7 Sentra Pengrajin Tembaga Jogja Dan Sekitarnya Yang Bisa Anda Jelajahi 

Photo of author

Ditulis oleh Thoriq Al Fatih

imani amini

Perlu kita ketahui bahwa Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kerajinan dari tembaga. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan pengrajin tembaga jogja yang memiliki keterampilan secara turun temurun yaitu diwariskan oleh orang-orang sebelumnya atau dari generasi ke generasi.

Kerajinan tembaga masih eksis di Jawa Tengah khususnya di Jogja sampai sekarang ini karena keterampilan dari pengrajin yang diperoleh dari warisan generasi sebelumnya. Tentunya keterampilan tersebut lambat laun akan terus terasah sehingga akan menghasilkan kerajinan logam yang pastinya memiliki nilai jual yang tinggi.

7 Sentra Pengrajin Tembaga Jogja dan Sekitarnya

Banyak sekali pengrajin tembaga yang berada di Jawa Tengah namun tidak semua daerahnya merupakan penghasil kerajinan dari logam tersebut. Daerah penghasil kerajinan dari tembaga yang terkenal yaitu Boyolali dan juga Yogyakarta. Berikut ini beberapa sentra pengrajin logam tembaga yogyakarta dan sekitarnya yang bisa Anda datangi.

1. Roemah Tembaga

7 Sentra Pengrajin Tembaga Jogja Dan Sekitarnya Yang Bisa Anda Jelajahi 
Ilustrasi pengrajin tembaga. Sumber: Istockphoto.com

Tempat kerajinan tembaga pertama yang bisa Anda kunjungi adalah pengrajin tembaga Boyolali lebih tepatnya yaitu Roemah Tembaga yang berada di daerah Boyolali, Jawa Tengah. Tempat ini menawarkan berbagai kerajinan kaligrafi, bathtub tembaga, kerajinan logo tembaga, kerajinan lampu meja, kerajinan lampu stand, dan masih banyak lagi.

Roemah Tembaga sudah berpengalaman dengan keahlian yang sudah turun temurun sehingga menghasilkan kerajinan tembaga yang memiliki kualitas tinggi. Selain itu Anda juga bebas order berapa saja tidak ada batasannya serta lokasi tempat yang mudah dijangkau yaitu berada di Desa Tumang yang merupakan pusat lokasi kerajinan tembaga daerah Jawa Tengah.

2. Copper Leluhur

7 Sentra Pengrajin Tembaga Jogja Dan Sekitarnya Yang Bisa Anda Jelajahi 
Lampu tembaga dari Copper Leluhur, Jogja. Sumber: Google.com

Selain roemah tembaga pengrajin tembaga Boyolali yang lainnya yaitu copper leluhur yang masih berlokasi di Desa Tumang, Kecamatan Cepego. Produk kerajinan yang ditawarkan beraneka jenis mulai dari yang besar maupun kecil seperti peralatan untuk dapur, hiasan bangunan atau ornamen, kaligrafi, bathtub, dan masih banyak lagi kerajinan yang lain.

Anda tak perlu khawatir karena produk yang dihasilkan pada tempat ini memiliki kualitas yang baik karena dikerjakan oleh ahlinya yang sudah berpengalaman dan tentunya dengan harga yang bersaing. Konsumennya pun tidak hanya daerah lokal saja namun sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. 

3. NBAS Kotagede

7 Sentra Pengrajin Tembaga Jogja Dan Sekitarnya Yang Bisa Anda Jelajahi 
Koleksi kerajinan tembaga garuda dari NBAS Kotagede. Sumber: Google.com

Tak hanya daerah Boyolali, pengrajin tembaga jogja juga sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai sentra kerajinan tembaga. Seperti dengan NBAS Kotagede yang merupakan tempat industri pembuatan kerajinan tembaga dan juga kuningan yang berada di daerah Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kerajinan dari NBAS Kotagede ini memiliki kualitas yang baik tidak kalah dengan kerajinan yang berada di Boyolali. Tempat ini menawarkan berbagai jenis kerajinan dan kuningan diantaranya lambang garuda, pancasila, patung, hiasan, logo, dan lain-lain. NBAS Kotagede menjadi rekomendasi tempat yang bisa Anda kunjungi jika anda berniat untuk membeli.

4. Gudang Art Design

7 Sentra Pengrajin Tembaga Jogja Dan Sekitarnya Yang Bisa Anda Jelajahi 
Koleksi kerajinan tembaga di Gudang Art. Sumber: Google.com

Yogyakarta terkenal dengan segudang tradisi dan kebudayaannya, sehingga tak heran jika Anda akan menemukan berbagai jenis toko kerajinan yang tersebar di kota tersebut. Banyak sekali kerajinan yang ditawarkan mulai dari anyaman sampai dengan kerajinan berbahan logam yaitu tembaga, kuningan maupun aluminium.

Gudang Art Design merupakan tempat kerajinan logam dari tembaga, kuningan, dan juga aluminium. Tak hanya di Yogyakarta saja Gudang Art Design memiliki 2 cabang lainnya yang ada di Desa Tumang, Boyolali. Sudah ada sejak 2006 konsumennya pun dari dalam maupun luar negeri yang pasti kualitas dari produknya tak usah diragukan lagi.

5. AA Art Gallery

7 Sentra Pengrajin Tembaga Jogja Dan Sekitarnya Yang Bisa Anda Jelajahi 
Karya kerajinan tembaga Elma Handicraft. Sumber: Google.com

Tak hanya pengrajin tembaga jogja, pengrajin Boyolali juga sudah banyak dikenal oleh masyarakat yaitu seperti dengan AA Art Gallery. Bertempat di Desa Tumang tempat ini sudah ada sejak tahun 1990 yang mana sudah 33 tahun berkecimpung, Anda tak perlu khawatir karena AA Art Gallery sudah berpengalaman dan kualitasnya pun bagus.

Produk kerajinan yang dihasilkan pada tempat ini yaitu diantaranya kaligrafi, bathtub, lambang maupun logo, lampu stand, relief, patung, dan masih banyak lagi. Tentunya pembuatan kerajinan pada tempat ini ditangani oleh ahlinya sehingga akan menghasilkan produk yang memiliki kualitas yang tak usah diragukan lagi.

6. Elma Handicrafts

Masih di daerah Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah Elma Handicrafts merupakan salah satu sentra kerajinan dari logam berupa tembaga dan kuningan. Untuk pemesanannya yaitu sesuai dengan keinginan pelanggan dan juga tidak membatasi jumlah produknya karena pengerjaannya dilakukan secara handmade atau manual.

Elma Handicrafts menghasilkan produk yang berbahan dasar dari logam tembaga, kuningan, serta aluminium berupa air mancur, bathtub, chafing dish, kaligrafi, meja tembaga dan kuningan, dan masih banyak kerajinan yang lainnya. Anda tak usah khawatir karena produk di tempat ini memiliki kualitas yang baik serta pengerjaannya yang tepat waktu.

7. Abiyan Art

Ketika Anda sedang berjalan-jalan ke daerah Jogja tak jarang akan menemukan pusat kerajinan kulit sampai dengan kerajinan yang berbahan tembaga. Tak hanya di Jogja saja Boyolali juga merupakan sentra kerajinan tembaga seperti dengan tempat satu ini yaitu Abiyan Art yang beralamat tepat di Desa Tumang, Boyolali.

Anda tak perlu khawatir jika ingin order di tempat ini karena Abiyan Art sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun menghasilkan kerajinan tembaga maupun kuningan. Sehingga untuk kualitas produknya pun akan sesuai dengan skill yang telah terbentuk selama bertahun-tahun.

Itulah beberapa rekomendasi pengrajin tembaga jogja dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi. Banyak sekali ragam tradisi dan kebudayaan di Indonesia yang sampai saat ini masih dilestarikan dengan baik salah satunya yaitu kerajinan dari tembaga serta kuningan. Selain itu Anda juga bisa melihat info menarik lainnya pada website ini www.yogyaku.com.

Eksplorasi konten lain dari Yogyaku.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca