Mengenal Bisnis Inovatif Di Bidang Speedometer Custom

Speedometer Custom – Perkembangan industri otomotif sampai dengan saat ini masih terbilang atraktif. Salah satu faktor pendukung perkembangannya adalah kebutuhan akan kepemilikan kendaraan pribadi. Oleh karena itu menjadi wajar jika pasar otomotif Indonesia masih menjadi pasar yang menjanjikan.

Selain pasar yang menjanjikan, industri otomotif merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan oleh pemerintah. Hal ini dimaksudkan agar setidaknya industri otomotif nasional bisa menjadi bagian dari revolusi industri yang semakin merangkak naik. Di samping juga agar kemampuan dalam menjawab pasar bukan hanya dalam skala nasional, namun juga merambah ke pasar global.

Meski sektor industri otomotif tampak sangat menjanjikan, namun tetap saja ada beberapa hal yang menjadi tantangan tersendiri yang harus dijawab bukan hanya oleh pemerintah sebagai pihak pemangku kebijakan, namun juga pelaku industri otomotif itu sendiri sepeti jasa custom speedometer, bengkel las sampai dengan jasa rental mobil.

Ilustrasi industri otomotif. Sumber : unsplash
Ilustrasi industri otomotif. Sumber : unsplash

Setidaknya terdapat dua tantangan dalam sektor industri otomotif. Pertama adalah masih adanya kebergantungan dengan komponen impor oleh karena masih terbatasnya ketersediaan komponen lokal. Sedangkan faktor kedua adalah isu lingkungan dan energi. Dua tantangan ini jelas butuh kepada respon yang jelas, tepat dan cepat baik dari pemangku kebijakan maupun pelaku industri.

Jawaban dari sisi pelaku industri otomotif khususnya, adalah dengan peningkatan sumber daya manusia. Selain itu juga kapabilitas SDM yang ada dalam keseluruhan rantai pemasok komponen otomotif nasional. Pelaku industri otomotif nasional harus terus mendorong adanya kompetensi SDM di kalangan pemasok agar berkemampuan dalam menghasilkan produk berstandar internasional sekaligus berdaya saing global.

Sedangkan dari sisi pemerintah selaku pemangku kebijakan adalah dengan memastikan adanya iklim dan lingkungan yang kondusif bagi usaha manufaktur berjalan, peraturan yang mampu memayungi industri otomotif dari hulu ke hilir, regulasi yang adaptif terhadap kepentingan pelaku industri otomotif, serta mengembangkan infrastruktur yang mendukung.

Kolaborasi aktif antara pelaku industri dan pihak pemerintah inilah yang besar harapan bisa membuat industri otomotif nasional bisa terus berkembang pesat sesuai dengan apa yang menjadi harapan bersama. Hal ini, sudah bisa kita lihat salah satunya adalah apa yang terjadi dan dilalui oleh salah satu perusahaan otomotif seperti SPD Speedometer.

SPD Speedometer

SPD Speedometer. Sumber : google.com
SPD Speedometer. Sumber : google.com

SPD Speedometer adalah sebuah perusahaan otomotif yang tergabung dalam PT. Radiator Springs Indonesia. SPD Speedometer melayani kebutuhan speedometer custom, restorasi, sampai dengan service semua jenis speedometer mobil seperti Mitsubishi L300 dan lainnya. Selain custom speedometer, juga melayani custom panel speedometer, custom LCD speedometer, custom penambahan item speedo, dan lain-lain.

Hal ini tentu sangat membantu para pengguna mobil dalam merawat, memperbaiki hingga memperbarui kondisi speedometer agar taampil lebih menarik dari speedometer bawaan pakrik. Tentu saja hal ini sangat bergantung pada selera pelanggan itu sendiri. SPD Speedometer beralamatkaan di Gedung LPPM UNY Lt. 1 dan 2 Karangmalang, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281.

Custom Yang Paling Dicari

  • Panel speedometer custom Toyota Innova Manual dengan kisaran harga Rp. 374.850.00
  • Panel speedometer custom Toyota Vios Den 2 dengan kisaran harga Rp. Rp374,850.00
  • Panel speedometer custom Toyota Avanza 2008-2011 dengan kisaran harga Rp374,850.00
  • Panel speedometer custom Toyota All New Avanza dengan kisaran harga Rp374,850.00
  • Panel speedometer custom Toyota Agya 1.0 dengan kisaraan harga Rp374,850.00

Perjalanan SPD Speedometer

Gagasan SPD Speedometer bermula dari sekedar kegemaran Ikhsan Badruz Zaman selaku founder SPD Speedometer dalam dunia otomotif. Kegemaran di dunia otomotif tersebut secara spesifik berupa hobi memodifikasi kendaraannya agar tambil dengan tampilan berbeda dan unik. Mulai dari modifikasi bagian velg, bagian knalpot, jok, audio, kaca film dan lain sebagainya.

Dari sekedar menjalani kegemaran, Ikhsan kemudian melihat adanya peluang bisnis dari apa yang ia gemari. Ide peluang bisnis tersebut tidak lain adalah modifikasi speedometer yang saat itu masih belum begitu terjamah. Ide ini kemudian berlanjut dengan memproduksi speedometer custom bersama rekan yang juga tertarik dengan bisnis inovatif ini. Tak disangka ternyata laku di pasaran.

Ilustrasi prospek speedometer custom. Sumber : unsplash
Ilustrasi prospek speedometer custom. Sumber : unsplash

Produk SPD Speedometer kemudian mulai masif dan serius dijalankan sebagai sebuah bisnis sejak tahun 2005. Teknologi yang ada pada SPD Speedometer antara lain adalah menampilkan pengukuran laju, informasi besaran RPM, tempratur, voltmeter, jarak tempuh dan sebagainya. Yang demikian itu kemudian menjadi sangat membantu dalam proses modifikasi speedometer agar desain dan fiturnya sesuai dengan keinginan pelanggan. Di samping membantu juga dalam perbaikan speedometer pelanggan yang mengalami gangguan ataupun kerusakan.

Menariknya, SPD Speedometer sendiri merupakan startup binaan langsung dari Kemenristek pada program pendanaan pemula berbasis teknologi pada tahun 2017 dan 2018. Selain pendanaan, tentu saja akses ilmu dan nerworking sangat membantu dalam pengembangan SPD Speedometer hingga saat ini.

Dengan perkembangan SPD Speedometer, pasarnya pun meliputi para penggemar otomotif yang memiliki hobi dalam memodifikasi kendaraan bermotor mereka. Dari yang sebelumnya berupa jasa custom speedometer analog ataupun elektrik serta mekanik, hingga kini berkembang menjadi bukan hanya jasa custom, namun juga service dan restorasi speedometer untuk segala merk dan tipe kendaraan bermotor baik mobil maupun motor.

Sampai dengan saat ini, sudah cukup banyak prestasi yang sudah diraih oleh SPD Speedometer diantaranya adalah berhasil menjuarai liga PKM-Kewirausahaan SV UGM tahun 2014 sebagai juara 2, juara 3 Enterpreneur event UGM tahun 2015, juara 1 nasional KMI award Kemenristekdikti 2016 kategori industri kreatif dan teknologi, pemenang terbaik inotek 2016 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya diakui di skala nasional. SPD Speedometer juga diakui hingga tingkat internasional yaitu sebagai perwakilan tenant Indonesia di AABI, Taipei-Taiwan 2018 dan juga perwakilan tenant Indonesia di ABINet-JAIF Project 2018.

Nah itulah sepintas ulasan seputar peluang sekaligus tantangan sektor industri otomotif Indonesia, sikap pelaku industri dan pemangku kebijakan, serta gambaran kolaborasi dari keduanya dalam pengembangan sektor industri otomotif untuk sampai ke skala global. Mudah-mudahan bermanfaat. Sekian dan terima kasih.