selain itu, biaya untuk parkir mobil hanya sebesar Rp. 5.000 saja, sedangkan untuk parkir sepeda motor sebesar Rp. 3.000 saja.

Untuk jam buka, Goa Langse Jogja buka setiap hari selama 24 jam full. Artinya, Sedulur Yogyaku bisa datang kapan saja ke sini tanpa harus takut tempat ini akan tutup. Namun, karena ada jalan yang masih cukup curam, pengunjung yang baru pertama kali ke sini disarankan untuk tidak datang terlalu sore atau bahkan malam hari.

Fasilitas yang Ada di Goa Langse Jogja

Pemandangan alam yang indah di Goa Langse, Sumber: safarajogja.com
Pemandangan alam yang indah di Goa Langse, Sumber: safarajogja.com

Sama seperti kebanyakan tempat wisata alam, fasilitas yang ada di sini tidak bisa dikatakan sangat banyak namun sudah cukup memadai. Beberapa fasilitas utama yang siap digunakan di sini adalah lahan parkir yang luas dan aman, pos penjagaan dan juga pemandu wisata.

Perlu diperhatikan pula bahwa di sini belum ada terlalu banyak orang yang berjualan makanan. Naun, jika memang sangat membutuhkan, biasanya juru kunci akan menyediakan beberapa makanan sederhana untuk menyambut tamu.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membawa beberapa makanan pengganjal perut, demi bisa berwisata dengan yaman tanpa harus khawatir akan merasa kelaparan nantinya. Namun, pastikan untuk membuang sampah dan sisa makanan di tempat yang seharusnya ya!

Itulah beberapa informasi tentang Goa Langse Jogja yang perlu Sedulur Yogyaku tahu. Selain goa ini, Jogja juga masih memiliki banyak goa lain yang tidak kalah indahnya, sebut saja Goa Jepang Jogja.

Sebagai tips terakhir, jika ingin mengunjungi tempat ini, pastikan untuk mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Sebab, jika salah memilih alas kaki, maka nantinya akan sangat merepotkan ketika sedang berjalan.

Jadi, sudah siap untuk mengeksplor tempat baru yang indah dan penuh dengan kisah legenda ini?