5 Toko Roti Legendaris di Jogja, Sudah Pernah Coba yang Mana?

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Selain gudeg dan oseng mercon, ternyata Jogja memiliki kuliner lain yang tak kalah khas dan legendaris. Contohnya kudapan berupa roti. Buktinya, sampai saat ini masih ada banyak toko roti legendaris di Jogja yang masih terus diburu pelanggannya.

Makanan seperti roti memang menjadi salah satu jenis makanan yang digemari. Selain karena rasanya yang nikmat dan memiliki varian, komposisinya juga bisa mengganjal perut lapar, namun belum waktunya untuk mengonsumsi makanan utama.

Untuk Sedulur Yogyaku yang ingin mencoba beberapa menu roti legendaris, bisa mencoba beberapa rekomendasi berikut ini.

Rekomendasi Toko Roti di Jogja yang Legendaris, Sudah Berdiri Sejak Puluhan Tahun Lalu

Ketika sudah berada di Kota Jogja, sayang rasanya jika hanya mendatangi tempat-tempat terbaru yang hits nan kekinian. sebab, masih ada cukup banyak tempat lainnya yang memiliki sejarah dan nilai mendalam.

Nah, berikut beberapa toko roti legendaris di Jogja yang punya menu dan sajian tak biasa.

1. Bakery and Shop Djoen

Bakery and Shop Djoen Lama, Sumber: detik.com
Bakery and Shop Djoen Lama, Sumber: detik.com

Ketika berbicara tentang toko roti yang legendaris di Jogja, tentu tidak bisa melewatkan toko yang satu ini. Sudah ada sejak 1942 lalu, roti legendaris di jogja ini bukan hanya terkenal, namun tetap menjaga keotentikannya hingga saat ini.

Beberapa jenis roti yang paling banyak dicari disini adala ontbijtkoek, roti buaya, roti pisang, roti sobek dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk rasanya? Dijamin langsung nendang dan lumer di mulut.

Bahkan, untuk roti tawarnya saja sudah cukup nikmat meski disantap dengan toping atau tambahan sederhana. Teksturnya lembut namun tetap berisi. Sangat cocok dijadikan menu sarapan satu set tanpa ribet.

Meski sudah sangat terkenal, harga setiap roti yang ditawarkan disini masih sangat terjangkau. Itulah sebabnya, banyak pelancong dari luar kota yang sering membelinya sebagai oleh-oleh.

  • Alamat: Jl. Margo Mulyo No. 78 Ngupasan Kec. Gondomanan Yogyakarta
  • Jam buka: Setiap hari pukul 11.00 – 21.00
  • Akun Instagram:

2. Omah Roti Djogja

Omah Roti Djogja, Sumber: tokoladang.co.id
Omah Roti Djogja, Sumber: tokoladang.co.id

Termasuk salah satu toko roti legendaris di Jogja yang menerima pesanan, tidak heran jika banyak orang yang sudah pernah mencicipi roti ini. Beberapa menu utama yang jadi andalan adalah roti cokelat, roti ayam dan lain sebagainya.

Tidak kalah legendaris, kuliner Jogja satu ini sudah ada sejak tahun 1966 lalu. Namun, harga yang diberikan untuk setiap makanan yang dipasarkan juga masih sangat terjangkau.

Ketika memasuki toko roti ini, suasana berbeda dan retro akan langsung terasa. Ditambah lagi dengan ornamen kayu yang ada di dalam. Seakan memberikan rasa hangat, sehangat roti yang baru dikeluarkan dari oven.

  • Alamat: Jl. Gowongan KIdul No. 58 RT 25 RW 06 Gowongan, Kec. Jetis Yogyakarta
  • Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 10.00 – 18.00, Minggu tutup
  • Akun Instagram: @omahrotidjogja

3. Trubus Bakery

Ragam kue dari Trubus Bakery, Sumber: bake.co.id
Ragam kue dari Trubus Bakery, Sumber: bake.co.id

Toko roti legendaris di Jogja selanjutnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Tubus Bakery. Konsep dari toko roti ini sedikit berbeda, dimana menyediakan jenis makanan lain yang bisa disantap langsung di tempat.

