6 Tempat Wisata Anak Di Jogja Yang Perlu Anda Ketahui

Untuk Anda para orang tua, penting sekali untuk Anda sesekali membawa anak ke tempat wisata Anak. Selain untuk rekreasi bagi keluarga, pergi ke tempat wisata anak dapat membantu tumbuh kembang Anak.

Di tempat wisata, Anak dapat belajar hal-hal baru yang belum Anak ketahui. Terlebih ketika Anda pergi ke tempat wisata yang mendukung tumbuh kembang Anak, ini akan lebih membantu mempercepat tumbuh kembang Anak, dari pada Anda mengajak Anak ke tempat yang tidak bermanfaat.

Daftar Tempat Wisata Anak Di Jogja Yang Perlu Anda Ketahui

Siapa bilang tempat wisata keluarga di Jogja hanya Malioboro, keraton ? Sekarang ini sudah banyak tempat wisata keluarga yang bukan sekedar menawarkan hiburan, akan tetapi juga menawarkan media pembelajaran untuk Anak.

Nah, dimana saja tempat wisata Anak di Jogja, simak selengkapnya ;

1.Museum Dirgantara Yogyakarta

Tempat wisata Anak di Jogja yang pertama ada Museum Dirgantara Yogyakarta. Tempat wisata Anak yang satu ini cocok sebagai media untuk memperkenalkan Anak terkait kedirgantaraan. Terlebih untuk Anda yang memiliki Anak yang ingin bercita-cita menjadi pilot, atau yang terkait dengan penerbangan.

Perlu diketahui, museum ini telah berdiri sejak bulan April 1968. Di museum Dirgantara , Anak dapat melihat berbagai jenis pesawat dari jarak dekat.

Di Museum Dirgantara terdapat 36 pesawat. Dan yang lebih menarik lagi,  Anak juga diperkenankan melihat langsung kokpit pesawat. Replika pesawat Dakota VT-CLA, merupakan koleksi terbaik di museum ini. Replika pesawat tersebut dimiliki perusahaan penerbangan asal negara India. Dulunya, pesawat tersebut ditembak jatuh Belanda di daerah Ngoto, Yogyakarta.

Museum Dirgantara Yogyakarta menjadi salah satu destinasi tempat wisata Anak di Jogja, sumber ; google.com
Museum Dirgantara Yogyakarta menjadi salah satu destinasi tempat wisata Anak di Jogja, sumber ; google.com

Untuk alamatnya, Museum Dirgantara Yogyakarta berada di  Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiono,  Bantul, Yogyakarta. Untuk nomor kontak, anda bisa menghubungi (0274) 564 466. Untuk jam operasionalnya pada pukul: 08.00 WIB – 15.00 WIB (Selasa – Minggu). Biaya Masuk kurang lebih Rp 4.000.

2.Taman Pintar Yogyakarta

Selain museum dirgantara, tempat wisata Anak di Jogja yang kedua ada Taman Pintar Yogyakarta. Tempat ini merupakan tempat yang  paling pas lainnya untuk liburan Anak. Di Taman Pintar Yogyakarta, Anak-anak dapat bermain sambil belajar.

Di Taman Pintar juga terdapat hiburan berupa atraksi yang sangat seru. Selain menawarkan hiburan, Taman Pintar juga menawarkan ruang sains dan teknologi yang cukup keren, serta ada juga ruang profesi yang dapat membantu mengenalkan kepada Anak terkait berbagai profesi yang dapat mereka jadikan referensi menjadi sebagai cita-cita. 

Selain itu, para pengunjung dapat menikmati terowongan bawah air  yang menyediakan informasi terkait sejarah terbentuknya alam semesta. Terakhir, Taman Pintar juga menyediakan ruangan yang dilengkapi replika hewan purbakala semisal dinosaurus, selain itu Taman Pintar menyediakan laboratorium sains,  bioskop 4D, dan berbagai permainan lainnya.

Wisata Taman Pintar Yogyakarta, sumber ; gppgle.com
Wisata Taman Pintar Yogyakarta, sumber ; gppgle.com

Untuk  lokasinya, Taman Pintar berada di Jl.Panembahan Senopati, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

3.Sindu Kusuma Edupark

Tempat wisata Anak di Jogja yang ketiga ada Sindu Kusuma Edupark, para pengunjung di Edupark bisa melihat film dengan kualitas 8D, loh. Selain itu juga, untuk Anda yang ingin melihat kota Jogja dengan cara berbeda, Anda dapat pergi  ke Ferris Wheel yang bernama Cakra Manggilingan, dengan ketinggian sekitar 50 meter.

Untuk sisi edukasi, Anda dapat membawa Anak untuk mengunjungi House of Batik dan Dino Park untuk mendapatkan pengalaman, serta pengetahuan untuk anak.

Tempat wisata Anak Sindu Kusuma Edupark, sumber ; google.com
Tempat wisata Anak Sindu Kusuma Edupark, sumber ; google.com

Untuk alamatnya, Sindu Kusuma Edupark berada di JL. Magelang KM 2 (Jl. Jambon), Sinduadi, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta.

4.Gembira Loka

Jika si kecil cenderung menyukai binatang sebagai media belajar, Anda dapat membawa Anak untuk pergi ke Gembira Loka. Tempat wisata Anak yang satu ini bertarif  Rp60.000, ini untuk kunjungan weekday, dan Rp75.000 untuk kunjungan weekend.

Di Gembira Loka, ada berbagai jenis binatang dengan berbagai jenisnya seperti reptil mamalia, dan aneka jenis burung .Suasana asri dan sejuk, membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan di Gembira Loka tanpa takut kepanasan.

5.Wildlife Rescue Centre Yogyakarta

Kalau Anda bosan mengajak Anak kebun binatang Gembira Loka, Anda dapat mengajak Anak ke Wildlife Rescue Centre Yogyakarta. Tempat ini berada di daerah Kulon Progo, disini Anak akan belajar tentang pentingnya menjaga kelangsungan satwa liar, dan habitatnya.

Wisata anak Wildlife Rescue Centre Yogyakarta juga sebagai tempat rehabilitasi para binatang yang dilindungi. Wildlife Rescue Centre Yogyakarta milik yayasan nirlaba yang bergerak dalam bidang konservasi . Memiliki luas sekitar 14 hektar, dan dapat menampung ratusan satwa seperti burung hantu, orang utan, dan elang.

6 Kids Fun Parc Yogyakarta

Ingin bermain berbagai wahana seru bersama anak? Tempat wisata anak di jogja tahun 2022 ini menjadi favorit banyak orang. Terdapat wahana gokart rafting, bombom car, sampai flying fox memacu adrenalin juga ada.Di waktu-waktu tertentu pun di tempat ini terdapat parade pertunjukkan edukatif untuk para pengunjung. Jangan sampai melewati wahana aqua flash yakni wisata air menarik yang cocok untuk toddler.

Nah, bagaimana mom’s apakah berminat untuk mengunjungi tempat wisata Anak di Jogja. Dari pada si kecil bermain gadget setiap hari, lebih baik dialihkan untuk mengunjungi tempat wisata yang akn menghilangkan kebiasaan Anak akan ketergantungan terhadap gadget.

Demikian informasi yang bisa Kami infokan, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.