10 Tempat Camping di Jogja Dengan Pesona Alam Yang Asri

Cobalah hal baru dengan melakukan kegiatan camping di Jogja. Camping adalah salah satu cara untuk menikmati pesona alam dan menjadi cara healing masa kini. Ada banyak sekali destinasi wisata alam yang menyediakan tempat camping di Jogja.

Kota Jogja memiliki destinasi menarik untuk berkemah mulai dari pantai, gunung, dan hutan, cocok sebagai tempat menikmati malam yang selaras dengan alam. Menginap di alam adalah sesuatu yang sering dilakukan oleh kalangan muda ataupun tua.

Pilihan wisata camping juga bisa dijadikan sebagai cara terbaik untuk menghabiskan liburan bersama orang-orang tersayang. Jadi buat Anda, jangan lewatkan untuk mencoba camping di Jogja.

10 Tempat Camping di Jogja

Jogja juga merupakan daerah yang menawarkan berbagai tempat wisata yang menyenangkan. Rekomendasi tempat camping di Jogja ini cukup berbeda dengan kebanyakan daerah pada umumnya.

Nah, buat Anda yang sedang berada di Jogja dan ingin camping, berikut 10 rekomendasi tempat camping di Jogja yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Pantai Ngrumput

Luangkan waktu untuk mengunjungi kawasan Gunungkidul yang memiliki pantai kuno yang sering dijadikan tempat camping. Pantai Ngrumput membuktikan bahwa camping di Jogja tidak hanya sebatas camping di hutan atau pegunungan saja, tapi pantai juga bisa menjadi tempat camping yang asyik.

Pesona Pantai Ngrumput. sumber: Instagram @pantai_ngrumput
Pesona Pantai Ngrumput. sumber: Instagram @pantai_ngrumput

Pantai selalu indah di sini. Bahkan menurut beberapa orang yang pernah camping di pantai ini, pemandangan sunset dari Pantai Ngrumput memang tiada duanya. Ada beberapa tenda yang sudah didirikan oleh wisatawan di pantai ini, jadi Anda akan tahu kalau Pantai Ngrumput memang salah satu tempat camping yang asyik di Jogja.

2. Gunung Nglanggeran

Camping di gunung merupakan hal yang paling menyenangkan. Anda bisa camping tanpa perlu kepanasan, mengingat udara di pegunungan memang sangat sejuk dan segar. Di Gunung Nglanggeran, Anda tidak perlu berjalan jauh untuk mendirikan tenda di puncak. Alasannya, tinggi gunung ini hanya sekitar 900 meter, jadi hanya memerlukan waktu 1 jam saja untuk berjalan kaki menuju puncak.

Pesona puncak Gunung Nglanggeran. Sumber: kompas.com
Pesona puncak Gunung Nglanggeran. Sumber: kompas.com

Tepat di bawah puncak terdapat area khusus berkemah yang lumayan terdapat di puncak. Anda dapat bergabung dengan orang lain yang telah mendirikan tenda mereka. Dari perkemahan, Anda dapat melihat pemandangan indah Embung Nglanggeran, sebuah danau buatan yang sangat indah.

3. Taman Kaliurang

Ingin mengajak anak-anak camping? Mungkin sebaiknya Anda memilih tempat camping yang aman di Jogja, seperti di Taman Kaliurang. Letaknya di kaki Gunung Merapi, tempat ini merupakan taman wisata yang cocok untuk keluarga. Taman wisata ini menyediakan tempat perkemahan bagi pengunjung yang ingin bermalam di tenda.

Keadaan Taman Kaliurang. Sumber: vracarsa.blogspot.co.id
Keadaan Taman Kaliurang. Sumber: vracarsa.blogspot.co.id

Tidak perlu repot membawa tenda sendiri karena pengelola taman Kaliurang menawarkan persewaan tenda. Bahkan, di area ini terdapat kamar mandi, sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari sumber air untuk membersihkannya. Taman Kaliurang juga dekat dengan beberapa tempat wisata, seperti Goa Jepang, gardu pandang, Tlogo Putri dan Ulen Sentalu.

4. Hutan Wanagama

Jika Anda menyukai perkemahan yang menyatu dengan alam sekitar, mengapa tidak mengunjungi hutan Wanagama saja? Hutan di kawasan Gunungkidul ini hampir punah karena banyak para pembalak liar yang merusak pohon di hutan ini. Namun, pada tahun 1964, Profesor Oemi Hani’in Suseno menanami kembali hutan tersebut.

Keadaan Hutan Wanagama. Sumber: ugm.ac.id
Keadaan Hutan Wanagama. Sumber: ugm.ac.id

Suasana di hutan ini juga masih sangat asri. Selain itu, udara di hutan masih segar dan tidak tercemar. Konon Pangeran Charles dari Belanda juga pernah mengunjungi hutan ini dan ikut menanam jati di hutan Wanagama.

5. Pantai Sanglen

Cukup banyak pantai yang ada di Gunungkidul, salah satunya merupakan Pantai Sanglen. Pantai ini mempunyai pasir putih yang bersih & suasana pantai yang tenang. Pantai Sanglen memang belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, hanya terdapat beberapa tenda atau mungkin hanya tenda Anda sendiri ketika berkemah di pantai ini. Keunikan pantai sanglen Anda anda bisa menikmati camping private beach.

Pesona keindahan pantai sanglen. Sumber: @talkhis_ibn_ahmad
Pesona keindahan pantai sanglen. Sumber: @talkhis_ibn_ahmad

Melihat pantai ini masih sangat bersih & indah, maka bawalah kamera Anda buat turut berfoto-foto di pantai ini. Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup lantaran pada pantai ini tidak terdapat warung atau toko kelontong.

6. Waduk Sermo

Ternyata tidak hanya gunung, pantai, dan hutan saja yang digunakan untuk camping, salah satunya waduk di Kulon Progo yang sering dijadikan tempat camping menyenangkan. Yaitu Waduk Sermo, yang merupakan waduk sedalam 60 meter lokasinya hanya berjarak 32 KM dari pusat kota Yogyakarta.

Waduk Sermo. Sumber: IG @ariefawan_
Waduk Sermo. Sumber: IG @ariefawan_

Waduk Sermo memamerkan suasana alam yang hening & bersih. Pantulan cahaya mentari senja pada air waduk ini menciptakan suasana waduk yang lebih menarik. Apalagi  di waduk sermo Anda bisa bertatapan dengan langit malam yang dipenuhi bintang-bintang dengan sangat jelas. Waduk ini juga dilingkupi hutan-hutan yang menambah suasana asri di sekitarnya.

7. Bukit Kosakora

Sampai hari ini, Bukit Kosakora tetap menjadi tempat berkemah favorit Jogja untuk semua orang. Di atas bukit 50 meter di atas permukaan laut, Anda dapat mendengar derasnya ombak dan bahkan melihat pantai Gunungkidul.

Pemandangan Bukit Kosakora. Sumber: kompas.com
Pemandangan Bukit Kosakora. Sumber: kompas.com

Tempatnya cukup tenang, tetapi Anda harus berbagi lokasi dengan wisatawan lain yang juga mendirikan tenda di sana karena Bukit Kosakora benar-benar menjadi tempat favorit camping. Aktivitas seperti bernyanyi sambil bermain gitar dan memandangi bintang di langit malam yang cerah adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat camping di Bukit Kosakora.

8. Sinolewah

Sinolewah adalah tempat bumi perkemahan andalan untuk menyelenggarakan acara camping dari berbagai sekolah dan organisasi. Mengingat begitu banyak pengunjung ke Sinolewah, Anda tidak bisa memperoleh ketenangan saat berkemah.

Bumi perkemahan sinolewah. Sumber: ningjogja.com
Bumi perkemahan sinolewah. Sumber: ningjogja.com

Namun, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mencari tempat camping aman dari ancaman binatang buas. Daya tarik utama Sinolewah adalah fasilitas outbound yang cukup lengkap. Anda bisa mengajak rekan camping Anda untuk bermain di area outbound.

9. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu merupakan salah satu objek wisata alam yang keindahan alamnya dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan tidak ada jalan untuk mendaki ke puncak tebing. Terlihat di setiap puncak tebing ditanami tanaman khas pantai yang tumbuh cukup lebat dan tidak memakan banyak tempat.

berkemah pantai wohkudu. Sumber: ksmtour.com
berkemah pantai wohkudu. Sumber: ksmtour.com

Anda akan dimanjakan dengan melihat Pantai Wohkudu yang masih utuh. Saat kondisi pantai surut, Anda bisa melihat dasar laut seperti karang yang memanjang lebih dari 50 meter ke kedalaman laut. Di antara celah-celah karang Anda bisa melihat beberapa ikan kecil. Beberapa hewan laut lainnya seperti bulu babi, bintang laut dan ubur-ubur terkadang ditemukan di lubang karang.

10. Pantai Sedahan

Pasir putih dan musim panas adalah kombinasi sempurna untuk liburan Anda. Ingin mendirikan tenda di pinggir pantai untuk menghemat akomodasi dan transportasi? Pantai Sedahan merupakan pantai pasir putih yang cocok untuk camping.

Pesona Pantai Sedahan. Sumber:  Alodia Tour
Pesona Pantai Sedahan. Sumber: Alodia Tour

Pemandangan dua batu karang yang berhadapan membedakan panorama Pantai Sedahan dengan pantai lainnya. Terlebih lagi, Pantai Sedahan yang tidak terlalu ramai membuat kegiatan berkemah menjadi lebih santai.

Itulah beberapa rekomendasi yang bisa di gunakan sebagai destinasi tempat camping selama berlibur ke Jogja. Jangan lupa kunjungi sewa hiace jogja untuk menemukan akomodasi yang tepat selama Anda Liburan di Jogja. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.