Kampung Minapadi, Destinasi Kuliner Unik Bertema Persawahan

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Kampung Minapadi yang berada di Sleman, Yogyakarta merupakan opsi destinasi wisata kuliner yang cocok untuk keluarga maupun rombongan kolega. Seperti yang kita ketahui, Jogja memang memiliki begitu banyak destinasi kuliner yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya Kampung Minapadi di Sambirembe, Candibinangun, Pakem, Sleman yang tak jauh dari wisata populer The Lost World Castle. Desa wisata ini terbilang unik karena mengkombinasikan wisata edukatif, wisata kuliner sekaligus wisata alam yang kental akan kearifan lokal. 

Seperti apa keunikan dari spot wisata ini? Simak sampai akhir!

Asal Mula Agroeduwisata Kampung Minapadi

Wisata kuliner di Kampung Minapadi Sleman, Sumber: kompas.com
Wisata kuliner di Kampung Minapadi Sleman, Sumber: kompas.com

Kampung Minapadi atau Kampung Mina Wisata Samberembe menghadirkan konsep agroeduwisata yang unik. Di mana konsep pertanian, pendidikan, perikanan dan kuliner berpadu di satu kawasan yang dikelola secara langsung oleh masyarakat.

Pengembangan Minapadi berawal dari niat serius warga dalam mempersiapkan event tingkat DIY, Pekan Daerah Petani Nelayan Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda-KTNA). Pasca agenda forum yang dilangsungkan pada pertengahan 2019 silam tersebut, kelompok sadar wisata Kampung Mina Padi Samberembe pun dibentuk.

Persiapan membangun desa wisata sendiri sudah dirintis beberapa bulan sebelum kelompok sadar wisata (pokdarwis) dikukuhkan. Semua tokoh masyarakat dan warga desa setempat termasuk petani dilibatkan untuk mengelola potensi pertanian di wilayah Samberembe termasuk mewujudkan desa wisata Kampung Minapadi.

Dalam perkembangannya, Kampung Wisata Minapadi bukan hanya sekadar desa wisata yang digerakkan oleh warga setempat saja. Tapi juga berperan dalam menghidupkan kembali kelompok-kelompok wisata, pertanian dan perikanan lokal.

Apa Saja Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Kampung Minapadi?

Kampung dengan konsep persawahan, Sumber: nasional.kompas.com
Kampung dengan konsep persawahan, Sumber: nasional.kompas.com

Sedulur Yogyaku akan langsung disambut oleh suasana alam pedesaan yang kental ketika menginjakkan kaki di Kampung Minapadi. Di desa wisata yang memiliki luas sekitar 3 hektar ini, Sedulur Yogyaku dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berikut ini:

1. Belajar Teknologi Perikanan dan Pertanian

Sesuai dengan namanya, ‘Mina’ yang berarti ikan, sistem minapadi di Kampung Samberembe menggabungkan budidaya ikan dan budidaya padi di satu lahan pertanian. Dalam sistem ini, ikan dibiarkan hidup di petakan sawah yang merupakan lingkungan ideal untuk berkembang biak.

Ikan-ikan tersebut nantinya akan memberikan pupuk alami ke tanaman padi melalui sisa makanan dan kotoran mereka. Jenis ikan yang disebar di Kampung Minapadi adalah ikan nila yang cocok dengan sistem ini sekaligus ideal untuk ikan konsumsi. Pengunjung dapat menyaksikan penerapan sistem minapadi yang sukses secara langsung di sini.

2. Menikmati Kuliner Lokal Hasil Sistem Minapadi

Sambil menikmati pemandangan persawahan yang asri di tengah pedesaan, jangan lupa mencicipi berbagai kuliner di Kampung Minapadi. Semua hasil pertanian seperti beras, ikan, sayur hingga cabai diolah sedemikian rupa menjadi kuliner lokal nan lezat yang disajikan bagi para pengunjung.

3. Makan dan Foto-foto di Tepi Sawah

Para wisatawan dapat menyantap berbagai kuliner yang diolah oleh warga lokal di tepi sawah atau sungai sambil menikmati pemandangan sawah dan sungai yang asri. Di sini Sedulur Yogyaku juga dapat berfoto dengan latar belakang yang unik seperti foto selfie makan di atas sungai atau bermain air di sungai.

4. Wisata Edukasi Pertanian

Beragrowisata di Minapadi, Sumber: ekonomi.republika.co.id
Beragrowisata di Minapadi, Sumber: ekonomi.republika.co.id

Selain menikmati kuliner pedesaan yang lezat, pengunjung juga dapat mengikuti sanggar belajar di Kampung Mina Wisata Sambirembe. Di sanggar ini, anak-anak milenial dapat mempelajari teknik menjadi pengusaha di bidang pertanian dan perikanan.

5. Berfoto di Taman Inspirasi Jokowi

Kalau berkunjung ke Kampung Minapadi, Sedulur Yogyaku akan menemukan taman dengan nama yang unik, yakni Taman Inspirasi Jokowi. Taman ini dibangun terinspirasi dari Presiden Jokowi. Sehingga wajar jika terdapat kata-kata yang terinspirasi dari kepemimpinan, keberanian dan sikap optimis Presiden Jokowi di taman ini.

6. Outbound Seru

Selain belajar sambil menikmati keindahan desa Sambirembe, di sini Sedulur Yogyaku juga bisa mencoba wahana outbound. Tersedia berbagai paket wisata seru bagi para pengunjung. Sedulur Yogyaku dapat memilih paket kunjungan seperti paket outbound untuk anak-anak, paket keluarga dan paket studi banding.

Semua paket tersebut tersedia dengan tarif terjangkau dan pastinya terdiri dari aktivitas yang seru. Contohnya seperti memancing menggunakan lidi pohon kelapa dan cacing atau bermain di sungai ketika musim kemarau.

7. Ikut Cooking Class

Untuk pengunjung yang ingin menambah pengalaman memasak atau ingin meningkatkan keahlian memasak, bisa ikut cooking class di Minapadi. Sedulur Yogyaku akan diajak untuk mengolah berbagai masakan seperti pepes ikan nila, nila crispy, rengginang nila hingga membuat abon lele.

8. Mencoba Berbagai Aktivitas Seni

Selain memasak, Sedulur Yogyaku yang liburan bersama keluarga ke Minapadi juga bisa mencoba kegiatan artistik. Seperti contohnya membuat lukisan di caping hingga membatik. Aktivitas seni ini tentu akan menambah pengalaman liburan yang kian berkesan dan tak terlupakan bersama keluarga.

Fasilitas di Kampung Minapadi, Ada Apa Saja?

Di Minapadi bisa melakukan beragam kegiatan seru, Sumber: jagadtani.com
Di Minapadi bisa melakukan beragam kegiatan seru, Sumber: jagadtani.com

Pengunjung tak perlu khawatir akan kenyamanan saat menghabiskan waktu di Kampung Minapadi. Pasalnya, sejumlah fasilitas pendukung sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola. Berikut ini beberapa fasilitas yang akan Sedulur Yogyaku temukan di kampung wisata ini:

  • Area parkir
  • Kamar mandi umum
  • Balai pertemuan
  • Kuliner
  • Musholla
  • Area selfie
  • Outbound
  • Spot foto
  • Wifi area

Selain beberapa fasilitas di atas, Kampung Minapadi juga menyediakan cukup banyak tempat makan. Sedulur Yogyaku bisa mencicipi aneka menu makanan khas yang terasa nikmat dan lezat. Tentu, dengan ditemani suasana pedesaan yang syahdu.

Kampung Minapadi, Kampung Wisata yang Akan Memperkaya Pengalaman 

Kampung Wisata Minapadi bukan hanya menawarkan kenyamanan mencicipi kuliner lokal di tengah asrinya persawahan. Namun juga menyajikan pengalaman tak terlupakan berinteraksi dengan ikan-ikan yang dibudidayakan di sawah.

Jadi, untuk Sedulur Yogyaku yang senantiasa mencari sensasi wisata hidden gem Jogja terbaru, Kampung Minapadi bisa menjadi destinasi yang tepat. Sedulur Yogyaku juga bisa memperkaya pengalaman dengan hunting slow bar Jogja yang bisa menambah referensi kuliner Sedulur Yogyaku sekalian.