Pameran ArtJog 2024 Segera Digelar, Kapan Waktunya?

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Sudah ada sejak beberapa tahun lalu, Pameran ArJog menjadi salah satu event paling menarik dan disukai oleh masyarakat sekitar Jogja. Tidak hanya anak muda, namun banyak pula kaum dewasa hingga tua yang sengaja meluangkan waktu untuk bisa berkunjung kesini.

Sudah menjadi event tahunan, tidak heran jika Festival ArtJog 2024 sudah kian bergaung mulai dari sekarang, meskipun penyelenggaraannya masih beberapa bulan lagi. 

Bagi Sedulur Yogyaku yang tahun lalu belum sempat mengunjungi festival satu ini, berikut informasi terbaru mengenai Pameran ArtJog tahun 2024 nanti!

Mengenal ArtJog, Tempat Kreasi dan Ekspresi Para Seniman 

Event ArtJog, Sumber: indonesia.travel
Event ArtJog, Sumber: indonesia.travel

Menurut ArtJog sendiri, ArtJog ialah peristiwa seni yang memiliki peran sebagai tempat pertemuan bagi ide baru dalam kreativitas dan kesenian. Selanjutnya, event ini juga berfungsi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang perkembangan seni terbaru.

Tidak serta merta ada, ArtJog berada di bawah naungan Yayasan Hita Pranajiwa Mandaya. Sebuah yayasan yang sudah cukup terkenal untuk perannya dalam bidang seni dan yang masih berhubungan.

Secara umum, ArtJog merupakan acara pameran seni kontemporer. Seperti nama yang disematkan pada ujungnya, pameran ini dilaksanakan di Jogja, dan biasanya digelar selama satu bulan penuh.

Bukan sekadar pameran seni biasa, namun ArtJog dianggap sebagai salah satu barometer untuk seni kontemporer di Indonesia. Dimana mereka selalu menghadirkan seniman dengan berbagai keahlian dari dalam dan juga luar negeri.

Selain itu, jeins karya seni yang ditampilkan disini juga bukan hanya sekadar lukisan saja. Masih ada jenis karya seni yang bisa dipandangi lekat-lekat, seperti patung, fotografi, kriya, pertunjukan, film, instalasi dan lain sebagainya.

Setiap tahunnya, ArtJog juga menyajikan instalasi seni yang out of the box, yang membuat mata siapa saja yang memandangnya seakan takjub tak percaya.

Untuk tahun 2023 lalu, beberapa instalasi seni yang sukses memukau pengunjung adalah The Archeology Story dari Ugo Untoro, Langkah-Langkah dari Valerie, Kayon Panutup dari Gegerboyo dan lain sebagainya.

Mengulik Sejarah ArtJog, Proses Panjang yang Tak Mengecewakan 

Sejarah event ArtJog, Sumber: tempo.co
Sejarah event ArtJog, Sumber: tempo.co

Di awal kemunculannya, ArtJog merupakan bagian dari acara Festival Kesenian Yogya (FKY). Karena dianggap menarik dan memiliki banyak  kesan baik, barulah di tahun 2010 ArtJog hadir sebagai acara sendiri membawa nama ArtJog.

Sejak awal muncul secara solo, pameran ini sukses menarik perhatian dan minat warga sekitar. Bahkan bagi mereka yang tidak terlalu minat dengan dunia seni sebelumnya. Hal ini ditandai dengan tiket ArtJog yang selalu dicari.

Bahkan, bisa dikatakan kesuksesan ArtJog ini melampaui beberapa event pameran seni yang sudah pernah diselenggarakan sebelumnya. Namun di sisi lain juga menginspirasi seniman lain untuk menggelar pameran seni lainnya yang tidak kalah menarik.

Awalnya, ArtJog diprakarsai oleh seorang art manajer bernama Heri Pemad, alumni Seni Lukis ISI Yogyakarta yang sudah berkecimpung cukup lama dalam dunia seni dan pameran.

Masih menjabat sebagai CEO ArtJog hingga kini, Heri Pemad yang memiliki visi panjang untuk ArtJog juga menggandeng Bambang Toko Wijtaksono sebagai kurator. Hasilnya, kolaborasi keduanya berhasil membawa nama ArtJog semakin besar hingga kini.

Pesona ArtJog, Tempat Terbaik Untuk Healing dan Hilang

Pesona dan daya tarik ArtJog, Sumber: nyatanya.com
Pesona dan daya tarik ArtJog, Sumber: nyatanya.com

Tentu bukan tanpa alasan mengapa ArtJog selalu menjadi salah satu event tahun yang paling ditunggu-tunggu. Bukan hanya sekadar menghadirkan instalasi seni untuk gaya-gayaan, namun ada nilai lain yang coba mereka tawarkan.

Setiap seniman yang memajang karyanya disini akan menghadirkan tema tersendiri. Dalam setiap karya seni tersebut, ada cerita, nilai hingga harapan dari setiap pembuatnya.

Meski sudah menjadi salah satu pameran yang paling ikonik, ArtJog tetap memberikan kesempatan bagi seniman baru selama mereka merasa tema dan nilai yang disematkan pada karya seninya menarik.

Contohnya, ada beberapa seniman yang dipilih langsung oleh manajemen mereka. Namun ArtJog juga memberikan ruang khusus bagi siapa saja yang ingin ikut serta dalam gelaran akbar ini.

Festival ArtJog 2024, Kapan Mulai Digelar?

Sosialisasi ArtJog 2024, Sumber: x.com/artjog
Sosialisasi ArtJog 2024, Sumber: x.com/artjog

Menurut informasi resmi dari akun Instagram ArtJog, pameran karya seni ini akan mulai digelar pada tanggal 24 Juni 2024. Di tahun 2024 ini, tema yang dipilih ialah Motif: Ramalan.

Tema tersebut tentu memberikan tanda tanya dan penasaran yang mendalam bagi Sedulur Yogyaku yang berencana untuk hadir ke sini. Namun, tentu Sedulur Yogyaku masih harus bersabar karena masih akan digelar beberapa bulan lagi.

Saat ini, pihak ArtJog masih membuka kesempatan bagi seniman dimanapun untuk mendaftarkan diri dan bergabung dalam event ini. Namun, tentu ada banyak proses dan tahapan yang harus dilalui hingga akhirnya terpilih dan bisa memajang karya seninya disini.

Pendaftaran bagi seluruh seniman yang ingin ikut bergabung dalam pameran ArtJog 2024 ini dibuka sampai tanggal 31 Maret 2024. Itu artinya, Sedulur Yogyaku yang berkeinginan untuk mendaftar masih memiliki cukup waktu untuk mengikut setiap prosesnya.

Selain itu, untuk lokasi acara ArtJog 2024 juga masih belum diumumkan secara resmi. Namun, mengingat acara ini merupakan acara yang sangat dinantikan, sepertinya tidak akan lama lagi detail acara akan segera diumumkan.

Kontak dan Pusat Informasi ArtJog 2024

Sebagai informasi tambahan, Sedulur Yogyaku bisa terus memantau perkembangan informasi tentang pameran Artjog ini di beberapa situs resminya. Seperti di akun Instagram @artjog.id. Sedangkan untuk alamat kantor Artjog ada di Soboman No. 234 RT 06 DK.X Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Itulah beberapa informasi mengenai pameran Artjog yang bisa Sedulur Yogyaku ketahui saat ini. Jika Sedulur Yogyaku sedang mencari informasi event menarik lain seperti pameran komputer Jogja dan Jogjarockarta, maka bisa langsung mengaksesnya di laman Yogyaku.

Eksplorasi konten lain dari Yogyaku.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca