Bersiaplah! Jogja International Kite Festival 2024 Segera Kembali dengan Banyak Kemeriahan

Photo of author

Ditulis oleh Melynda Dyah

Seorang Content Writer yang membawa semangat dan kreativitas dalam setiap tulisannya. Bekerja untuk Zeka Digital dan untuk diri sendiri.

Ada kabar gembira bagi Sedulur Yogyaku yang menyukai layang-layang. Karena sebentar lagi, Jogja International Kite Festival (JIKF) akan kembali digelar di tahun 2024.

Sejalan dengan namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu menyuguhkan keistimewaan. Bukan hanya keistimewaan destinasi wisatanya, tetapi juga menjadi rumah bagi sederet event, pameran, dan festival menarik.

Dari Jogjarockarta Festival, Prambanan Jazz Festival, sampai pameran ArtJog ada di Jogja. Namun selain itu, salah satu festival unik yang tidak boleh dilewatkan setiap tahunnya adalah Jogja International Kite Festival (JIKF).

Apa Itu Jogja International Kite Festival?

Jogja International Kite Festival, Sumber: nagantour.com
Jogja International Kite Festival, Sumber: nagantour.com

Jogja International Kite Festival (JIKF) adalah salah satu event festival layang-layang tahunan paling bergengsi. Karena dapat menarik pegiat layang-layang dari nasional maupun mancanegara.

JIKF diselenggarakan oleh komunitas layang-layang di Jawa dan Bali. Talikama sebagai komunitas layang-layang nusantara mengakomodasi sekaligus mempersatukan komunitas lainnya dalam satu event besar ini.

Festival layang-layang ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 dan sampai sekarang masih terus eksis. Serta konsisten memanjakan penggemarnya dengan beragam bentuk layang-layang yang mengundang cedak kagum.

Ya, Jogja International Kite Festival menawarkan pemandangan spektakuler dari layang-layang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Hal inilah yang menjadi keunikan serta kemeriahan dari JIKF tersebut.

JIKF menjadi ajang pertemuan bagi lebih dari 50 klub layang-layang nasional dan 22 klub internasional. Dimana negara-negara seperti Singapura, Maroko sampai Amerika Serikat rutin mengirimkan perwakilannya untuk ikut serta dalam JIKF.

Festival layang-layang internasional ini memperebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sehingga para peserta tidak segan-segan menampilkan kreativitas dalam bentuk layang-layang yang unik dan menarik.

Namun yang paling penting, JIKF tidak hanya sekedar menjadi ajang kompetisi layang-layang. Melainkan juga tempat berkumpulnya komunitas layang-layang dari berbagai belahan dunia untuk saling sharing pengalaman dan pengetahuan.

Pelaksanaan Jogja International Kite Festival (JIKF) 2024

Jogja International Kite Festival 2024, Sumber: jogjaprov.go.id
Jogja International Kite Festival 2024, Sumber: jogjaprov.go.id

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, festival layang-layang Jogja ini diselenggarakan setiap tahunnya. Setelah sukses dengan gelarannya di tahun 2023, Jogja International Kite Festival akan kembali hadir di tahun 2024.

Tepatnya akan diadakan pada tanggal 24-25 Juli 2024 dan keindahan Pantai Parangkusumo masih dipilih menjadi lokasi penyelenggaraannya. Dipilihnya Pantai Parangkusumo sebagai venue karena memiliki bentangan pantai yang sangat luas. 

Sehingga mampu menerbangkan layang-layang tray naga yang memiliki panjang 150 m yang diterbangkan oleh kurang lebih 150 pelayang. Selain itu, Parangkusumo juga mampu menampung peserta dan pengunjung sampai 50.000 orang.

Belum lagi keindahan Pantai Parangkusumo juga akan menambah daya tarik festival ini. Jadi, para pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan layang-layang di langit biru, tetapi juga keindahan alam pantai yang mempesona. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya yang mengangkat tema khusus, tahun ini, Jogja International Kite Festival mengusung tema “Persatuan dan Perdamaian Dunia – Unity For Love and Peace on Earth”.

Diusungnya tema “Unity For Love and Peace on Earth” diharapkan mampu menciptakan kerukunan, perdamaian, dan kesatuan bagi masyarakat lokal maupun mancanegara yang ditampilkan melalui event ini.

Setiap tahun, JIKF berhasil menyatukan berbagai budaya dan tradisi dalam satu langit penuh warna dan semangat. Sehingga menjadikannya salah satu festival yang paling dinantikan di Indonesia.

Beragam Kegiatan Menarik di Jogja International Kite Festival

Kegiatan Menarik di Jogja International Kite Festival, Sumber: kemenparekraf.go.id
Kegiatan Menarik di Jogja International Kite Festival, Sumber: kemenparekraf.go.id

Jogja International Kite Festival tidak hanya sekedar menawarkan keindahan layang-layang di langit Parangkusumo. Melainkan juga turut menyajikan beragam kegiatan menarik untuk dinikmati oleh semua pengunjung. 

Berkaca dari JIKF tahun 2023, kegiatan yang akan turut melengkapi kemeriahan festival layang-layang bertaraf internasional ini, antara lain: 

  • Eksebisi 1001 layang-layang nasional dan internasional. Menampilkan keindahan dan kreativitas layang-layang dari berbagai penjuru negara. Dari layang-layang tradisional sampai modern dengan ukuran dan bentuk unik.
  • Panggung Seni Budaya. Menampilkan pertunjukan seni dan budaya yang merepresentasikan kekayaan tradisi Yogyakarta dan Indonesia. Dimana turut melibatkan acara musik, tarian, dan berbagai kesenian lainnya.
  • Kompetisi layang-layang. Perlombaan layang-layang dengan berbagai kategori, dari layang-layang hias hingga layang-layang adu kekuatan untuk merebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X.
  • Fly pass pesawat fixed wing dan trike. Menampilkan atraksi udara yang menegangkan sekaligus menakjubkan dari pesawat fixed wing dan trike yang akan terbang melintasi langit Pantai Parangkusumo.
  • Aeromodelling. Pameran dan demonstrasi dari komunitas aeromodelling yang akan menampilkan replika pesawat terbang dengan berbagai ukuran dan bentuk yang dapat terbang di udara.
  • Kite surfing. Menampilkan para peselancar layang yang menunjukkan keahliannya dalam mengendalikan layang-layang di udara sembari berselancar di atas ombak Pantai Parangkusumo.
  • Eksebisi layang-layang malam. Akan menampilkan keindahan layang-layang yang diterangi oleh lampu warna-warni ketika malam hari. Sehingga menciptakan pemandangan spektakuler di langit malam.
  • Pencatatan Rekor MURI untuk penerbangan 99 Tray Naga secara bersamaan. Sejarah terukir ketika 99 layang-layang dengan bentuk naga diterbangkan secara bersamaan dalam usaha pemecahan Rekor MURI.
  • Bazar. Menawarkan beragam produk unik dan menarik di bazar yang diadakan selama festival. Di sini bisa menemukan kerajinan tangan, aksesori, hingga mainan layang-layang.
  • Kuliner. Akan terdapat banyak penjual lokal yang menjajakan makanan khas Yogyakarta yang menggugah selera dan bisa dinikmati sambil menyaksikan kompetisi layang-layang.

Nah, demikianlah sekilas tentang Jogja International Kite Festival yang akan kembali hadir menyapa penggemar layang-layang di tahun 2024 ini. JIKF tidak hanya menawarkan festival yang menarik tetapi juga edukatif. 

Sehingga menjadikannya sebagai event yang sempurna untuk didatangi bersama keluarga, teman, atau siapa saja yang ingin menikmati keindahan seni di langit Yogyakarta. Jadi, tertarik untuk menikmati Jogja International Kite Festival 2024?