Blue Lagoon Kaliurang, Wisata Pemandian Alami yang Murah Meriah!

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Jika mencari tempat wisata yang tidak mengocek dompet terlalu dalam, maka Kota Jogja harus masuk dalam daftar pilihan. Sebab, ada cukup banyak pilihan wisata low budget Jogja yang bisa dipilih kapan saja. Blue Lagoon Kaliurang salah satunya.

Bagi yang belum pernah ke sini, Blue Lagoon adalah salah satu wisata Kaliurang yang cukup ramai pengunjung setiap harinya. Bukan sekadar tempat wisata biasa, tempat ini adalah pemandian alami yang bentuknya seperti kolam yang sangat besar dengan air yang jernih.

Ketika sampai ke sini, hasrat untuk langsung nyebur dan merasakan dinginnya air di sini rasanya tidak bisa dibendung lagi. Nah, bagi Sedulur Yogyaku yang penasaran dengan pemandian Blue Lagoon, berikut informasi lengkapnya!

Pemandian Blue Lagoon di Kaliurang, Tempat Ngadem yang Beneran Adem 

Pemandian Blue Lagoon di Kaliurang, Sumber: gudeg.net
Pemandian Blue Lagoon di Kaliurang, Sumber: gudeg.net

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Blue Lagoon adalah tempat pemandian alami yang berbentuk seperti kolam, namun ukurannya sangat besar. Berbeda dengan kolam buatan, sumber air di sini adalah sumber air alami sehingga memberikan rasa segar yang berbeda.

Selain itu, airnya yang jernih berwarna hijau kebiruan juga sekaan memberikan perasaan segar tersendiri, bahkan ketika pengunjung menceburkan diri ke dalam kolam. Ditambah lagi dengan suasana asri dan hijau yang ada di sekitarnya.

Karena sudah menjadi salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Jogja, jangan heran ya jika pengunjung tempat ini cukup ramai. Namun, tak perlu merasa khawatir, selain karena ukuran kolamnya yang besar, suasana di sekitar kolam ini juga cukup dijadikan sebagai tempat healing. 

Pesona yang Ditawarkan Blue Lagoon Kaliurang 

Pesona Blue Lagoon, Sumber: kompasiana.com
Pesona Blue Lagoon, Sumber: kompasiana.com

Seperti namanya, tentu aktivitas utama yang bisa dilakukan di tempat ini adalah mandi. Namun, tentu mandi di tempat indah seperti ini berbeda dengan mandi biasa ketika sedang berada di rumah ya!

Untuk membuatnya lebih seru, pengunjung bisa menyewa ban yang memang sudah disediakan, sehingga bisa bersantai atau bahkan mengelilingi tempat ini dengan lebih nyaman dan aman.

Selain itu, sebenarnya Blue Lagoon Kaliurang ini tidaklah terlalu dalam, sehingga masih cukup aman untuk dimasuki setiap kalangan, meski tentu masih harus dalam pengawasan.

Jika pengunjung memiliki nyali yang lebih, maka bisa mencoba untuk melompat dari bagian pinggir kolam ini. Namun, harus tetap berhati-hati, sebab di pinggiran kolam terdapat bebatuan yang bisa saja melukai jika tidak melewatinya dengan waspada.

Bagi pengunjung yang lebih ingin bersantai dan relaksasi, Sedulur Yogyaku bisa melipir sedikit ke bagian lainnya. Dimana, terdapat pancuran air dari atas dan siap memberikan sensasi seperti pijatan kepada siapa saja yang duduk di bawahnya.

Aktivitas semacam ini tentu menjadi angina segar tersendiri, terlebih bagi mereka yang kesehariannya penuh dengan tumpukan tugas atau pekerjaan lainnya.

Selain itu, ketika sudah merasa lapar, pengunjung bisa langsung menuju gazebo yang tidak jauh dari tempat pemandian. Tidak hanya istirahat, di sini pengunjung juga bisa sekaligus menyantap makanan, baik yang dibawa dari rumah ataupun yang sudah dibeli.

Alamat, Rute, Jam Buka dan Tiket Masuk Blue Lagoon

Alamat Blue Lagoon, Sumber: helerentalmotor.com
Alamat Blue Lagoon, Sumber: helerentalmotor.com

Jika sudah tidak sabar ingin mendatangi tempat ini, alamatnya berada di Area Sawah, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Untuk lebih mudahnya, kini Sedulur Yogyaku sudah bisa langsung menujunya dengan mengakses Google Maps.

Rute menuju salah satu wisata seru di Jogja inipun sudah cukup mudah. Jalannya memadai, ditambah dengan jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jika berasal dari kota, ambil saja rute Jalan Kaliurang, jika sudah tiba di pertigaan Besi – Jangkang, ambil arah kanan. 

Kemudian, dari Pasar Jangkang ambil arah kanan lagi, setelah jalan sebentar maka langsung menemukan papan penunjuk arah ke sini.

Untuk jam bukanya sendiri cukup lapang, yakni buka mulai jam 06.00 pagi hingga 17.00 sore. Jika tidak ingin terlalu panas, sebaiknya datanglah kemari sejak pagi hari.

Terakhir, untuk harga tiket masuk Blue Lagoon Kaliurang juga masih sangat terjangkau. Dimana, setiap pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 2.000 rupiah saja.

Fasilitas yang Ada di Pemandian Blue Lagoon Kaliurang 

Fasilitas yang ada di Blue Lagoon, Sumber: detik.com
Fasilitas yang ada di Blue Lagoon, Sumber: detik.com

Jika dilihat dari tiket masuknya yang sangat murah, mungkin sebagian orang cukup meremehkan fasilitas yang ada di sini. Namun nyatanya, fasilitas penunjang di sini sudah sangat lengkap, sehingga akan membuat siapa saja yang datang merasa lebih nyaman.

Sebagai tempat pemandian umum, kamar mandi dan toilet tentu menjadi fasilitas utama yang dibutuhkan. Untungnya, kedua fasilitas tersebut sudah sangat bagus di sini, sehingga setiap pengunjung yang ingin berbilas dan berganti pakaian bisa melakukannya dengan nyaman di sini.

Selain itu, di sini juga tersedia tempat penitipan barang yang aman. Jadi, Sedulur Yogyaku yang ingin ciblon dengan puas di sini tidak perlu merasa khawatir dengan barang berharga yang harus ditinggalkan untuk sementara waktu.

Fasilitas lain yang juga sangat mendukung di Blue Lagoon Kaliurang adalah sudah tersedianya warung-warung yang menjual berbagai macam menu makanan. Sehingga, jika pengunjung merasa lapar setelah mandi bisa langsung menyantap makanan tanpa harus repot membawanya dari rumah.

Itulah informasi lengkap tentang Blue Lagoon Kaliurang, sebuah tempat pemandian alami yang nyatanya sampai saat ini masih menjadi destinasi menjanjikan untuk menghabiskan akhir pekan, atau sekadar bersantai basah-basahan.

Jika Sedulur Yogyaku masih mencari beberapa tempat wisata alami di Jogja lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, maka bisa langsung mencarinya di laman utama Yogyaku.