Beberapa jenis kuliner lainnya yang juga bisa dipesan disini adalah mie kangkung hotpot, nasi bakar, bakmi, bihun goreng, bubur gudeg bakar dan lain sebagainya. Meskipun bukan makanan jenis roti, namun semua menu yang sudah disebutkan memiliki rasa yang sangat sedap.

Sedangkan jenis roti yang paling digemari disini adalah spring roll, roti basah dan jajanan pasar, roti jadul dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak mengherankan jika banyak wisatawan yang menggunakan layanan sewa bus Jogja mampir ke tempat ini untuk berbelanja.

Tak perlu khawatir untuk urusan harga. Ya, dengan harga mulai Rp. 6.000 saja, pengunjung dijamin akan mendapatkan makanan yang nikmat dan  mengenyangkan.

  • Alamat: Jl. Poncowinatan No. 67 Cokrodiningratan, Kec. Jetis Yogyakarta
  • Jam Buka: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00
  • Akun Instagram: –

4. Murni Bakery

Toko Roti Murni Jogja, Sumber: detik.com
Toko Roti Murni Jogja, Sumber: detik.com

Sebagai salah satu roti legendaris di Jogja paling enak, Roti Murni atau Murni Bakery juga tidak boleh dilewatkan dalam jajaran toko roti legendaris. Bedanya, disini juga terdapat menu roti basah yang tidak banyak ditemui di toko sebelumnya.

Beberapa menu andalan dari Murni Bakery adalah Danish konde, pastry apple, Danish krenten, custard, Danish lipat dan lain sebagainya. Untuk urusan harga? Semuanya masih sangat terjangkau untuk ukuran toti legendaris yang sudah ada sejak 1952 lalu.

Salah satu kelebihan lain yang dimiliki toko roti ini juga ada beberapa kue tart dan ulang tahun yang tersedia setiap hari. Sehingga, jika tiba-tiba membutuhkannya bisa langsung membeli tanpa perlu pesan terlebih dahulu.

  • Alamat: Jl. Bintaran Kidul No. 30 Wirogunan, Kec. Mergangsan Yogyakarta
  • Jam Buka: Setiap hari pukul 07.00 – 21.00
  • Akun Instagram: @rotimurni

5. Toko Roti Jakarta

Toko Roti Jakarta, Sumber: Toko Roti Murni Jogja, Sumber: detik.com
Toko Roti Jakarta, Sumber: Toko Roti Murni Jogja, Sumber: detik.com

Tidak salah baca kok, salah satu toko roti legendaris di Jogja yang patut dikunjungi adala Toko Roti Jakarta. Bahkan, toko roti ini sudah ada sejak tahun 1924 lalu, yang artinya ketika Indonesia belum merdeka.

Meski sudah di-handle oleh penerusnya, namun masih banyak jenis roti yang dibuat dengan resep otentik turun temurun. Beberapa roti jadul yang paling digemari di sini adlah lapis legit, roti sobek, bahkan ada roti peninggalan Belanda.

Jika ingin sarapan dengan menu yang lebih ringan dari nasi, bisa mencoba Ontbijtkoek yang rasanya sedap dan otentik. Harganya? Hanya Rp. 10.000 saja, dan perut Sedulur Yogyaku akan terisi dan siap beraktivitas hingga siang hari.

  • Alamat: Jl. Jlagran Lor No. 7, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Yogyakarta
  • Jam Buka: Setiap hari pukul 07.00 – 21.00
  • Akun Instagram: @toko_roti_jakarta

Itulah lima rekomendasi toko roti legendaris di Jogja yang rasanya sayang sekali jika tidak dicoba ketika memiliki kesempatan. Meskipun tidak bertabur toping seperti roti kekinian, namun kesedihan dan keotentikan rasanya lah yang akan memberikan pengalaman tersendiri.

Jika Sedulur Yogyaku sedang mencari rekomendasi lain seperti obyek wisata Jogja, maka bisa langsung berselancar di laman utama Yogyaku. Semoga bermanfaat!

Eksplorasi konten lain dari Yogyaku.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca