Mengenal Batiki Jannati dan Produk Batik Unggulannya

Perkembangan zaman menuntut setiap pelaku produsen batik untuk melakukan berbagai inovasi terhadap produk batik yang dihasilkan. Produk batik yang dihasilkan harus mampu menjawab keinginan dan kebutuhan konsumen. Karena dewasa ini batik bukan lagi sesuatu hal yang baru dan sulit dimiliki oleh banyak orang. Disisi lain, jenis pakaian selain batik banyak bermunculan tentu ini menjadi sebuah tantangan bagi pelaku produsen khususnya batik agar mampu bertahan.

Kita patut berbangga, memiliki warisan batik klasik yang kaya dengan filosofi di balik pola-polanya yang agung dan menawan. Namun sebagai generasi penerus, sudah selayaknya Kita terus melestarikan dan mengembangkan batik. Begitupun yang dilakukan oleh Batiki Jannati

Mengenal Batiki Jannati

Batiki Jannati adalah brand batik kontemporer dengan desain-desain custom sesuai permintaan konsumen. Di Setiap motif yang dimiliki oleh Batiki Jannati mengandung makna filosofi Islam. hal inilah yang membedakan Batiki Jannati dengan brand batik pada umumnya. Memaknai Batik tidak sekedar memaknai soal teknis pembuatan dan apa yang kasat mata terlihat. Namun, memaknai sesuatu yang ada di balik batik tersebut.

Batik Motif Panotogomo Sidomukti dan Gorga Panggomgom Islam, Sumber: Batikijannati.com

Maka ketika Kita membaca kata “BATIK” dengan cara dibalik, dibaca dari kanan, maka Kita akan menemukan kata “KITAB“ yang tersembunyi dalam kata tersebut. Kitab adalah sebuah sumber pembelajaran dan ilmu pengetahuan. Oleh karenanya, mengenakan Batik tidak sekedar style dan fashion semata. Tetapi menyematkan kebijaksanaan di kulit dan badan. Hadir dalam produk-produk Batiki Jannati yang siap menjadi pakaian Anda. Sebuah pakaian yang tidak hanya membungkus badan, tetapi juga mengandung sejuta kebijaksanaan. 

Sejarah Batiki Jannati

Sejarak Batik brand Batiki Jannati berawal dari 2 orang yang sama-sama menyukai seni dan tergabung dalam sebuah jejaring seniman muslim KHAT. Dua orang tersebut bernama Doni Riw dan Aruman. Doni Riw adalah seorang penulis yang giat mengabdikan tulisan untuk dakwah. Sedangkan Aruman adalah seorang dosen batik di sebuah Institut Seni ternama di Yogyakarta yakni Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Aruman sangat piawai membuat desain-desain batik kontemporer yang terinspirasi dari motif klasik Nusantara. Hal luar biasa yang dimiliki oleh Aruman adalah menyematkan kaligrafi arab yang menyatu dengan ornamen Nusantara tersebut. Dari desain-desain Aruman itulah, Doni Riw dan Aruman mencoba membangun brand Batiki Jannati.

Batiki Jannati menjadi sebuah brand batik yang mendedikasikan diri untuk menyematkan filosofi-filosofi Islam ke dalam karya batik. Desain motif batik kaligrafi Batiki Jannati menjadi citra visual dari keindahan fikrah Islam. Sekaligus menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri dari Batiki Jannati.

Produk Batik Unggulan Batiki Jannati

Batik Jannati menyediakan berbagai produk seragam batik eksklusif dengan desain custome atau sesuai keinginan konsumen seperti seragam daerah, seragam instansi, seragam sekolah, seragam umroh, seragam perusahaan, seragam komunitas, dan seragam lainnya. Batiki Jannati juga menyediakan produk batik unggulan dengan motif yang khas dan filosofi yang bermakna didalamnya, meliputi:

1. Batik Motif BornNeo

Motif BornNeo dikembangkan dari motif klasik Kalimantan bernama “Batang Kaharingan” alias Pohon Kehidupan. Motif ini melambangkan hubungan vertikal antara manusia dengan Sang Pencipta, sekaligus hubungan antara sesama manusia. Hubungan sesama manusia ini juga mengikuti aturan dari Allah Ta’ala Sang Pencipta alam semesta seisinya.

Seragam Batik Motif BornNeo, Sumber: Batikijannati.com

Batiki Jannati mengembangkan motif Batang Kaharingan ini dan memberinya nama BornNeo. Kata BornNeo dikembangkan dari kata Borneo, yang merupakan nama lain dari Kalimantan. BornNeo atau Born Neo, adalah kelahiran kembali. Dalam hal ini adalah kelahiran kembali kesadaran manusia untuk terikat kepada Sang Pencipta baik dalam membangun kehidupan sesama manusia dan dirinya sendiri.

