Liburan Sambil Momong di Wisata Dino Park Jogja

Photo of author

Ditulis oleh Melynda Dyah

Seorang Content Writer yang membawa semangat dan kreativitas dalam setiap tulisannya. Bekerja untuk Zeka Digital dan untuk diri sendiri.

Sebagai salah satu kota tujuan utama untuk wisata, tidak heran memang jika Jogja memiliki banyak sekali jenis tempat wisata. Mulai dari wisata alam yang sangat terkenal seperti Blue Lagoon Kaliurang, sampai Wisata Dino Park Jogja yang dibuka belum lama ini.

Ya, seperti namanya, daya tarik utama dari tempat wisata ini memang penampakan hewan purbakala yang sudah punah sejak bertahun-tahun lalu. Meski sering dijadikan sebagai hiburan untuk anak-anak, namun tidak sedikit pula orang dewasa yang tertarik untuk datang ke sini lho.

Nah, Sedulur Yogyaku salah satu diantaranya, yuk simak dulu beberapa hal menarik tentang Dino Park Jogja di bawah ini!

Dino Park, Tempat Wisata Keluarga yang Disukai Anak-Anak

Wisata Dino Park Jogja, Sumber: travel.tribunnews.com
Wisata Dino Park Jogja, Sumber: travel.tribunnews.com

Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, Dino Park merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang belum terlalu lama dibuka, tepatnya baru sejak tahun 2022 lalu. Dino Park sendiri termasuk dalam bagian Merapi Park, salah satu tempat wisata hits yang ada di Jogja.

Sesuai dengan namanya, di Wisata Dino Park Jogja Sedulur Yogyaku bisa menemukan cukup banyak penampakan replika dinosaurus dengan ukuran yang sangat besar. Replika dinosaurus yang ada juga cukup beragam, sangat cukup menjawab penasaran anak-anak yang memiliki ketertarikan dengan hewan purbakala ini.

Salah satu alasan utama orang tua mengajak anaknya untuk berkunjung kesini selain karena tempatnya yang unik, tentu saja karena Dino Park juga merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang menyampaikan banyak informasi dengan cara yang menyenangkan.

Jadi, anak-anak tidak hanya sekadar berlibur dan bermain, namun juga mendapatkan informasi menarik sekaligus pengalaman menyenangkan yang tidak akan mereka lupakan hingga waktu yang lama.

Daya Tarik Utama Wisata Dino Park Jogja

Menghabiskan akhir pekan di Dino Park, Sumber: salsawisata.com
Menghabiskan akhir pekan di Dino Park, Sumber: salsawisata.com

Setiap tempat wisata tentu saja memiliki beberapa daya tarik utamanya, tidak terkecuali dengan tempat yang satu ini. Nah, berikut beberapa daya tarik utama dari Dino Park Jogja yang tidak dimiliki tempat wisata lainnya.

1. Banyak Spot Aestetik dan Instagramable 

Sudah bukan rahasia lagi memang, jika salah satu alasan orang berlibur saat ini adalah untuk mendapatkan foto yang cantik dan estetik, sehingga bisa diunggah di sosial media.

Kabar baiknya, di sini ada cukup banyak spot instagramable yang bisa diandalkan. Salah satu yang paling populer adalah wilayah habitat dinosaurus sekaligus dengan efek-efek khusus yang bisa mendukung hasil foto menjadi jauh lebih dramatis dan menarik.

2. Ada Robot Dinosaurus 

Alasan lain yang sering membuat orang ingin berkunjung ke salah satu wisata hidden gem Jogja ini adalah karena adanya robot dinosaurus. Dengan adanya robot ini, tentu pengunjung bisa mendapatkan visualisasi yang lebih real tentang kehidupan dinosaurus pada masanya.

Visualisasi yang coba diperlihatkan dari robot tersebut mencakup bentuk, jenis hingga ukuran asli pada saat dinosaurus tersebut masih hidup. Selain itu, kawasan Wisata Dino Park Jogja juga dirancang sedemikian rupa hingga bisa memberikan suasana hutan di zaman dinosaurus.

3. Sudah Banyak Stand Kuliner

Apalah artinya jalan-jalan jika tidak sekaligus mencicipi makanan. Nah, bagi Sedulur Yogyaku yang berencana untuk ke sini, tidak perlu khawatir karena di sini juga sudah ada cukup banyak stand yang menjual makanan.

Makanan yang disediakan juga sudah cukup beragam, mulai dari camilan ringan hingga makanan berat yang siap mengenyangkan perut. Jadi, Sedulur Yogyaku tidak perlu repot untuk membawa makanan dari luar tempat wisata.

Alamat dan Rute Wisata Dino Park Jogja

Wisata bersama anak-anak, Sumber: idntimes.com
Wisata bersama anak-anak, Sumber: idntimes.com

Jika Sedulur Yogyaku sudah tidak sabar untuk langsung berkunjung ke sini, lokasi Dino Park Jogja ada di Jl. Museum Gunung Merapi, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Jika Sedulur Yogyaku ingin menuju ke sini dari Malioboro, maka jarak yang harus ditempuh sekitar 22 km dengan waktu tempuh 40 menit jika menggunakan sepeda motor. Namun, jika menggunakan mobil biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 50-60 menit perjalanan.

Sedangkan jika Sedulur Yogyaku berasal dari sekitar Sura Loka Zoo Jogja, maka jaraknya sangat dekat, yakni tidak sampai 2 km. jika menggunakan sepeda motor, maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sini hanya sekitar 5 menit saja.

Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Dino Park Jogja 

Berwisata edukasi di Dino Park, Sumber: ulasan google
Berwisata edukasi di Dino Park, Sumber: ulasan google

Meskipun menawarkan suasana dan pengalaman yang berbeda, namun nyatanya harga tiket Wisata Dino Park Jogja masih bisa dikatakan cukup murah. Dimana, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 15.000 saja untuk bisa masuk ke sini.

Namun, jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih seru, maka bisa membeli tiket bundling 4 in 1. Selain itu, untuk parkirnya sendiri dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Sedangkan untuk jam bukanya, Dino Park Jogja buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Jika ingin menghabiskan waktu cukup lama, sangat disarankan untuk datang pagi hari ke sini, sehingga cuacanya belum terlalu panas, dan juga pengunjungnya pun masih belum terlalu ramai.

Itulah informasi tentang Wisata Dino Park Jogja, salah satu alternatif tempat wisata yang bisa dipertimbangkan para orang tua ketika akhir pekan atau masa liburan tiba. Tak hanya untuk memberikan waktu yang menyenangkan bagi anak setelah lelah sekolah, tempat ini juga memberikan edukasi yang tidak sedikit.

Jadi, sudahkah Sedulur Yogyaku memasukkan tempat wisata ini dalam list liburan dalam waktu dekat ini?