Pantai Kukup Di Jogja : Spot Wisata Yang Instagramable

Pantai Kukup di Jogja menjadi destinasi wisata yang sangat cocok bagi Anda pecinta alam. Rekreasi bersama keluarga atau teman dekat di sini akan menyuguhkan pengalaman yang baru dan unik. Pasalnya spot wisata ini disebut sebagai destinasi instagramable milik Gunung Kidul, Yogyakarta.

Seperti yang diketahui, di berbagai kota besar di Indonesia, sangat jarang dijumpai spot wisata alam seperti pantai. Pasalnya tidak semua daerah bersampingan dengan laut. Sehingga saat ini lebih banyak dijumpai destinasi wisata hanya berupa mall atau taman bermain keluarga.

Untuk itu, keberadaan pantai bagi sebuah daerah merupakan keniscayaan yang patut disyukuri. Termasuk pantai kukup yang menjadi pokok pembahasan pada artikel ini. Yogyakarta atau Gunung Kidul sendiri menjadi daerah yang beruntung karena terletak di samping laut selatan.

Sebagai informasi awal, pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Saking ramainya, para pengunjung perlu berjalan hingga (Kurang lebih) 300 m dari tempat parkiran menuju lokasi pantai.

Mungkin sebagian orang akan merasa capek ketika diminta berjalan sejauh itu. Namun tentu saja lelah yang sementara itu akan terbayarkan dengan keindahan Pantai Kukup di Jogja.

Anda juga tidak perlu risau dengan kontur jalan dari tempat parkir ke lokasi pantai karena jalanan menuju pantai sudah sangat layak, dan tentunya memudahkan serta memberi rasa nyaman pada para pengunjung. Tak hanya sampai disitu saja, di sepanjang perjalanan menuju pantai, para pengunjung akan menikmati sisi lain dari suasana pantai kukup.

Selayang Pandang Pantai Kukup Di Jogja

Pantai Parang Tritis mungkin jadi pantai yang paling banyak diketahui oleh masyarakat luas sebagai pantai tujuan wisata bila ke Jogja. Padahal selain itu, ada Pantai Kukup yang panorama dan keindahannya tidak kalah memukau ketimbang Parang Tritis.

Ilustrasi keramaian Pantai Kukup
Ilustrasi keramaian Pantai Kukup. Sumber : Istockphoto.com

Jika Anda melakukan kunjungan ke pantai kukup pada siang hari, Anda akan merasakan nuansa pepohonan rindang nan sejuk yang disertai dengan angin sepoi-sepoi di tepian pantai. Hal ini tentunya memberikan sensasi tersendiri. Terlebih lagi jika bisa dinikmati bersama keluarga tercinta atau orang terdekat. 

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin bersantai, juga disediakan tikar yang bisa di-sewa. Sekarang coba bayangkan betapa asiknya ketika bersantai sambil beralaskan tikar, dan di saat yang sama menikmati sejuknya angin di bawah pepohonan nan rindang. Ini adalah pengalaman berlibur yang sangat menyenangkan! Anda pasti akan betah!

1. Pulau Jumino

Jika masih belum puas dengan pantainya, Anda juga bisa berjalan ke salah satu sudut pantai Kukup Jogja ini. Yakni pulau Jumino, yang merupakan karang besar nan kokoh yang menjorok ke laut. Diantara pantai kukup dan pulau tersebut terbentang jembatan penyebrangan yang sering digunakan oleh para pengunjung.

Dan kabar baiknya, Anda tak perlu takut dengan kondisi jembatan tersebut, karena telah dibuat dengan cukup bagus. Alhasil, para pengunjung akan aman dan nyaman melewatinya. Selanjutnya, Anda tentunya akan bertanya-tanya, Memangnya apa saja yang bisa dinikmati di pulau Jumino tersebut?

Pantai Kukup Di Jogja : Spot Wisata Yang Instagramable
Pulau Jumino, Pantai Kukup. Sumber : Istockphoto.com

Well, tentunya para pengunjung yang datang bisa menikmati panorama keindahan laut pantai kukup di sebuah gardu pandang. Ini adalah salah satu spot yang digemari oleh banyak pengunjung. Dan agaknya Anda pun akan menyukainya.  

Ya, ketika memancing dan bersantai, Anda akan menyaksikan deburan ombak yang menghantam karam. Ini merupakan salah satu pemandangan alam yang indah, dan kerap menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang datang. Selain itu, dari ketinggian ini pula, para pengunjung juga bisa melihat para nelayan yang sibuk menankap ikan.

2. Lokasi Pantai Kukup

Nah, lokasi Pantai Kukup sendiri terletak di Jl. Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta – 55000. Anda yang sedang berada di Jogja, bisa berkunjung ke pantai ini dengan menggunakan jasa sewa mobil murah di Jogja dengan atau tanpa sopir.

Jalan menuju lokasi bagus dan tidak perlu dikhawatirkan. Anda juga bisa berkunjung ke destinasi wisata lain setelahnya. Sebab, Pantai Kukup terletak tidak jauh dari spot wisata lain yang dimiliki oleh Gunung Kidul.

3. Spot Instagramable Di Pantai Kukup

Pantai Kukup Di Jogja : Spot Wisata Yang Instagramable
Ilustrasi Pantai Kukup. Sumber : Istockphoto.com

Terakhir, yang juga dinantikan oleh para pengunjung kebanyakan adalah bisa mengabadikan momen (berfoto) di berbagai spot instagramable yang ada. Jika Anda sudah bosan dengan rutinitas suasana kota yang sudah sangat padat dan tercemar, berlibur ke pantai kukup merupakan pilihan yang tepat.

Berfoto di Pulau Jumino dan batuan besar karangnya, berfoto di pantai dengan background langit biru dan luas, mengambil titik tengah objek foto diantara banyak pengunjung lainnya, tentu saja ini jadi ide foto yang keren dan instagramable untuk Anda.

Biaya yang dikeluarkan untuk menikmati destinasi ini rasanya terlalu ringan jika dibandingkan dengan hasil yang didapat. Dari info yang didapat, biaya masuk ke pantai kukup ini hanya Rp. 10.000. Cobalah datang kesana dan nikmati sensasi wisata pantai dengan pengalaman yang baru.

Selain Pantai Kukup, Jogja khususnya Gunung Kidul masih menyuguhkan spot wisata lain yang tak kalah keren. Setidaknya selain Malioboro dan wisata candi, Anda perlu mengunjungi 7 tujuan wisata di Jogja yang biasa jadi referensi liburan bersama keluarga.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan, dan silahkan di-share agar semakin banyak orang yang tahu. Jangan lupa juga kunjungi website kami dan temukan artikel menarik lainnya. Terima kasih.[]