Menelisik Misteri Makam Raja Imogiri yang Banyak Dipertanyakan

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Yogyakarta memang terkenal menjadi salah satu kota yang kental dengan budaya dan tradisinya. Namun, beberapa budaya yang dipertahankan tersebut juga mau tidak mau dihubungkan dengan beberapa misteri dan mitos di Jogja, salah satunya adalah misteri Makam Raja Imogiri.

Meski sering kali dianggap seram dan menakutkan bagi sebagian orang, namun tidak sedikit pula orang yang menganggap bahwa misteri pada sebuah tempat menjadi obrolan yang mengasyikkan. Bahkan hingga mencari tahunya secara mendalam demi memuaskan rasa penasarannya.

Nah, bagi Sedulur Yogyaku yang juga memiliki rasa penasaran serupa, berikut beberapa informasi tentang misteri Makam Raja Imogiri yang sampai saat ini masih menjadi perbincangan.

Mengenal Makam Raja Imogiri, Salah Satu Tempat Misterius yang Ada di Jogja 

Makam para raja Imogiri, Sumber: kompas.com
Makam para raja Imogiri, Sumber: kompas.com

Bagi yang belum tahu, makam Raja Imogiri merupakan kompleks makam yang dikhususkan bagi Raja-Raja Mataram Islam sekaligus dengan keturunannya, yakni para Raja yang bertahta di Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta.

Seperti yang dibayangkan, kompleks makam ini bisa dikatakan cukup sederhana, dan ada tangga di bagian tengahnya. Ketika menyusuri tangga, di bagian kiri dan kanan akan ditemukan cukup banyak makam, yang dibiarkan secara sederhana pula.

Nama Imogiri ini diambil dari kata hima yang memiliki arti kabut, dan kata giri yang memiliki arti gunung. Nama tersebut sengaja dipilih karena sesuai dengan letaknya yang berada di atas bukit, sehingga pada waktu tertentu akan terlihat seperti gunung yang sedang diselimuti oleh kabut.

Kompleks makam Raja Imogiri ini mulai dibangun pada masa pemerintahan Sultan Agung, yang merupakan penguasa Kerajaan Mataram Islam. Waktu yang dibutuhkan untuk membangun pemakaman ini cukup lama, yakni memakan waktu mulai dari tahun 1607 hingga tahun 1645.

Mengulik Sejarah Panjang Makam Raja Imogiri 

Sejarah dari makam raja Imogiri, Sumber: kompas.com
Sejarah dari makam raja Imogiri, Sumber: kompas.com

Bukan rahasia lagi jika banyak sekali situs di Yogyakarta yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Bahkan, sejarah tersebutlah yang biasanya memberikan nilai lebih pada sebuah tempat atau situs tertentu.

Makam Imogiri atau yang sering juga disebut dengan Pasarean Imogiri juga ternyata memiliki sejarah yang tidak kalah menarik. Dimana, pada tahun 1632, Sultan Agung yang merupakan Raja Mataram Islam ketiga sedang mencari tanah yang cocok untuk dijadikan kompleks pemakaman.

Setelah pencarian yang cukup panjang, akhirnya Sultan Agung menemukan tempat yang dianggap cocok melalui sarana pasir yang dibawa khusus dari Arab. Kemudian, masih di tahun yang sama, pembangunan pemakaman ini pun langsung dimulai. Pemakaman ini pun menjadi tempatnya dimakamkan bersama dengan para istrinya.

Beberapa Legenda dan Misteri Makam Raja Imogiri yang Masih Sering Diperbincangkan 

Misteri mengenai makam raja-raja Imogiri, Sumber: promediateknologi.id
Misteri mengenai makam raja-raja Imogiri, Sumber: promediateknologi.id

Selain kisah Makam Ratu Malang, legenda dan misteri tentang pemakaman Raja Imogiri juga cukup menarik untuk disimak. Sebab memang, orang Indonesia terkenal cukup menyukai cerita atau kisah yang terkadang tidak bisa diterima oleh akal dan logika.

Nah, berikut beberapa legenda dan misteri yang melekat pada makam Raja Imogiri.

1. Ratusan Anak Tangga dan Bisa Mengabulkan Permintaan

Salah satu daya tarik utama dari pemakaman ini adalah adanya anak tangga yang cukup tinggi. Menaiki anak tangga ini bukanlah perkara yang mudah, sebab selain ada lebih dari 400 anak tangga, kemiringannya juga mencapai 45 derajat.

Namun, masyarakat setempat percaya bahwa siapa saja yang menaikinya dan bisa menghitung anak tangganya dengan benar, maka setiap keinginannya akan bisa dikabulkan.

Masyarakat juga percaya bahwa jumlah anak tangga ini bisa berubah-ubah bagi setiap orang yang menghitungnya. Meski sebagian orang berpikir hal ini dikarenakan faktor kelelahan, namun tidak sedikit juga yang percaya bahwa hal ini dipengaruhi oleh kekuatan magis.

2. Pintu Misterius

Salah satu misteri Makam Raja Imogiri yang paling sering disebutkan adalah adanya pintu tak kasat mata di tempat ini. Banyak orang yang percaya bahwa disini ada pintu yang bisa membawa siapa yang berani masuk ke dalam alam gaib.

Namun, tentu tidak semua orang bisa menemukan dan memasuki pintu misterius ini. Hanya mereka yang memiliki kekuatan spiritual dan keberanian yang tinggi yang bisa melewatinya.

3. Bisa Mendatangkan Hal-Hal Buruk

Karena dipercaya memiliki kekuatan magis yang kuat, maka tidak sedikit orang yang datang kesini dengan maksud tertentu, bahkan maksud yang tidak baik. Namun, hal itu malah bisa mendatangkan musibah atau hal buruk lainnya.

Sampai saat ini, ada cukup banyak orang yang menceritakan pengalamannya sendiri, dimana mereka yang datang untuk mendapatkan sesuatu malah mendapatkan musibah yang mengerikan. Mulai dari sakit, kecelakaan, hingga kematian.

Selain dari misteri yang sudah disebutkan tadi, sebenarnya masih ada beberapa misteri Makam Raja Imogiri yang juga sering diperbincangkan. Seperti adanya makhluk gaib yang tinggal disini, para penjaga yang setia bahkan setelah mereka meninggal dunia dan lain sebagainya.

Alamat dan Tiket Masuk Makam Raja Imogiri

Alamat Makam Raja Imogiri, Sumber: jogjarafira.com
Alamat Makam Raja Imogiri, Sumber: jogjarafira.com

Bagi Sedulur Yogyaku yang penasaran dengan tempat ini, maka bisa langsung mendatanginya di Pajimatan, Karang Kulon, Wukirsari, Kec. Imogiri Kab. Bantul, Yogyakarta.

Untuk memasuki tempat ini, ada harga tiket yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Namun tidak perlu khawatir, sebab tiketnya hanya mulai dari Rp. 5.000 saja untuk pintu masuk pertama.

Itulah informasi tentang misteri Makam Raja Imogiri, salah satu tempat yang kerap kali dianggap horror, namun ternyata memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi. Sebagai rakyat Indonesia yang baik, mengenal tempat hingga tradisi menarik seperti Nawu Sendang Seliran tentu akan memberikan perasaan bangga yang lebih dalam.

Jadi, apakah Sedulur Yogyaku berani untuk berkunjung ke tempat misterius yang satu ini?