Ramadhan Cari Takjil Gratis Di Jogja ? Kesini Aja!

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Keberkahan di bulan Ramadhan membuat kita semakin giat berlomba dalam ketaatan beribadah kepada Allah SWT dan memperbanyak amal kebaikan guna bekal di akhirat kelak.

Salah satu amal kebaikan yang bisa kita lakukan ialah memberikan takjil gratis kepada masyarakat yang membutuhkan sebagai bagian dari kedermawanan. Namun, jika anda tidak mampu memberikan takjil gratis, maka menyebarkan berita baik bisa menjadi alternatif kebaikan lainnya.

Oleh karena itu, Yogyaku dalam hal ini setidaknya mencoba untuk mengambil alternatif kedua, yakni menyebarkan berita baik tersebut. Berikut adalah berita baik mengenai tempat berburu takjil gratis di Jogja yang bisa dikunjungi selama Ramadhan sebulan penuh.

5 Tempat Berburu Takjil Gratis Saat Ramadhan di Jogja

Sebetulnya bisa dibilang hampir di semua masjid bahkan mushalah di Jogja menyediakan menu takjil selama bulan Ramadhan. Menunya pun beragam. Mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Minimal ada sirup atau es teh. Hanya, di kesempatan kali ini kami rangkum beberapa di antaranya yang terbilang paling populer.

1. Masjid Jogokaryan

Masjid Jogokaryan terletak di Jalan Jogokaryan, Mantirejon, Jogjakarta.. Sumber : hipwee.com

Masjid yang dulunya berupa langgar kecil di sudut desa ini kini menyediakan sekitar 2.500 porsi santapan berbuka puasa yang bisa dinikmati secara gratis. Tahun ini, koordinator acara bagi takjil gratis di Masjid Jogokaryan memang menambah jumlah takjil yang dibagikan.

Sebelumnya Masjid ini hanya mampu membagikan sekitar 500 hingga 800 porsi saja, namun karena jumlah pengunjung dan donatur bertambah, maka pembagian takjil pun ditingkatkan menjadi sebanyak 2.500 porsi.

Anda juga bisa lho mampir ke sini untuk berbuka puasa bersama ribuan orang lainnya yang juga memadati pelataran Masjid.

2. Masjid K.H Ahmad Dahlan

Tidak hanya menyediakan takjil untuk membatalkan puasa, Masjid K.H Ahmad Dahlan juga menyediakan santapan sahur bagi seluruh jamaah masjid. Tentu hal ini menjadi sangat membantu khususnya untuk mahasiswa-mahasiswa kostan. Bisa cukup membantu berhemat selama Ramadhan.

Masjid Ahmad Dahlan UMY. Sumber : fpb.umy.ac.id
Masjid Ahmad Dahlan UMY. Sumber : fpb.umy.ac.id

Ada sekitar 1.300 porsi hidangan berbuka yang disajikan setiap hari, sementara 350 porsi hidangan sahur disajikan selama 25 hari berturut – turut di Bulan Ramadhan.

3. Masjid Gedhe Kauman

Ramadhan Takjil Gratis

Masjid Gedhe Kauman terletak di dekat Alun – Alun Keraton, Jalan Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Jogjakarta. Sumber : hipwee.com

Menu berbuka puasa yang bisa anda nikmati secara gratis di Masjid Gedhe Kauman ini ialah Gulai Kambing. Gulai Kambing sengaja dipilih oleh koordinator sebagai menu pilihan di setiap hari Kamis karena menu tersebut menjadi favorit para jamaah.

Bahkan dibanding tahun lalu, Gulai Kambing yang disajikan di Masjid Gedhe Kauman jauh lebih banyak, yakni sebanyak 2.000 porsi.

Untuk menikmati kuliner lezat tersebut anda tidak akan dikenai biaya apapun. Anda hanya perlu datang dengan perut kosong agar bisa menyantap Gulai Kambing dengan nikmat. Anda hanya perlu datang dengan perut kosong agar bisa menyantap Gulai Kambing dengan nikmat.

4. Masjid Kampus UGM.

Terdapat sekitar 1.000 porsi hidangan disajikan bagi para jamaah yang melaksanakan ibadah puasa setiap harinya di
Masjid Kampus UGM terletak di dalam komplek kampus, Jalan Prof. DR. Drs. Notonagoro, Karangmalang, Caturtunggal, Sleman, Jogjakarta.

Dengan menu beragam, takjil yang disediakan di Masjid Kampus UGM tersebut bisa anda santap secara gratis tanpa perlu persyaratan khusus. Yuk, langsung meluncur !

5. Masjid At – Taqwa Minomartani


Masjid At – Taqwa Minomartani terletak di Dusun Mladangan, Desa Minomartani, Ngaglik, Sleman, Jogjakarta tidak hanya membagikan takjil gratis sebagai menu berbuka puasa, Masjid At-Taqwa Minomartani juga menyediakan sajian sahur yang bisa dinikmati secara gratis oleh para jamaah pada 10 hari menjelang akhir bulan Ramadhan.

Usai menikmati takjil gratis, anda bisa melanjutkan aktivitas dengan mendirikan sholat Maghrib berjamaah bersama warga Jogja lainnya untuk melengkapi amal ibadah shaum anda.

Jika anda tertarik untuk menyumbangkan sebagian dari harta anda untuk mendukung acara pembagian takjil gratis di Masjid – Masjid tersebut, anda bisa langsung datang ke lokasi untuk menghubungi koordinator acara.

Anda juga bisa mengadakan Takjil On The Road untuk berbagai menu berbuka puasa bersama warga Muslim lainnya. Dalam Takjil On The Road, makanan yang akan dibagikan biasanya dibawa menggunakan mobil. Agar lebih maksimal, anda bisa menyewa mobil pickup di Rental Mobil Jogja untuk menampung lebih banyak takjil.

Itulah salah satu sisi menariknya Jogja. Anda bisa berburu takjil di berbagai penjuru Jogja dengan kehangatan dan keramah tamahan penduduk lokalnya. Ini juga perlu untuk menjadi pengetahuan rekan-rekan sekolah menengah atas atau sederajat yang berencana untuk melanjutkan studinya di Jogja.

Demikian itulah informasi unik seputar Jogja dan tradisi takjilan yang bisa sangat mudah kita dapati di Masjid-Masjid atau Mushalah-Mushalah. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini dan simak juga artikel menarik lainnya seputar Jogja. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar