7 Rekomendasi Sekolah Alam Terdekat di Jogja dan Kisaran Biayanya

Photo of author

Ditulis oleh Febriana Kreswati

Seorang mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sibuk dengan banyak tugas kuliah dan nyambi freelance content writer di Zeka Digital. Loving sleeping as the best medicine ever.

Sekolah alam terdekat menjadi incaran para orang tua yang tidak ingin menyekolahkan anak mereka ke lembaga pendidikan konvensional yang mungkin terasa terlalu kaku dan terbatas. Untuk orang tua yang mencari alternatif pendidikan yang lebih dinamis dan alami, sekolah alam menjadi pilihan yang menarik. 

Konsep ini menawarkan pembelajaran di luar ruangan yang menyenangkan dan memungkinkan anak untuk terhubung langsung dengan alam. Proses belajar yang tidak kaku membuat anak dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai penting tanpa tekanan.

Nah, untuk informasi lebih lanjut terkait sekolah alam terdekat, jangan lewatkan untuk menyimak penjelasan berikut ini!

Kriteria untuk Memilih Sekolah Alam

Kriteria sekolah alam, Sumber: mommiesdaily.com
Kriteria sekolah alam, Sumber: mommiesdaily.com

Sebelum memilih sekolah alam untuk putra dan putri Sedulur Yogyaku, terdapat beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan. Pastikan bahwa pendekatan pembelajaran yang diterapkan sudah sesuai dengan nilai-nilai yang ingin Sedulur Yogyaku tanamkan pada anak.

Tak hanya itu, lebih baik pilih sekolah yang menerapkan kurikulum komprehensif. Pastikan bahwa pembelajaran tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga memperhatikan perkembangan karakter, kreativitas, serta keterampilan sosial anak.

Sedulur Yogyaku juga perlu memperhatikan seberapa besar orang tua dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung perkembangan anak-anak. Keterbukaan sekolah perihal perkembangan anak baik melalui acara sekolah, program partisipatif, atau komunikasi, tentu membuat orang tua merasa lega.

Terakhir, pastikan bahwa sekolah yang dipilih menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan anak-anak Sedulur Yogyaku. Tidak lupa juga untuk meninjau kondisi lingkungan sekolah, termasuk keamanan, kebersihan, dan aksesibilitas.

Rekomendasi Sekolah Alam Terdekat di Jogja

Setelah mengetahui kriteria memilih sekolah alam, langkah selanjutnya yaitu memilih sekolah sesuai dengan kebutuhan putra dan putri Sedulur Yogyaku. Berikut beberapa rekomendasi sekolah terdekat di Jogja yang dapat Sedulur Yogyaku jadikan opsi:

1.   Sanggar Anak Alam (SALAM)

Sanggar Anak Alam (SALAM), Sumber: salamyogyakarta.com
Sanggar Anak Alam (SALAM), Sumber: salamyogyakarta.com

Pendidikan dasar menjadi fondasi yang penting untuk membentuk sistem berpikir dan sikap terbangun anak sejak dini. Pendidikan menjadi sarana untuk mengembangkan potensi yang dimiliki serta melatih anak untuk memahami problematika realitas kehidupan sebagai bekal di masa mendatang.

Sanggar Anak Alam (SALAM) merupakan sekolah berbasis alam yang mana dalam proses belajar mengajarnya senantiasa melibatkan orang tua. Keterlibatan ini menjadi poin penting bagi orang tua yang ingin senantiasa memantau perkembangan putra putrinya.

Bagi Sedulur Yogyaku yang tertarik menyekolahkan putra putrinya di Sanggar Anak Alam, perlu menyiapkan biaya komplementer sebesar Rp 3.000.000,- serta biaya SPP sebesar Rp 450.000,-/bulan. Untuk informasi lebih lanjut, Sedulur Yogyaku dapat mengakses laman media sosial Sanggar Anak Alam.

  • Alamat     : Bekelan, Tirtonirmolo, Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • No. Telp   : (0274) 4286165
  • Instagram : @salam_jogja

2.   Sekolah Alam Beniso

Sekolah Alam Beniso, Sumber: taakbbeniso.wordpress.com
Sekolah Alam Beniso, Sumber: taakbbeniso.wordpress.com

Sekolah Alam Beniso merupakan sekolah untuk anak usia dini. Sekolah ini senantiasa berusaha memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak usia dini dengan lingkungan yang baik untuk meningkatkan akal dan kemampuan belajarnya.

Untuk persoalan biaya, sekolah alam beniso termasuk murah dibandingkan dengan sekolah anak usia dini lainnya. Sekolah ini memiliki prinsip bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang baik terutama bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai biaya sekolah.

Terkait info biaya, Sedulur Yogyaku perlu menyiapkan biaya pendaftaran sebesar Rp 1.750.000,- untuk semua program, biaya SPP untuk usia 0 – 3 tahun sebesar Rp 600.000,-/bulan dan usia 4 – 7 tahun sebesar Rp 500.000,-/bulan, serta biaya lain – lain yang dapat Sedulur Yogyaku ketahui di laman media sosial Sekolah Alam Beniso.

