Sekolah Alam Beniso, Tawarkan Inovasi Pendidikan Untuk Generasi Unggulan

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Seiring berkembangnya zaman, cara mendidik dan belajar anak juga makin beragam. Berbeda dengan zaman dahulu yang biasanya hanya ada satu tipe sekolah yang formal, kini makin banyak bermunculan sekolah dengan cara belajar yang lebih menyenangkan. Salah satunya adalah Sekolah Alam Beniso. 

Seperti namanya, proses belajar mengajar di sekolah ini sangat berkaitan langsung dengan alam dan lingkungan. Anak yang ikut belajar juga biasanya tidak mengenakan seragam seperti kebanyakan sekolah lainnya.

Nah, bagi orang tua yang sedang bimbang mencari referensi sekolah anak, atau malah sedang bingung akan memasukkan anak ke sekolah berbasis Islam atau alam, yuk simak dulu informasi tentang Sekolah Alam Beniso berikut ini.

Sekolah Alam Beniso, Tempat Belajar yang Asyik nan Menyenangkan 

Bagi yang belum tahu, Beniso merupakan sekolah untuk anak usia dini, atau yang sering juga disebut dengan PAUD. Sebagai salah satu sekolah yang mengedepankan kualitas pendidikan dengan lingkungan, Beniso tentu menjadi salah satu incaran oleh banyak orang tua.

Berbeda dengan sekolah umum yang biasanya hanya terpaku dengan proses belajar di dalam kelas, Sekolah Alam Beniso menawarkan berbagai macam kegiatan lapangan yang terbagi dalam beberapa bidang atau sentra.

Beberapa bidang tersebut diantaranya adalah Sentra Main Peran, Sentra Persiapan, Sentra Bahan Alam, Sentra Pembangunan, bahkan ada juga Cooking Class dan Sentra IMTAQ. Setiap sentra tersebut tentu dijalankan oleh pihak yang sudah berpengalaman.

Dengan belajar dan beraktivitas langsung di alam, para siswa diharapkan bisa lebih mandiri, peka, memiliki problem solving yang baik, memiliki empati yang lebih tinggi, dan lain sebagainya.

Selain itu, belajar langsung di alam terbuka tentu akan memberikan pengalaman baru yang berbeda, sehingga anak tidak akan mudah merasa bosan dan enggan untuk berangkat ke sekolah setiap harinya.

Sekolah Alam Beniso juga sering kali melakukan kegiatan yang bisa mendatangkan banyak manfaat. Misalnya saja mengajarkan mengolah hasil alam menjadi produk yang siap dikonsumsi, membuat beberapa DIY, dan lain sebagainya.

Sejarah Singkat Tentang Sekolah Alam Beniso 

Sekolah Alam Beniso ini berdiri sejak tahun 2003, tepatnya diresmikan pada 20 Mei 2003. Tidak langsung berbentuk sekolah seperti sekarang, Beniso bermula sebagai les bimbingan belajar gratis bagi para siswa TK dan SD yang ada di Kampung Randubelang.

Banyak disukai dan diterima oleh berbagai kalangan, akhirnya tempat les tersebut berkembang dan menjadi sekolah seperti saat ini. Semakin berkembang, akhirnya Beniso saat ini juga memiliki sanggar tari bernama Gloraseni.

Benison sendiri digagas oleh Novie Eviany S.Pd.AUD., M.Psi, seseorang yang memiliki kepedulian dan keprihatinan terhadap biaya pendidikan yang semakin lama semakin tinggi, sehingga semakin sulit dijangkau bagi beberapa kalangan. Inilah mengapa salah satu sekolah alam terdekat di Jogja ini terkenal dengan biayanya yang masih cukup terjangkau.

Alamat dan Kontak Sekolah Alam Beniso

Sekolah Alam Beniso Jogja, Sumber: googleusercontent.com
Sekolah Alam Beniso Jogja, Sumber: googleusercontent.com

Setelah mengulik beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Beniso tadi, tidak heran rasanya jika banyak orang tua yang penasaran. Untuk alamatnya sendiri, Sekolah Alam Beniso berada di Jalan Pangeran Wiro Sobo RT. 66 RW, 17, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Yogyakarta.

Jika merasa ingin menanyakan beberapa hal namun belum bisa datang secara langsung, maka orang tua juga bisa menghubungi nomor kontak 0813 2808 8858.

Beniso juga memiliki akun Instagram yang sering membagikan kegiatan atau informasi terkini, akun tersebut adalah @sekolahalambeniso.

Kisaran Biaya Sekolah Alam Beniso, Berapa ya?

Kisaran biaya SPP, Sumber: marketeers.com
Kisaran biaya SPP, Sumber: marketeers.com

Setelah mengulik lebih dalam tentang sekolah Beniso, kini sampailah pada salah satu bagian penting yang menjadi pertimbangan utama ketika memilihkan sekolah untuk anak. Yakni biaya masuk dan biaya perbulannya.

Untuk  biaya pendaftarannya adalah sebesar Rp. 1.750.000, sedangkan untuk SPP untuk anak berusia 0-3 tahun sebesar Rp. 600.000 per bulan. Kemudian, untuk anak yang berusia 4-7 tahun biaya bulanannya adalah sebesar Rp. 500.000.

Namun, perlu diketahui juga ada biaya-biaya lain yang perlu diperhatikan, misalnya saja biaya admin, biaya seragam dan lain sebagainya. Biaya yang sudah disebutkan tadi juga bisa berubah sewaktu-waktu ketika tahun ajaran baru dimulai.

Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Alam 

Kelebihan dan kekurangan sekolah alam, Sumber: kabartimurnews.com
Kelebihan dan kekurangan sekolah alam, Sumber: kabartimurnews.com

Memilih sekolah untuk anak tentu bukan perkara yang mudah. Ada banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan dengan baik. Jika memang Sedulur Yogyaku berencana untuk memasukkan anak ke sekolah alam, ada baiknya mengkaji lebih dalam kelebihan dan kekurangannya. 

Beberapa kelebihan utama dari sekolah alam adalah bisa membuat anak lebih mandiri, kreatif, melatih fokus anak pada lingkungan sekitarnya, bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri anak, meningkatkan social skill anak, hingga membuat anak menjadi lebih sehat karena biasanya lebih aktif bergerak.

Namun, nyatanya konsep sekolah alam juga memiliki kekurangannya sendiri. Beberapa diantaranya adalah berkaitan dengan cuaca yang kadang tidak menentu, kurikulumnya yang jelas berbeda dengan sekolah biasa, masalah keamanan dan kebersihan yang kadang mengkhawatirkan, sampai konsepnya yang belum tentu cocok untuk semua anak.

Itulah sebabnya, ketika sedang mencarikan sekolah untuk anak, ada baiknya untuk mengajak anak sekadar melihat-lihat lingkungan calon sekolah mereka, sehingga mereka memiliki gambaran yang cukup tentang tempatnya belajar kelak.

Itulah informasi tentang Sekolah Alam Beniso, salah satu sekolah yang saat ini sedang menjadi topik pembicaraan di kalangan orang tua. Meski memiliki banyak kelebihan, sebagai orang tua sebaiknya memikirkan pertimbangan lain ketika akan memilihkan sekolah untuk anaknya.

Nah, jika Sedulur Yogyaku masih ingin mencari referensi lain tentang sekolah atau kursus di sekitar Jogja, maka bisa langsung mencarinya di laman utama Yogyaku. Semoga bermanfaat!