Suraloka Zoo Jogja, Kebun Binatang Baru Dengan Wahana Lengkap!

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Jogja memang terkenal menjadi salah satu kota yang memiliki banyak sekali tempat wisata, Suraloka Zoo Jogja salah satunya. Kebun binatang ini termasuk tempat wisata baru yang sedang hits-hitsnya.

Seperti diketahui, kebun binatang merupakan salah satu destinasi keluarga terbaik. Selain itu, bukan hanya sekadar kebun binatang biasa, namun masih ada banyak sekali hal menarik lainnya yang bisa dicoba.

Bagi Sedulur Yogyaku yang sedang memiliki rencana untuk berkunjung kesini dalam waktu dekat, berikut beberapa informasi dan hal menarik yang patut diketahui terlebih dahulu.

Mengenal Hewan Unik yang Ada di Suraloka Zoo

Suraloka Zoo Jogja, Sumber: nagantour.com
Suraloka Zoo Jogja, Sumber: nagantour.com

Tujuan utama mengunjungi kebun binatang tentu untuk melihat secara langsung hewan-hewan yang unik dan tidak biasa. Sebut saja berang-berang, ikan koi super besar, kambing merino dan lainnya.

Selain itu ada juga alpaca, kuda poni, burung-burung cantik, capybara, hewan reptil seperti ular, market, hingga kucing hutan dan burung unta yang sangat tinggi. 

Alamat Suraloka Zoo Jogja, Mudah Untuk Dijangkau

Tidak terlalu jauh dari pusat keramaian, lokasi Suraloka Zoo berada di sekitar Gunung Merapi. Tepatnya ada di Jalan Boyong Nomor 97, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Sebagai informasi tambahan, kebun binatang interaktif ini buka mulai jam 09.00 pagi hingga jam 17.00 sore. Oleh karena itu, sebaiknya jika Sedulur Yogyaku akan berkunjung jangan terlalu sore, karena hanya akan terburu-buru akhirnya.

Harga Tiket Suraloka Zoo Jogja dan Wahana yang Tersedia 

Salah satu pertimbangan ketika akan menuju tempat wisata tentu saja harga tiketnya. Di Suraloka Zoo sendiri, harga tiketnya masih terjangkau yakni Rp. 30.000 saja.

Wahana yang ada di Suraloka Zoo, Sumber: nagantour.com
Wahana yang ada di Suraloka Zoo, Sumber: nagantour.com

Namun, harga tersebut belum termasuk dengan beberapa wahana yang ada di dalamnya ya. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa tiket wahana di Suraloka Interactive Zoo yang bisa dicoba.

1. Bermain Pasir

Bagi anak-anak, bermain pasir bukanlah kegiatan berkotor-kotoran belaka. Namun juga bisa melatih motorik dan sensoriknya, sehingga tidak ada salahnya bagi orang tua untuk mengajak si kecil ke wahana ini.

Selain harga tiket wahananya yang murah yakni Rp. 10.000 saja, suasana di wahana ini juga sangat nyaman, ceria dan bersih.

2. Taman Kelinci

Wahana selanjutnya di Suraloka Zoo Jogja adalah taman kelinci. Tidak hanya sekadar melihat-lihat, pengunjung juga bisa sedikit berinteraksi dengan hewan-hewan imut dan menggemaskan ini.

Namun, jika membawa anak kecil orang tua harus memastikan bahwa mereka tidak menyakiti atau mengganggu kelincinya. Untuk mencoba wahana ini, cukup membayar tiket sebesar Rp. 10.000 saja.

3. Kereta Thomas

Siapa sih anak kecil yang tidak suka berkeliling dengan kendaraan lucu seperti Kereta Thomas? Seperti kereta pada umumnya, kendaraan ini terdiri dari beberapa gerbong yang tersambung.

Namun, tentu saja kereta ini didesain lucu nan imut khas kesukaan anak-anak. Untuk bisa menaiki wahana ini, Sedulur Yogyaku cukup membayar Rp. 15.000 saja.

4. Flying Fox

Untuk anak yang sedang aktif-aktifnya, tidak ada salahnya untuk menawarkan wahana yang sedikit menantang, yakni flying fox. Tak perlu khawatir, karena keamanannya dijamin oleh staff yang sedang bertugas.

Untuk bisa mencoba wahana ini, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 30.000 saja. Masih sangat terjangkau bukan?

5. Berkuda

Menunggangi kuda tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi anak-anak. Di sini, ada dua pilihan kuda yang bisa dicoba, yakni Kuda Sandel dan Kuda Poni. 

Untuk Kuda Sandel, tiket yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp. 30.000, sedangkan kuda poni sebesar Rp. 50.000.

6. Playground Indoor

Jika sudah mulai merasa lelah dan ingin it bersantai, orang tua juga bisa mengajak si kecil  ke playground indoor lho. Disini ada banyak mainan yang memang dirancang bagi anak-anak.

Bukan hanya mainan biasa, mainan yang disediakan sudah mengandung unsur edukasi tersendiri. Untuk tiket masuknya masih cukup terjangkau, yakni hanya Rp. 40.000 saja.

7. Bianglala

Wahana selanjutnya dari Suraloka Zoo di Jogja adalah bianglala. Wahana ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terfavorit. Bisa melihat pemandangan dari ketinggian tentu menjadi alasan utamanya.

Untuk bisa menaiki bianglala di kebun binatang ini, Sedulur Yogyaku hanya perlu membayar sebesar Rp. 15.000 saja. Sangat murah untuk pengalaman yang diberikan.

8. Menembak Dino

Tidak sedikit anak-anak yang menyukai dinosaurus. Kabar baiknya, disini anak-anak juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan beberapa benda berkonsep dinosaurus. 

Untuk bisa memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi anak, orang tua cukup membayar sebesar Rp. 10.000 saja.

Itulah beberapa wahana yang bisa dicoba ketika sedang berkunjung ke kebun binatang interaktif Suraloka. Selain dari wahana yang sudah disebutkan tadi, masih ada wahana lain seperti kora-kora dan carousel.

Untuk memasukan kedua wahana di atas juga tidak mahal. Hanya sekitar Rp. 15.000 saja, pengunjung sudah bisa langsung mencoba wahana yang tersedia.

Beberapa Destinasi Wisata Dekat Suraloka Zoo Jogja yang Sayang Untuk Dilewatkan

Setelah berkunjung ke Suraloka Zoo, Sedulur Yogyaku bisa sekalian berwisata di tempat lainnya. Ada beberapa destinasi wisata di sekitar Suraloka Zoo yang cukup menarik untuk dikunjungi, diantaranya:

1. Sindu Kusuma Edupark 

Sindu Kusuma Edupark, Sumber: tiket.com
Sindu Kusuma Edupark, Sumber: tiket.com

Berjarak sekitar 20 km dari Suraloka Zoo Jogja, Sindu Kusuma Edupark juga merupakan salah satu tempat wisata Jogja yang sangat worth it untuk dikunjungi.

Salah satu daya tarik utama dari wisata ini adalah bianglala besarnya. Dengan menaikinya, pengunjung bisa melihat keindahan sekitar dari ketinggian, dan mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Untuk tiket masuknya juga masih sangat terjangkau, yakni hanya Rp. 30.000 saja. Namun, tentu saja ada beberapa wahana yang harus membeli tiket lagi ketika akan dinaiki.

2. The Lost World Castle

Tiket masuk The Lost World, Sumber: bookingtogo.com
The Lost World, Sumber: bookingtogo.com

Hanya berjarak sekitar 7 km, The Lost World Castle juga tidak boleh untuk dilewatkan. Konsep dari tempat wisata ini juga cukup berbeda dengan yang lainnya. 

Sebut saja beberapa bangunan buatan bertema kastil, spot foto aestetik seperti sayap, paradise gate dan lainnya. Bahkan, ada spot khusus berkonsep Jepang yang bisa memanjakan para Wibu.

Tiket masuk kesini juga masih sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 30.000 saja. Jadi, Sedulur Yogyaku tidak ada salahnya untuk mampir kemari ketika mengunjungi Suraloka Zoo.

Itulah beberapa hal penting berkaitan dengan tempat wisata Suraloka Zoo Jogja. Berwisata dengan orang terdekat tentu memberikan kesenangan tersendiri. Untuk itulah tidak ada salahnya untuk menyiapkannya dengan baik.

Jika Sedulur Yogyaku ingin mencari rekomendasi tempat wisata lain, bisa langsung mengaksesnya di laman Yogyaku. Selamat berwisata!