  • Alamat     : Jl. Pangeran Wiro Sobo, RT.66/RW.17, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55162
  • No. Telp   : 0813-2808-8858
  • Instagram : @sekolahalambeniso

3.   Sekolah Alam Jogja (SDIT Nurul Islam) Yogyakarta

Kegiatan di Sekolah Alam Jogja (SDIT Nurul Islam), Sumber: harianjogja.com
Kegiatan di Sekolah Alam Jogja (SDIT Nurul Islam), Sumber: harianjogja.com

Sekolah alam Jogja Nurul Islam merupakan sekolah berbasis Islam yang menerapkan model pembelajaran yang tidak kaku, yaitu tidak terpaku pada perkembangan akademik anak saja. Hal ini terlihat dari banyak pelajaran life skill yang dibarengi dengan pendidikan karakter anak.

Respon guru dalam penyelesaian konflik antar anak dan antar orang tua juga sangat baik. Kabar gembiranya biaya di sekolah ini sesuai dengan kualitas dan fasilitas. Tak hanya itu, di sekolah ini juga terdapat fasilitas yang jarang ditemui di sekolah alam lainnya, yaitu terdapat kolam renang.

Untuk menyekolahkan putra putri Sedulur Yogyaku di SDIT Alam Nurul Islam, perlu menyiapkan biaya SPP sebesar Rp 1.500.000.

  • Alamat     : Jl. Ringroad barat, Dusun Cambahan, Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Cambahan, Nogotirto, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55292
  • No. Telp   : (0274) 627125
  • Instagram : @sekolahalamjogja

4.   Sekolah Citra Alam Yogyakarta

Lingkungan belajar di Sekolah Citra Alam, Sumber: instagram.com/sekolahcitraalam
Lingkungan belajar di Sekolah Citra Alam, Sumber: instagram.com/sekolahcitraalam

Salah satu rekomendasi sekolah alam yang ada di Bantul dengan konsep islami. Sekolah ini terkenal dengan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan. Banyak aktivitas yang dapat mengembangkan sikap leadership, tanggungjawab serta daya kreatif anak.

Sekolah ini menggunakan konsep pendidikan berbasis fitrah yang aman dan menyenangkan bagi anak. Perlu Sedulur Yogyaku ketahui, aktivitas belajar anak langsung dengan sang maestro dan lingkungan alam sekitar.

Sekolah ini memiliki jenjang pendidikan dari PAUD hingga SMA, setiap jenjang memiliki kisaran biaya pendidikan yang berbeda. 

  • Alamat     : Gedongan, Bangunjiwo, Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • No. Telp   : 087777996578
  • Instagram : @sekolahcitraalam

5.   Sekolah Alam Tahfizh Unggulan

Sekolah Alam Tahfizh Unggulan, Sumber: facebook.com
Sekolah Alam Tahfizh Unggulan, Sumber: facebook.com

Sekolah tahfiz berbasis alam ini mengajarkan peserta didiknya sesuai dengan pemahaman generasi terdahulu berbasis fitrah anak. Tidak hanya belajar alquran saja, di tempat ini anak akan diajarkan aqidah dan akhlak karimah.

Para pengajarnya yang sabar dan telaten, dapat membekali peserta didiknya menjadi pribadi yang mandiri, cerdas, dan berakhlak mulia. Faktor pendukung lainnya yaitu, lingkungan yang asri dan bersih menjadi poin penting untuk anak dapat belajar dengan nyaman.

Bagi Sedulur Yogyaku yang tertarik menyekolahkan putra putrinya di Sekolah Alam Tahfizh Unggulan, dapat menanyakan lebih lanjut terkait kisaran biaya pendidikan dengan menghubungi kontak Sekolah Alam Tahfizh Unggulan di bawah ini.

  • Alamat     : Jl. Sekarsuli – Berbah, Kidul, Jetak, Sendangtirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573
  • No. Telp   : 0822-2003-7009
  • Instagram : @sekolahalamtahfizhunggulan

6.   Sekolah Alam Kamulan

Kamulan School, Sumber: facebook.com
Kamulan School, Sumber: facebook.com

Salah satu Taman Kanak Kanak berbasis alam yang ada di Sleman. Selain belajar calistung (membaca, tulis & hitung), anak juga banyak belajar dengan bereksperimen dan berpetualang.

Sekolah ini menjadi wadah bagi anak untuk mengembangkan potensinya, setiap perkembangan diperhatikan secara detail oleh pengajar. Sistem pembelajaran di sekolah ini menggunakan metode montessori, sains, dan matematika yang akan membuat anak senang belajar di sekolah.

Belum dapat dipastikan terkait kisaran biaya pendidikan di Sekolah Kamulan, untuk mengetahui lebih lanjut seperti rincian biaya, Sedulur Yogyaku dapat menghubungi kontak Sekolah Kamulan di bawah ini.

  • Alamat     : Jl. Cendrawasih No.001, Pringwulung, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
  • No. Telp   : 087882780515/085713805017
  • Instagram : @kamulanschool

7.   Smile Plus School

Smile Plus School, Sumber: facebook.com
Smile Plus School, Sumber: facebook.com

Smile Plus School menjadi salah satu sekolah alam sekaligus inklusi. Smile Plus School menawarkan proses belajar anak yang menarik perhatian para orang tua, yaitu belajar dengan happy, homely, natural. Jenjang sekolah yang ditawarkan mulai dari KB, TK, dan SD.

Suasana di sekolah ini sangat nyaman, karena mengedepankan keramahan dan kedekatan bersama anak. Tak hanya itu, Smile Plus School menawarkan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan, yaitu dengan belajar sambil bermain serta memperkenalkan anak dengan hal-hal baru.

Kisaran biaya pendidikan di Smile Plus School belum dapat dipastikan, untuk mengetahui lebih lanjut seperti rincian biaya, Sedulur Yogyaku dapat menghubungi kontak pihak Smile Plus School di bawah ini.

  • Alamat     : Jl. Karanganyar Raya III No.63, RT.02/RW.46, Blotan, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584
  • No. Telp   : 082137018885
  • Instagram : @smileplusschool

Setelah mengetahui kriteria memilih dan rekomendasi sekolah alam terdekat di Jogja, perlu Sedulur Yogyaku ketahui, biasanya biaya sekolah lebih mahal dibandingkan biaya sekolah negeri. Maka dari itu, faktor biaya pendidikan menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan.

Pastikan bahwa biaya pendidikan di sekolah alam yang dipilih sebanding dengan manfaat yang ditawarkan, termasuk kualitas pendidikan, pengalaman belajar, dan fasilitas yang disediakan. Tidak ada salahnya jika Sedulur Yogyaku mencari tahu apakah sekolah yang dituju menyediakan bantuan keuangan atau program beasiswa bagi siswa yang membutuhkan.

Tips untuk Memilih Sekolah Alam yang Tepat

Tips memilih sekolah alam untuk anak, Sumber: Smile Plus School, Sumber: facebook.com
Tips memilih sekolah alam untuk anak, Sumber: Smile Plus School, Sumber: facebook.com

Sebelum membuat keputusan akhir, Sedulur Yogyaku perlu mempertimbangkan beberapa tips memilih sekolah alam yang tepat. Adapun beberapa tips yang dimaksud di antaranya:

1. Lakukan Kunjungan Langsung

Kunjungan langsung menjadi tips yang harus dilakukan Sedulur Yogyaku. Dengan melihat langsung suasana sekolah, Sedulur Yogyaku akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan belajar, fasilitas yang disediakan, kurikulum yang diterapkan, pengajar, serta informasi penting lainnya.

2. Evaluasi Kebutuhan Anak

Sedulur Yogyaku perlu mempertimbangkan kebutuhan dan keperluan khusus anak-anak Sedulur Yogyaku. Jangan lupa untuk meninjau apakah program pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah yang dipilih cocok dengan minat, bakat, dan gaya belajar anak-anak Sedulur Yogyaku.

Sedulur Yogyaku juga perlu memperhatikan bagaimana sekolah memperlakukan dan mengakomodasi perbedaan individual dalam pembelajaran. Hal ini menjadi salah satu poin penting untuk memastikan keberlangsungan perkembangan anak Sedulur Yogyaku.

3. Perhatikan Ketersediaan Sumber Daya

Ketersediaan sumber daya menjadi salah satu hal yang harus Sedulur Yogyaku pertimbangkan sebelum memasukan putra putri Sedulur Yogyaku ke sekolah yang dituju. Pastikan bahwa ketersediaan sumber daya yang ada dapat mendukung perkembangan putra putri Sedulur Yogyaku.

Maka dari itu, Sedulur Yogyaku perlu meninjau apakah sekolah menyediakan sumber daya yang memadai untuk mendukung pengembangan akademik, sosial, dan emosional anak-anak. Perhatikan fasilitas seperti perpustakaan, laboratorium, area bermain, dan ruang terbuka alam yang dapat memperkaya pengalaman belajar anak-anak.

Sekolah alam menawarkan alternatif pendidikan yang unik dan menarik bagi anak-anak yang mencari pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan terhubung dengan alam. Dengan mempertimbangkan penjelasan di atas, Sedulur Yogyaku dapat memilih pendidikan terbaik untuk tumbuh kembang anak-anak Sedulur Yogyaku.

Jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya seputar Jogja, salah satunya SD Swasta di Jogja. Sedulur Yogyaku dapat mengaksesnya di laman utama Yogyaku. Semoga bermanfaat!

Eksplorasi konten lain dari Yogyaku.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca