Rumah Pesik Kotagede
Rumah Pesik Kotagede

Kotagede dan Wisata Tempo Dulu

Diposting pada

Yogyaku – Kotagede cocok bagi penggemar street photography yang membutuhkan spot untuk konten foto, ditempat ini ada spot yang keren banget berikut tempatnya.

Ingin mengambil foto dengan nuansa klasik ? Datang saja ke Kotagede, sejumlah bangunan berdiri kokoh sejak ratusan tahun lalu masih dengan arsitektur lamanya.

Kesan antik dan tradisonal memang sudah melekat di daerah yang terkenal sebagai pusat kerajinan silver ini.

Hal itu semakin diperkuat dengan keramahtamahan warga lokal yang masih tidak berubah meski diburu kemajuan zaman.

Jika, melipir (mampir) ke Kotagede, maka perjalanan vakansi Anda kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi beberapa spot menarik berikut ini.

3 Destinasi Wisata Tempo Dulu di Kotagede.

Masjid Agung Kotagede

Masjid Agung Kotagede
Sumber : kratonpedia.com

Masjid tertua di Kota Jogjakarta ini memiliki karakteristik bangunan yang unik dan istimewa. Bangunannya mengusung perpaduan antara gaya arsitektur kerajaan Jawa dan gapura Paduraksa.

Sejak Masjid dibangun pada tahun 1640 oleh Sultan Agung dan kawan – kawan, Masjid ini merepresentasikan toleransi Sultan Agung kepada umat Buddha dan Hindu yang turut ambil bagian dalam proses pembangunan Masjid Agung Kotagede.

Memasuki halaman masjid, Anda akan melihat sebuah tulisan hijau setinggi kurang lebih 3 meter yang berisi informasi bahwa Masjid sempat direnovasi oleh Paku Buwono.

Hingga kini , Masjid masih aktif dan sering disambangi orang – orang terutama mendekati waktu sholat dan juga bisa sebagai tempat Ziarah.

Lokasi Masjid Agung Kotagede berada di Jalan Watu Gilang, Kotagede, Jogjakarta.

Lokasinya tidak juah dari pusat kota Yogyakarta, untuk mendatanginya Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum atau bisa juga menyewa mobil untuk berkeliling.

Pasar Legi Kotagede.

Pasar Legi Kotagede
Sumber : google

Pasar Legi Kotagede membawa nilai historis yang erat kaitannya dengan Kerajaan Mataram Islam di bawah masa pemerintahan Panembahan Senopati.

Sebagai bagian dari Catur Gatra Tunggal, Pasar Legi menjadi unit penting bagi Kota Jogjakarta selain Kraton, Alun – Alun dan Masjid.

Pasar menjadi tempat berputarnya ekonomi daerah yang dipraktikkan dalam aktivitas jual beli. Tak heran, jika pasar Legi akan dipenuhi dengan ratusan pengunjung yang ingin berbelanja setiap harinya.

Meskipun telah berulang kali dipugar, namun gaya arsitektural bangunan Pasar Legi tidak jua berubah apalagi berpindah posisi.

Dengan demikian, anda bisa menikmati suasana tempo dulu di pasar Legi sambil mencicipi aneka jajanan yang merupakan kuliner khas Jogja yang ditawarkan di sepanjang labirin pasar.

Jogja juga masih sama dengan yang dulu, masih dengan ciri khas jajanan pasar yang tidak hanya nikmat namun juga murah meriah. Membawa Rp. 10.000 saja, anda sudah bisa menyantap seporsi Soto Kemasan.

Kuliner Jogja yang perlu Anda Coba

Jalan – jalan sambil mengenyangkan perut tentu menyenangkan bukan ?

Pasar Legi Kotagede berada di Jalan Mentaok Raya, Purbayan, Kotagede, Jogjakarta.

Rumah Pesik Mataram Islam

Rumah Pesik Mataram Islam
Sumber : blog.gogonesia.com

Apa Anda pernah mendengar soal pemukiman unik di Anafiotika, Athena yang menjadi magnet pariwisata negara Yunani ?

Tidak hanya Yunani, Jogja juga mempunyai bangunan rumah antik yang tidak kalah cantik dengan pemukiman Anafiotika, misalnya saja Rumah Pesik.

Bangunan beton ini sarat akan ornamen – ornamen khas Kerajaan Mataram Islam di sepanjang permukaan dinding dan pintunya.

Dengan warna monokrom hijau & putih serta abu – abu & putih, bangunan ini bisa jadi spot menarik bagi pecinta selfie.

Bangunan tersebut adalah hasil dari perpaduan gaya arsitektural Islami yang dipadukan dengan budaya Jawa dan Belanda sehingga semakin menarik perhatian.

Hal itu pula yang menjadi sebab mengapa banyak wisatawan berhenti sejenak untuk berfoto di depan bangunan yang kaya akan motif kerajaan tersebut. Anda tertarik juga ?

Rumah Pesik Mataram Islam berada di Jalan Mondorakan, Gang Soka No.3 B, Banguntapan, Bantul, Jogjakarta.

Pergi Sekarang ?

Tertarik menjelajahi kota tua Jogja dan segala keunikannya ? Sewa mobil saja !

Menyewa mobil akan membantu anda menjelajahi kota Jogja dengan nyaman. Apalagi jika anda membawa serta anak dan istri pergi berwisata, tentu mobil bisa jadi pilihan yang tepat ketimbang motor.

Selain itu, menyewa mobil di Rental Mobil Jogja juga lebih menguntungkan, lho. Karena selain menghemat biaya, anda juga diberikan opsi yang beragam.

Mulai dari sewa mobil tanpa supir, sewa mobil dengan supir, paket wisata, dan lain sebagainya. Anda bebas memilih yang mana saja, kok.

Jadi, kapan nih berangkatnya ?

Wisata Jogja Menarik Lainnya:

Jika Anda membutuhkan informasi lain seputar souvernir unik bertemakan alat transportasi dapat mengunjungi JF Autowear.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.