Rekomendasi Sekolah Salaf Terdekat Sekitar Jogja, Terbaik!

Photo of author

Ditulis oleh Febriana Kreswati

Seorang mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sibuk dengan banyak tugas kuliah dan nyambi freelance content writer di Zeka Digital. Loving sleeping as the best medicine ever.

Apakah Sedulur Yogyaku sedang mencari sekolah salaf terdekat? Seperti diketahui, minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah berbasis islam mulai meningkat. Banyak orang tua ingin anaknya mendapatkan pendidikan sesuai dengan nilai-nilai agama islam.

Sedulur Yogyaku sudah mengetahui apa itu sekolah salaf? Mengapa semakin banyak orang yang memilihnya? Bagaimana cara memilih sekolah salaf yang tepat? Serta adakah rekomendasi sekolah salaf terdekat di Jogja? 

Nah, jika Sedulur Yogyaku ingin mengetahui jawabannya, jangan lewatkan untuk menyimak penjelasan berikut!

Kenapa Sekolah Salaf Mulai Dilirik?

Alasan sekolah salaf mulai sering dilirik, Sumber: pesantri.com
Alasan sekolah salaf mulai sering dilirik, Sumber: pesantri.com

Dengan semakin meningkatnya keinginan orang tua untuk memberikan pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai agama, sekolah salaf menjadi pilihan yang menarik. Sekolah salaf menekankan pemahaman Islam yang murni dan sesuai dengan pemahaman Salafus Shalih atau generasi awal umat Islam.

Tidak hanya SD Swasta di Jogja yang menawarkan lingkungan pendidikan islam, beberapa sekolah salaf di Jogja juga menawarkan jenjang sekolah dasar. Kini, sekolah salaf semakin dilirik para orang tua karena menawarkan lingkungan pendidikan yang komprehensif sama dengan sekolah swasta dan sekolah negeri.

Tips Memilih Sekolah Salaf yang Tepat

Kurikulum sekolah salaf, Sumber: fulusnesia.com
Kurikulum sekolah salaf, Sumber: fulusnesia.com

Memilih sekolah salaf yang tepat menjadi awalan penting untuk menjamin terbentuknya karakter baik berwawasan luas bagi putra dan putri Sedulur Yogyaku. Maka dari itu, berikut tips memilih sekolah salaf yang tepat yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Sedulur Yogyaku.

1. Kurikulum

Pastikan untuk memperhatikan aspek akademik secara keseluruhan termasuk kurikulum yang diterapkan, apakah sejalan dengan nilai-nilai Islam. Dengan memperhatikan kurikulum, Sedulur Yogyaku dapat mengetahui pengajaran seperti apa yang akan didapat putra putri Sedulur Yogyaku.

2. Pengajar

Sedulur Yogyaku juga perlu memperhatikan kualifikasi pengajar di sekolah salaf yang akan dipilih. Hal ini penting dipertimbangkan karena pengalaman guru dalam menyampaikan materi keagamaan dan akademik dapat mempengaruhi perkembangan putra atau putri Sedulur Yogyaku.

3. Lingkungan

Lingkungan sekolah menjadi aspek penting untuk memilih sekolah salaf untuk putra atau putri Sedulur Yogyaku. Pastikan untuk memilih sekolah dengan lingkungan yang mendukung perkembangan spiritual dan akademik anak.

4. Reputasi

Selain mempertimbangkan poin – poin di atas, Sedulur Yogyaku juga perlu mempertimbangkan reputasi sekolah yang akan menjadi opsi. Sedulur Yogyaku dapat mempertimbangkannya dari testimoni orang tua santri, alumni, hingga prestasi yang telah diraih sekolah. 

Rekomendasi Sekolah Salaf Terdekat Sekitar Jogja

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sekolah salaf yang tepat, berikut beberapa rekomendasi sekolah salaf terdekat sekitar Jogja yang dapat Sedulur Yogyaku jadikan opsi:

1. Pondok Pesantren Syaikh Jamilurrahman As – Salafy

Pondok Pesantren Syaikh Jamilurrahman As – Salafy, Sumber: awan.app
Pondok Pesantren Syaikh Jamilurrahman As – Salafy, Sumber: awan.app

Pondok pesantren Syaikh Jamilurrahman As – Salafy menjadi salah satu sekolah salaf di Jogja yang menawarkan pendidikan islam yang murni. Tempat ini menjadi tempat belajar ilmu agama islam dengan rujukan Al – Quran serta Sunnah sesuai pemahaman ulama – ulama salaf terdahulu.

Tak hanya terkenal dengan pengajaran sunah Nabi Muhammad, tempat ini juga terkenal dengan lingkungannya yang nyaman dengan sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap. Pondok pesantren ini terbuka bagi santri usia dini (2 tahun) hingga usia perguruan tinggi.

  • Alamat : Jl. Abu Bakar No.RT. 04, Glondong, Wirokerten, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55194
  • No. Telp : 0812-1271-5630
  • Instagram : –

2. Mahad Al ‘Ilmi Yogyakarta

Mahad Al 'Ilmi Yogyakarta, Sumber: ypia.or.id
Mahad Al ‘Ilmi Yogyakarta, Sumber: ypia.or.id

Mahad Al ‘Ilmi Yogyakarta menjadi salah satu pondok pesantren yang terbuka untuk umum, baik mahasiswa maupun non mahasiswa, ikhwan maupun akhwat. Dengan moto “pertajam wawasan, asah kemampuan”,  santri akan belajar secara urut dan bertahap, fokus membangun pondasi, dan disiapkan untuk khidmat umat.

Mahad Al ‘Ilmi senantiasa berupa menyiapkan para santrinya menjadi thalibul ‘ilmi sepanjang hayat lewat pengajaran ilmu syar’i dasar. Tak hanya itu, di pondok ini menerapkan kurikulum yang dirancang sendiri untuk memberikan bekal dasar bagi santri untuk memulai perjalanan menuntut ilmu syar’i.

  • Alamat : Jl. Pogung Rejo No. 412, Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta 55284
  • No. Telp : Putra (0823 2364 7778) dan Putri (0852 9299 5015)
  • Instagram : –

3. Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz, Yogyakarta

Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz, Sumber: binbaz.or.id
Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz, Sumber: binbaz.or.id

Pondok pesantren Islamic Centre Bin Baz atau ICBB, menawarkan pendidikan bagi santri usia PAUD sampai perguruan tinggi. Lingkungan bermanhaj salaf dengan sistem pembelajaran mulazamah, pondok ini menjadi salah satu wadah dan wasilah untuk mempelajari kitab-kitab turats dengan para masyayikh.

Sampai saat ini, pamor lembaga pendidikan di pesantren ini masih berdiri kokoh. Tiap tahunnya, ribuan santri mendaftar ke berbagai cabang pondok yang tersebar luas di indonesia. Model kurikulum yang diterapkan dirancang khusus dengan tujuan menjadikan santrinya sebagai insan kamil.

  • Alamat : Jl. Wonosari KM. 10, Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Jl. Karanggayam, Karang Gayam, Sitimulyo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • No. Telp : 0274-4353272
  • Instagram : @binbaz.or.id

4. Pondok Pesantren Tahfidz Hamalatul Quran, Yogyakarta

Pondok Pesantren Tahfidz Hamalatul Quran, Sumber: hamalatulquran.com
Pondok Pesantren Tahfidz Hamalatul Quran, Sumber: hamalatulquran.com

Dengan pendekatan islam bermanhaj salaf, membuat para orang tua tertarik untuk memasukkan anaknya ke pondok pesantren Tahfidz Hamalatul Quran. Para santri dibimbing untuk menjadi penghafal Al Quran dan berakhlak karimah.

Asatidz atau ustadz pengajar di pondok pesantren ini terkenal berkompeten, amanah, dan tak kenal lelah untuk mendidik santrinya. Tak hanya itu, lingkungan yang bersih, sejuk, dan asri membuat pondok pesantren ini menjadi tempat belajar yang diimpikan bagi para santri.

  • Alamat : Jl. Kembaran No.RT 08, Kembaran, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183
  • No. Telp : 0274-372602
  • Instagram : @hamalatul.quran

5. STQ Telaga Ilmu

STQ Telaga Ilmu, Sumber: facebook.com/sdtqtelagailmujogja
STQ Telaga Ilmu, Sumber: facebook.com/sdtqtelagailmujogja

Sekolah berbasis tahfidzul quran ini terbuka untuk jenjang SD sampai SMA. Namun perlu Sedulur Yogyaku ketahui, untuk jenjang SMP dan SMA hanya khusus bagi santri akhwat dengan persyaratan wajib asrama.

Dengan kurikulum khusus yang diterapkan, STQ Telaga Ilmu tidak hanya khusus pada pembelajaran agama semata. Setiap siswa tetap akan mendapatkan pengetahuan umum secara proporsional sehingga nantinya setiap siswa memiliki pengetahuan yang mendalam terkait banyak hal yang bisa diterapkan dalam kehidupan. 

  • Alamat : Sawo RT 6, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55194
  • No. Telp : 085743056319/+6285743056319
  • Instagram : @pkmb.telagailmu

6. Sekolah Terpadu Al Qudwah 

Sekolah Terpadu Al Qudwah, Sumber: alqudwah.id
Sekolah Terpadu Al Qudwah, Sumber: alqudwah.id

Sekolah terpadu Al Qudwah merupakan sekolah berbasis islam yang menawarkan jenjang pendidikan PAUD, TK, dan Sekolah Dasar. Pengajarannya berpedoman pada Al Quran dan sunnah. Sejak usia dini, anak – anak diajarkan tata cara sholat serta tahfidz secara intens.

Sedulur Yogyaku tak perlu khawatir, selain mengajarkan ilmu agama, peserta didik juga mendapatkan pendidikan akademik seperti sekolah negeri lainnya. Menyekolahkan putra dan putri Sedulur Yogyaku sejak dini, menjadi salah satu langkah yang tepat yaitu untuk membentuk karakter baik berpengetahuan luas.

  • Alamat : Sokowaten, Tamanan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
  • No. Telp : 085743056319/+6285743056319
  • Instagram : @pkmb.telagailmu

Sekolah salaf semakin diminati karena menawarkan pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam yang murni. Penting untuk memilih sekolah salaf yang tepat, orangtua dapat memberikan pendidikan yang seimbang antara akademis dan spiritual bagi anak-anak mereka di Jogja.

Orang tua perlu mempertimbangkan sekolah salaf dengan memperhatikan kurikulum, pengajar, lingkungan, dan reputasi sekolah. Dengan demikian, anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas sesuai dengan ajaran Islam yang benar.

Jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya yang berhubungan dengan Jogja, Sedulur Yogyaku dapat mengaksesnya di laman utama Yogyaku. Semoga bermanfaat!

Eksplorasi konten lain dari Yogyaku.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca