Aneka Jajanan Khas Kotagede, Cocok untuk Menu Buka Puasa!

Photo of author

Ditulis oleh Febriana Kreswati

Seorang mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sibuk dengan banyak tugas kuliah dan nyambi freelance content writer di Zeka Digital. Loving sleeping as the best medicine ever.

Kotagede telah menjelma menjadi pusat kuliner yang memikat hati para pecinta makanan dengan berbagai jajanan khas Kotagede. Jajanan khas Kotagede dapat dijadikan sebagai pilihan menu berbuka puasa yang sempurna . 

Dengan keunikan sejarahnya, Kotagede bukan hanya tempat bersejarah yang mempesona, tetapi juga melambangkan kekayaan kuliner tradisional yang melekat dalam budayanya. Tak mengherankan jika kawasan ini senantiasa ramai terutama ketika waktu buka puasa tiba.

Nah, jika Sedulur Yogyaku ingin berburu menu buka puasa yang unik dan menawarkan cita rasa tradisional, ada cukup banyak aneka jajanan khas Kotagede yang bisa dicoba. Penasaran?

Sejarah Kotagede dan Warisan Kuliner

Terdapat banyak pilihan wisata Kotagede karena Kotagede merupakan kawasan bersejarah di Yogyakarta yang penuh dengan keindahan dan nilai historis. Didirikan pada abad ke-16 oleh Panembahan Senopati sebagai pusat pemerintahan pertama Kesultanan Mataram, Kotagede menyimpan sejarah gemilang sebagai pusat kerajaan dan pusat perdagangan di masa lalu.

Kekayaan sejarah Kotagede tidak hanya terletak pada bangunan-bangunan bersejarahnya, tetapi juga pada ragam kuliner khasnya. Warisan kuliner ini mencerminkan keberagaman budaya dan tradisi yang tumbuh di kawasan ini selama berabad-abad. Kipo, klepon, putu, dan wedang ronde adalah beberapa contoh jajanan yang menjadi ikon kuliner Kotagede.

Aneka Jajanan khas Kotagede Cocok untuk Buka Puasa

Berbuka puasa di Kotagede bukan hanya tentang menikmati hidangan yang lezat, tetapi juga tentang menjelajahi kekayaan kuliner tradisional. Berikut adalah beberapa jajanan khas Kotagede yang cocok untuk menyemarakkan menu buka puasa:

1. Kipo

Kue Kipo, Sumber: kompas.com
Kue Kipo, Sumber: kompas.com

Kipo, kue khas Kotagede, membawa pengalaman rasa yang istimewa untuk buka puasa. Terbuat dari adonan ketan dan gula kelapa yang dibungkus dengan cermat menggunakan daun pisang, Kipo menawarkan kombinasi lembut dan manis yang begitu memikat. 

Membayangkan lumer gula kelapa di dalamnya memberikan sentuhan khusus, menciptakan kelezatan yang pas untuk mengakhiri puasa. Kipo tidak hanya sekadar hidangan, tetapi juga warisan kuliner yang menceritakan sejarah dan keunikan kotagede melalui rasa yang unik dan autentik.

2. Klepon

Kue Klepon, Sumber: liputan6.com
Kue Klepon, Sumber: liputan6.com

Klepon, kudapan tradisional yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari berbagai acara di Indonesia, menjadi pilihan sempurna untuk menyemarakkan menu buka puasa di Kotagede. Terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat, klepon diisi dengan gula merah dan ditaburi parutan kelapa. 

Sensasi kenyal tepung ketan yang menyatu dengan manisnya gula merah, dan kelembutan parutan kelapa, menjadikan klepon sebagai camilan yang menggoda selera. Klepon bukan hanya menyajikan rasa yang lezat, tetapi juga membawa nostalgia dan tradisi, menjadikannya lebih dari sekadar makanan, melainkan bagian dari warisan budaya yang hidup di Kotagede.

3. Putu

Jajanan kue putu, Sumber: kompas.com
Jajanan kue putu, Sumber: kompas.com

Dengan bentuknya yang bulat dan lapisan gula kelapa di dalamnya, Putu menjadi pilihan yang tak boleh dilewatkan saat buka puasa di Kotagede. Terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa parut, Putu memberikan rasa manis yang unik dan tekstur lembut yang menggoda selera. 

Proses pembuatannya yang tradisional dengan menggunakan cetakan bambu turun temurun menambah nilai otentisitasnya. Putu bukan hanya sekadar jajanan, melainkan juga cermin dari kekayaan kuliner tradisional Kotagede yang terus dilestarikan melalui generasi-generasi.

4. Wedang Ronde

Wedang Ronde, Sumber: fimela.com
Wedang Ronde, Sumber: fimela.com

Menu minuman tradisional penuh hangat dan kelezatan ini merupakan pilihan sempurna untuk menutup buka puasa di Kotagede. Bola ketan yang diisi dengan kacang tanah, disajikan dalam kuah jahe dan gula kelapa, memberikan harmoni rasa yang menghangatkan. 

Ronde tidak hanya memberikan kenikmatan pada lidah, tetapi juga memberikan sensasi nyaman dan menghangatkan seluruh tubuh. Minuman ini menjadi simbol kehangatan dan kebersamaan dalam menikmati hidangan penutup setelah seharian menahan lapar. 

Dengan cita rasa yang khas dan kehangatan yang dihadirkannya, Wedang Ronde menjadi penutup yang sempurna untuk pengalaman kuliner buka puasa di Kotagede.

5. Wedang Bajigur

Minuman hangat wedang bajigur, Sumber: Wedang Ronde, Sumber: fimela.com
Minuman hangat wedang bajigur, Sumber: Wedang Ronde, Sumber: fimela.com

Wedang Bajigur juga bisa dijadikan menu alternatif berbuka puasa. Minuman khas Kotagede, ini menawarkan cita rasa yang khas dan hangatnya aroma rempah. Tentu, Wedang Bajigur memberikan kesegaran dan kehangatan yang sempurna setelah seharian menahan lapar dan haus. 

Campuran antara santan, gula merah, jahe, dan daun pandan memberikan sentuhan tradisional yang kaya akan rasa. Kehangatan dari Wedang Bajigur tidak hanya menghangatkan tubuh, tetapi juga menyatukan kenangan akan cita rasa rumah yang hangat dan menyambut. 

Dengan menyajikan Wedang Bajigur sebagai menu buka puasa, Anda tidak hanya menghidupkan tradisi, tetapi juga menciptakan pengalaman yang istimewa bagi seluruh keluarga.

Dengan deretan jajanan khas Kotagede yang telah dijelajahi, buka puasa di destinasi ini bukan hanya sekadar aktivitas kuliner, melainkan sebuah perjalanan rasa dan tradisi. Kipo, Klepon, Putu, dan Wedang Ronde bukan hanya menyajikan kenikmatan pada lidah, tetapi juga mengandung nilai-nilai budaya dan warisan yang melibatkan setiap gigitan dan tegukan. 

Melalui keunikan setiap hidangan, kita tidak hanya menyelami kelezatan rasa tradisional Kotagede, tetapi juga merasakan kehangatan kebersamaan yang tercipta dalam setiap suapannya. 

Berburu Jajanan Buka Puasa di Pasar Kotagede

Belanja takjil di Pasar Kotagede, Sumber: promediateknologi.id
Belanja takjil di Pasar Kotagede, Sumber: promediateknologi.id

Pasar Kotagede adalah destinasi utama bagi para pecinta kuliner tradisional. Deretan pedagang dengan warung-warung bersejarahnya menawarkan berbagai jajanan khas Kotagede. Pasar ini memanjakan pengunjung dengan aroma dan rasa autentik kuliner Jawa. Selain Kotagede, masih banyak tujuan wisata di Jogja yang wajib Sedulur Yogyaku kunjungi. 

Kotagede bukan hanya sebuah kawasan bersejarah, tetapi juga destinasi kuliner yang menggoda selera. Dengan warisan kuliner yang kaya dan melekat dalam tradisinya, Kotagede menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati berbagai jajanan khas yang cocok untuk berbuka puasa.

Mari rasakan kelezatan dan keunikan Kotagede dalam setiap suapan, dan nikmati keindahan sejarah dan kuliner yang berkumpul harmonis di kota bersejarah ini. Jangan lewatkan juga,  Yogyaku masih punya banyak informasi menarik lainnya, jadi simak terus dan jangan sampai ketinggalan.

Eksplorasi konten lain dari Yogyaku.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca