10 Rekomendasi Wisata Goa Jogja yang Siap Uji Adernalin

Menghitung tempat wisata di Jogja tentu tidak ada habisnya. Karena kota Gudeg ini memiliki sejuta wisata yang mempesona, mulai dari wisata budaya, kuliner hingga wisata alam. Nah, Jangan ngaku menjadi petualang sejati jika belum menjelajahi wisata goa Jogja.

Ada banyak tempat wisata alam yang indah dan asri di Jogja. Salah satunya adalah destinasi wisata goa yang masih asri dan tak kalah keren dari daerah lain. Sebagian besar goa di Jogja merupakan goa kapur yang menyediakan pemandangan stalaktit dan stalagmit. Anda dapat menghilangkan stres dan lebih menenangkan pikiran dengan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Goa paling terkenal di Jogja adalah Goa Pindul. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak wisata goa di Jogja yang tak kalah menarik? Jogja memiliki banyak goa yang terbentang dari Bantul hingga Gunung Kidul. Berikut 10 goa yang wajib dikunjungi di Jogja. Simak ulasannya!

10 Rekomendai Wisata Goa Jogja

Selain menikmati keindahannya, wisata goa jogja ini siap menantang adrenalin Anda. Salah satunya di Gua Pindul dimana Anda bisa melakukan tubing di sungai. Di Jogja Anda bisa merasakan kuliner khas Jogja sambil berwisata. Nah, Yogyaku akan merangkumkan destinasi wisata goa paling keren dan populer di Jogja dari berbagai sumber.

1. Goa Pindul

Goa Pindul merupakan salah satu goa yang paling populer di Jogja dan selalu ramai akan pengunjung. Sebelum dijadikan destinasi wisata, masyarakat sekitar sering memanfaatkan Goa Pindul untuk aktivitas seperti mandi atau mencuci pakaian. Aliran air di Goa Pindul terkenal dengan kebersihannya.

Saat ini, Goa Pindul menjadi tujuan favorit untuk liburan di Jogja. Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Goa Pindul adalah cave tubing atau menyusuri sungai dengan pelampung. Di sini Anda akan menyusuri dengan cara yang menyenangkan di sepanjang Goa Pindul sepanjang 350 meter.

Penampakan objek wisata Goa Pindul. Sumber: jogjacars.com
Penampakan objek wisata Goa Pindul. Sumber: jogjacars.com
  • Alamat : Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul
  • Waktu Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp50.000 – Rp100.000

2. Goa Cokro

Goa Cokro merupakan bagian dari 13 Geosites Gunung Sewu Unesco Globak Geopark. Goa ini telah dibuka sebagai objek wisata sejak tahun 2010. Goa Cokro memiliki kedalaman 18 meter di atas permukaan tanah. Di sini pengunjung bisa merasakan sensasi cave tubing dengan rute yang lebih menantang dari Gua Pindul.

Goa Cokro memiliki mulut goa yang vertikal dengan panjang 1,5 meter dan diameter 1 meter. Untuk turun ke dalam goa Anda perlu menggunakan tali dan carabiner. Di dalam goa Anda akan diajak berjalan kaki melewati goa sepanjang 200 meter. Udara yang dingin dan lembab memberikan kesan berbeda saat berjalan menyusuri Goa Cokro.

Penampakan Goa Cokro. Sumber: line.me
Penampakan Goa Cokro. Sumber: line.me
  • Alamat : Wirik, Umbulrejo, Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul
  • Waktu Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp100.000/orang

3. Goa Cerme

Goa Cerme merupakan situs sejarah dimana goa ini pernah menjadi tempat pertemuan Wali Songo untuk membahas pembangunan Masjid Agung Demak. Goa Cerme juga sering dijadikan tempat para wali untuk berdakwah.

Kini Goa Cerme menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja yang paling menarik. Gua ini memiliki stalaktit dan stalagmit. Goa Cerme panjangnya 1,5 km. Untuk mengunjungi Goa Cerme Anda perlu menyiapkan baju ganti dan pakaian yang nyaman untuk turun ke dalam goa. Karena Anda akan turun melalui goa tanpa menggunakan pelampung.

Penampakan dari Goa Cerme. Sumber: happytour.id
Penampakan dari Goa Cerme. Sumber: happytour.id
  • Alamat : Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Kabupaten Bantul
  • Waktu Operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

4. Goa Sriti

Goa Sriti menjadi salah satu goa bersejarah di Jogja. Goa Sriti pernah digunakan sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat berperang melawan penjajah Belanda. Pada saat itu, Pangeran Diponegoro menjadi pemimpin perang yang disebut Perang Diponegoro.

Goa Sriti terdiri dari stalaktit dan stalagmit yang menghiasi seluruh dinding gua. Untuk menjelajahi Goa Sriti, Anda harus mengenakan jaket pelampung dan pelindung kepala. Di gua ini Anda akan berenang melewati goa dan dipandu oleh seorang juru kunci yang akan memberi Anda petunjuk dan memberi tahu Anda sejarah Goa Sriti.

Menyusuri Goa Sriti. Sumber: http://cavetubinggoapindul.blogspot.com
Menyusuri Goa Sriti. Sumber: http://cavetubinggoapindul.blogspot.com
  • Alamat : Dukuh Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

5. Goa Kalisuci

Ternyata sebelum Goa Pindul diperkenalkan, Goa Kalisuci merupakan kawasan wisata susur goa pertama di Indonesia. Memasuki wilayah Kabupaten Gunung Kidul, keunikan tersebut bisa Anda temukan di Goa Kalisuci yang artinya perbukitan karst dan gua aliran sungai bawah tanah.

Sungai di Goa Kalisuci memiliki kedalaman 2 sampai 3 meter. Anda akan diberikan pelampung dan alat pelindung untuk menyusuri goa ini. Jarak di sepanjang goa sekitar 500 meter dan memakan waktu hingga 2 jam. Pengunjung akan didampingi oleh pemandu yang akan memberikan arahan bagaimana cara mencapai titik akhir.

Kalisuci cave tubing. Sumber: instagram.com/rudi_setyawan
Kalisuci cave tubing. Sumber: instagram.com/rudi_setyawan
  • Alamat : Jetis, Jonge, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul
  • Waktu Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp80.000/orang

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan salah satu goa vertikal yang saat ini banyak menarik perhatian wisatawan. Goa Jomblang memiliki kedalaman yang bervariasi dari 15 hingga 80 meter. Untuk mengunjungi Goa Jomblang, Anda harus memiliki pengalaman menggunakan webbing untuk mencapai dasar goa.

Ada beberapa jalur untuk dipilih. Untuk pemula, Anda bisa mencapai kedalaman 15 meter. Setelah itu ada jalur C sedalam 40 meter, lalu jalur B sedalam 60 meter dan jalur A yang merupakan bagian terdalam 80 meter. Jangan khawatir, Anda akan dipandu oleh pemandu yang profesional di bidangnya.

Goa Jomblang. Sumber: instagram.com/rendytjoanda
Goa Jomblang. Sumber: instagram.com/rendytjoanda
  • Alamat : Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul
  • Waktu Operasional : 08.00 – 14.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp450.000 – Rp1.000.000/paket

7. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo merupakan destinasi wisata religi untuk umat Hindu. Goa ini ditemukan pada tahun 1820, goa ini memiliki kaitan erat dengan sejarah pewayangan Jawa, yaitu Ramayana. Dipercaya bahwa goa ini adalah tempat prajurit kera Subali Sugriwa melawan raksasa perkasa Mahesasura.

Ada 9 pertapaan di Goa Kiskendo. yaitu pertapaan Lumbung Kampek, Tledek, Santri Tani, Padasan, Selumbung, Seterbang, Kusuman, Semelong dan Sekandang. Ada juga air yang berasal dari tetesan stalaktit yang bisa diminum. Gua Kiskendo dapat dijelajahi sejauh 1 km.

Goa kiskendo. Sumber: tribunnews.com
Goa kiskendo. Sumber: tribunnews.com
  • Alamat : Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
  • Waktu Operasional : 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

8. Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono adalah salah satu goa yang menyimpan rahasia misteri. Goa ini terbentuk secara vertikal di wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Mitosnya, goa ini dihuni manusia selama ratusan hingga ribuan tahun. Goa Rancang Kencono digunakan pada masa Kerajaan Mataram Islam. Goa Rancang Kencono

kini menjadi salah satu destinasi wisata alam edukasi. Di dalam gua ada stalaktit yang mengesankan. Gua ini dapat ditelusuri melalui tangga. Di sebelah tangga menuju badan goa, ada pohon Klumpit yang lebih tinggi dari langit-langit goa. Di dalam goa ada tiga ruangan dengan ukuran berbeda.

Fasilitas Goa Rancang Kencono. Sumber: alodiatour.com
Fasilitas Goa Rancang Kencono. Sumber: alodiatour.com
  • Alamat : Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul
  • Waktu Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp35.000/orang

9. Goa Tanding

Goa Tanding merupakan wisata yang masih terbilang baru di Jogja. Goa Tanding dibuka pada tahun 2016. Lokasi goa ini tidak jauh dari Goa Pindul. Bahkan air di Goa Tanding masih satu aliran dengan Gua Pindul. Bedanya, Goa Tanding memiliki lorong goa yang lebih panjang dan ruang goa yang lebih luas dari Goa Pindul.

Sama seperti di Goa Pindul, Anda bisa menikmati pemandangan Goa Tanding dengan menyusuri goa di dalam goa menggunakan perahu karet. Goa Tanding dihiasi dengan stalaktit dan stalagmit yang menggantung dari langit-langit goa. Karena ruangan gua yang luas, Anda bisa melihat keindahan gua ini dengan leluasa.

Paket Goa Tanding. Sumber: bp.blogspot.com
Paket Goa Tanding. Sumber: bp.blogspot.com
  • Alamat : Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul
  • Waktu Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

10. Goa Selarong

Goa Selarong merupakan goa yang bersejarah di Kabupaten Bantul. Seperti Gua Sriti, Goa Selarong menjadi bagian dari kisah perjuangan Pangeran Diponegoro. Goa Selarong menjadi tempat Pangeran Diponegoro mengatur strategi, atau dikenal juga sebagai markas gerilya saat perang melawan Belanda. Goa Selarong

kini dijadikan sebagai tempat wisata sejarah dimana saat memasuki area goa Anda akan melihat patung Pangeran Diponegoro yang sedang menunggang kuda. Ada dua goa yaitu Goa Putri dan Goa Kakung. Kedua goa ini memiliki kedalaman dan fungsi yang berbeda.

Pintu masuk Goa Selarong. Sumber: instagram.com/sandrays4502
Pintu masuk Goa Selarong. Sumber: instagram.com/sandrays4502
  • Alamat : Guwosari, Pajangan, Kabupaten Bantul
  • Waktu Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

Nah itulah rekomendasi 10 goa di jogja yang akan menantang adrenalin Anda. Jadi sekarang goa mana yang akan menjadi destinasi liburan Anda selanjutnya? Bukan hanya soal pantai saja, yuk ajak kerabat Anda di wisata goa di Jogja!