2. Batik Motif Panotogomo Sidomukti

Motif Batik Klasik Sidomukti adalah motif pedalaman Jawa, yaitu Yogyakarta dan Surakarta. Nama Sidomukti sendiri adalah gabungan dari dua kata “Sido” dan “Mukti”. “Sido” artinya adalah tercapai atau terlaksana. Sedangkan “Mukti” berarti mulia. Bukan semata-mata mulia karena harta dan tahta, namun mulia karena menjadi bermanfaat bagi banyak orang.

Batiki Jannati mengembangkan motif klasik Sidomukti menjadi motif Panotogomo Sidomukti. Panotogomo adalah salah satu gelar Sultan di tanah Jawa. “Ngarso Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengkubuwono Senopati ing Ngalogo Abdurrahman Sayidin Panotogomo Khalifatullah ing Tanah Jowo”. Panotogomo bermakna bahwa Sultan mengatur negaranya dengan agama Islam.

Dalam motif Panotogomo Sidomukti ini Batiki Jannati hendak menyampaikan bahwa ketika negara diatur dengan Islam, maka negara tersebut akan mencapai tingkatan Mukti. Tidak hanya kaya secara harta, dihormati oleh bangsa lain, namun juga menjadi Rahmat bagi seluruh alam.

3. Batik Motif Gorga Panggomgom Islam

Motif Gorga adalah motif klasik Batak Toba. Dengan lengkung-lengkung yang indah, serta menggunakan warna kuat yang disebut tiga bolit yakni hitam, putih, dan merah. Motif Gorga ini muncul sejak masyarakat Batak mengenal sistem pemerintahan. Oleh karena itu, Batiki Jannati mengembangkan motif Gorga ini menjadi motif Gorga Panggomgom Islam.

Panggomgom adalah bahasa Batak yang bermakna pemerintahan yang mengayomi. Secara lengkap, motif Gorga Panggomgom Islam bermakna bahwa dengan nilai-nilai Islam, pemerintahan melakukan tugas untuk mengayomi masyarakat. 

Filosofi dan motif dari brand Batik Jannati di atas sangat cocok untuk dijadikan sebagai topik seminar yang menarik karena dibalik filosofi dan motif brand Batik Jannati mengandung makna tentang Agama dan Budaya. Bagaimana Agama dan Budaya bisa dihubungkan dengan semestinya.

Alasan Memilih Produk Batiki Jannati

Memilih produk batik dengan brand Batiki Jannati bukan tanpa alasan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengapa harus memilih Batiki Jannati sebagai brand pilihan batik Anda, yakni:

1. Desain Custom

Batik seragam biasanya menggunakan motif pasaran yang sekedar menempel logo instansi, sehingga terkesan tidak independen. Namun, Batiki Jannati mampu mencipta desain khusus dengan mengangkat ciri khas instansi Anda, sehingga motif batik yang dihasilkan terlihat lebih profesional dan independen.

Jersey Batik Custome, Sumber: Batikijannati.com

2. Desain Berkelas

Motif-motif batik brand Batiki Jannati diciptakan langsung oleh ahli batik fashion profesional, sehingga brand Batiki Jannati selalu menghasilkan batik yang berkelas.

3. Pilihan Teknik Batik Beragam

Batiki Jannati menguasai berbagai macam teknik pembatikan. Mulai dari batik tulis yang eksklusif, batik cap yang efektif, batik printing manual yang ekonomis, bahkan batik printing digital yang praktis. Berbagai teknik tersebut dikerjakan oleh tenaga ahli yang berpengalaman di bidang masing-masing. Sehingga Anda dengan bebas memilih teknik pembuktian yang Anda inginkan.

4. Jaminan Kualitas

Batik seragam produksi brand Batiki Jannati dari Batik Tulis, Batik Cap, maupun Batik Printing, dijamin tidak luntur. Karena warna sudah dikunci dengan teknik yang tinggi. Tentu menjadikan kualitas dari brand Batiki Jannati terjamin.

Lokasi

Lokasi Batiki Jannati tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta, sekitar 23 menit ke arah selatan dari pusat Kota Yogyakarta. Tepatnya berada di Depan Gapura Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yakni di Jalan Parangtritis KM 6,5, RW. 05, Dusun Glondong, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, itulah ulasan mengenai Batiki Jannati, apabila Anda penasaran dengan brand batik dari Batiki Jannati bisa langsung mengunjungi outletnya atau bisa mengunjungi websitenya. Semoga informasi yang Kami berikan dapat bermanfaat untuk Anda.