Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja yang Menyehatkan

Photo of author

Ditulis oleh Melynda Dyah

Seorang Content Writer yang membawa semangat dan kreativitas dalam setiap tulisannya. Bekerja untuk Zeka Digital dan untuk diri sendiri.

Selama ini, Kota Jogja memang terkenal memiliki banyak sekali makanan khas dengan cita rasa yang unik dan nikmat. Selain makanan, Jogja ternyata juga memiliki minuman khas seperti wedang uwuh. Wedang uwuh adalah salah satu minuman yang memiliki beberapa manfaat bagi tubuh.

Bagi Sedulur Yogyaku yang masih belum terlalu familiar dengan minuman satu ini, wedang uwuh adalah salah satu jenis minuman hangat yang awalnya hanya diminum oleh para raja. Namun, semakin kesini, semua kalangan sudah bisa menikmati minuman ini.

Langsung saja, yuk simak beberapa informasi tentang wedang khas Jogja di bawah ini.

Mengenal Wedang Uwuh, Minuman Hangat dengan Banyak Manfaat

Wedang uwuh dengan berbagai rempah pilihan, Sumber: suaramuslim.net
Wedang uwuh dengan berbagai rempah pilihan, Sumber: suaramuslim.net

Dalam bahasa Jawa, wedang memiliki arti minuman, sedangkan uwuh sendiri memiliki arti sampah. Namun, bukan berarti bahwa wedang uwuh adalah minuman yang terbuat atau mengandung sampah ya.

Sampah yang dimaksudkan di sini adalah berbagai macam rempah-rempah yang diracik, sehingga terlihat seperti sampah. Karena menggunakan berbagai macam rempah, tidak heran jika minuman ni memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh.

Beberapa rempah-rempah yang biasa digunakan untuk membuat wedang uwuh adalah kayu secang, jahe, daun kayu manis, daun pala, daun serta akar sereh, biji pala, kaplaga hingga gula batu.

Semua rempah dan bahan tadi akan dicampurkan hingga rasa dari minuman ini cukup unik, namun legit ketika sudah diminum. Sensasi hangat dari jahe pun akan memberi rasa nyaman tersendiri bagi tubuh, sehingga tak heran jika mereka yang sedang merasa tak enak badan akan mengkonsumsi makanan ini bersamaan dengan jajanan pasar khas Jogja sebagai pelengkap.

Filosofi Wedang Uwuh 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, wedang uwuh juga sering disebut dengan wedang sampah karena menggunakan cukup banyak rempah untuk membuatnya. Namun nyatanya, tampilan yang seakan kotor tadi bisa mendatangkan banyak sekali khasiat bagi tubuh seseorang.

Hal ini seakan mengingatkan setiap orang bahwa jangan selalu melihat segala sesuatu dari tampilannya saja. Karena bisa saja, sesuatu yang tampilannya tidak terlalu bagus, malah mengandung banyak kebaikan dan manfaat bagi manusia dan juga kehidupan.

Mengulik Sejarah Wedang Uwuh, Awalnya Hanya Untuk Para Raja

Wedang uwuh adalah minuman hangat yang menyehatkan, Sumber: rajominang.id
Wedang uwuh adalah minuman hangat yang menyehatkan, Sumber: rajominang.id

Jika dilihat di laman resmi Kemendikbud, disebutkan bahwa pada awalnya wedang ini dihidangkan pada zaman Sultan Agung yang merupakan Raja Mataram. Dikisahkan, pada saat itu Sultan Agung bersama dengan rombongan sedang mencari lokasi untuk membuat pemakaman Raja Mataram.

Ketika sudah sampai di Bukit Merak Imogiri Bantul, di suatu malam Sultan Agung meminta pengawalnya untuk membuatkan minuman hangat berupa wedang secang. Ketika diletakkan dekat Sultan Agung, angin kencang menerbangkan beberapa ranting dan daun hingga masuk ke minuman tersebut.

Seiring berjalannya waktu, ranting dan daun yang masuk ke minuman pun bercampur, dan tidak disangka ketika diminum oleh Sultan Agung, Beliau malah menyukainya karena rasanya yang nikmat dan segar.

Keesokan harinya, Sultan Agung pun meminta untuk dibuatkan minuman itu kembali. Kemudian, para pengawal akhirnya menyadari bahwa ada beberapa bahan tambahan yang masuk dan kemudian membuatkannya kembali. Lalu kemudian minuman tersebut pun diberi nama wedang uwuh hingga saat ini.

Manfaat Wedang Uwuh Bagi Tubuh

Manfaat wedang uwuh bagi kesehatan tubuh, Sumber: radarbanyumas.disway.id
Manfaat wedang uwuh bagi kesehatan tubuh, Sumber: radarbanyumas.disway.id

Salah satu ciri khas utama dari wedang uwuh adalah pengajiannya yang panas sehingga akan memberikan rasa hangat ketika diminum. Inilah salah satu alasan minuman ini sering ditemui di wisata kuliner malam Jogja.

Seperti yang sudah diketahui, rempah-rempah Indonesia memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Sehingga tidak heran jika wedang satu ini adalah salah satu minuman yang memiliki manfaat serupa.

Nah, berikut beberapa manfaat wedang uwuh bagi tubuh.

1. Mengatasi Asam Urat 

Kandungan kayu secang dan jahe merah yang ada pada wedang sudah terbukti bisa membantu menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh. Oleh karenanya, jika Sedulur Yogyaku memiliki masalah dengan penyakit ini, maka disarankan untuk rutin mengkonsumsinya.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan saat ini. Kabar baiknya, kandungan kayu manis dalam wedang rempah satu ini bisa membantu mencegah datangnya penyakit tersebut ke dalam tubuh.

3. Meredakan Batuk Pilek

Meskipun menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling umum, namun batuk pilek tetap saja menyiksa siapa pun yang dihinggapinya. Kabar baiknya, selain rasa hangat, gula batu yang digunakan pada wedang ini juga sangat membantu meredakan batuk pilek yang sedang menyerang.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kapulaga yang digunakan pada wedang ini juga ternyata memiliki khasiat yang luar biasa, salah satunya adalah menjaga daya imun seseorang. Kapulaga tersebut berperan melawan bakteri dan patogen yang sering kali mendatangkan masalah pada tubuh.

5. Menangkal Radikal Bebas

Serai merupakan salah satu rempah yang terkenal bisa melawan radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Karena wedang satu ini menggunakan rempah ini dalam pembuatannya, maka juga akan memiliki kemampuan serupa.

Itulah informasi tentang wedang uwuh lengkap dengan sejarahnya. Karena wedang ini adalah salah satu minuman peninggalan para raja, tidak ada salahnya untuk mencobanya ketika memiliki kesempatan.

Selain itu, ketika meminumnya, tidak ada salahnya untuk sekaligus menyantap makanan khas Jogja lain yang tidak kalah ikonik seperti bakpia atau bahkan tiwul ayu Mbok Sum. Jadi, kapan kira-kira Sedulur Yogyaku akan mencoba perpaduan makanan dan minuman ini?