Nikmatnya Durian Kencono Rukmi, Buah Istimewa dari Gunungkidul

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Durian bisa dikatakan sebagai salah satu buah yang unik. Sebab, ada orang yang bisa sangat menyukai buah ini, sebaliknya ada juga orang yang sangat tidak menyukainya. Dari banyaknya jenis buah durian saat ini, durian kencono rukmi merupakan salah satu jenis yang semakin ramai peminat belakangan ini.

Ya, durian kencono rukmi memang belum seterkenal durian montong ataupun durian musang king. Namun nyatanya, durian jenis ini memiliki keunikannya sendiri yang hampir tidak dimiliki jenis durian lainnya.

Nah, untuk Sedulur Yogyaku yang mulai penasaran dengan jenis durian ini, yuk simak beberapa informasinya berikut ini!

Mengenal Durian Kencono Rukmi, Durian Unik dari Gunungkidul

Durian kencono rukmi khas Gunung Kidul, Sumber: travel.kompas.com
Durian kencono rukmi khas Gunung Kidul, Sumber: travel.kompas.com

Jika sebagian Sedulur Yogyaku hanya ingat tentang rinding gumbeng ketika mendengar nama Gunungkidul, maka kini Anda bisa menambahkan satu hal ikonik lainnya tentang kota ini, yakni durian kencono rukmi. 

Meskipun durian ini berasal dari Gunungkidul, namun tidak semua wilayah Gunungkidul memiliki durian ini. Daerah yang banyak memiliki pohon durian ini adalah wilayah Patuk.

Salah satu ciri khas utama dari jenis durian ini adalah warna daging buahnya yang kuning keemasan. Sehingga, ketika dibuka, rasa ingin menyantap buah yang satu ini langsung menggelora. Warna biji buah durian ini juga berbeda, dimana warnanya adalah coklat yang cukup pekat.

Hal tersebut tentu berbeda dengan kebanyakan durian yang biasanya dagingnya berwarna putih keruh. Meskipun rasanya tetap manis, tentu melihat buah durian dengan warna keemasan akan terasa jauh lebih menggiurkan dibanding yang warnanya hanya putih saja.

Untuk urusan rasa, sebenarnya rasa buah durian jenis ini tidak terlalu berbeda, tetap manis, legit, dan tentu saja ada aroma khas durian yang menjadi daya tarik utama bagi para peminatnya.

Keunikan lain yang ada pada jenis durian ini adalah teksturnya yang tidak lembek atau kenyal. Ya, kebanyakan jenis durian jika sudah matang maka dagingnya akan terlihat lembek dan seperti ada airnya. Berbeda dengan kencono rukmi yang sama sekali tidak mengandung air.

Karena beberapa keunikannya tadi, beberapa orang menyebutkan bahwa buah durian jenis kencono rukmi memiliki kemiripan dengan buah lai, salah satu buah khas yang berasal dari Kalimantan.

Kelebihan Durian Kencono Rukmi, Dijamin Lebih Sehat

Warna kuning keemasan yang menggugah selera, Sumber: jatger.net
Warna kuning keemasan yang menggugah selera, Sumber: jatger.net

Mendapatkan julukan raja buah karena cita rasanya yang luar biasa, nyatanya buah durian juga memiliki sisi lain yang membuat kurang nyaman. Yakni kandungan alkoholnya yang tidak bisa dikonsumsi semua orang, hingga kandungan gulanya yang cukup tinggi.

Namun ternyata, masalah tersebut tidak akan ditemukan pada kencono rukmi. Dimana, pada jenis durian ini hampir tidak ditemukan kandungan alkohol sama sekali. Selain itu, buah durian ini juga diklaim aman bagi penderita hipertensi.

Selain diklaim aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki darah tinggi, beberapa sumber juga menyebutkan bahwa jenis durian ini jauh lebih aman dikonsumsi oleh ibu hamil dibandingkan dengan jenis durian lainnya.

Namun, meski begitu, ibu hamil tetap disarankan untuk berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi. Meskipun kencono rukmi dikatakan aman untuk dimakan, namun akan sangat lebih baik jika mengkonsumsinya sekedarnya saja.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh jenis durian ini adalah aromanya yang tidak terlalu menyengat. Sehingga, Sedulur Yogyaku yang selama ini memiliki masalah dengan aroma durian yang dianggap mengganggu bisa mencoba mencicipi durian kencono rukmi ini.

Namun, ada juga yang menganggap bahwa kelebihan yang terakhir ini sebagai sebuah kekurangan. Sebab, mereka beranggapan bahwa ciri utama dari buah durian adalah baunya yang khas yang menyengat.

Sehingga, jika buah durian tersebut tidak memiliki bau yang semerbak, maka buah tersebut kurang terasa seperti durian. Meskipun tentu saja, rasa buah durian jauh lebih penting ketimbang baunya.

Kekurangan Durian Kencono Rukmi

Durian dengan rasa legit, manis, dan aroma yang khas, Sumber: iqbalkautsar.com
Durian dengan rasa legit, manis, dan aroma yang khas, Sumber: iqbalkautsar.com

Meskipun memiliki cukup banyak kelebihan, ternyata jenis durian ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan yang paling sering dirasakan adalah pohonnya yang jarang berbuah, bahkan ketika sedang musim durian sekalipun.

Selain itu, dalam satu keluarga yang memiliki lima sampai sepuluh pohon durian, biasanya hanya ada satu pohon durian berjenis kencono rukmi. Meski memiliki satu pohon durian ini, biasanya buahnya tidak sebanyak pohon durian lain.

Hal ini mau tidak mau berpengaruh pada harga durian kencono rukmi itu sendiri. Meskipun tidak semahal durian montong atau jenis durian yang sudah sangat populer lainnya, harga durian ini tetap lebih mahal dibandingkan durian lainnya.

Jika durian biasa biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp. 20.000an saja, maka durian ini biasanya dijual dengan harga paling murah Rp. 50.000an. semakin besar ukuran durian kencono rukmi, maka akan semakin mahal pula harganya.

Karena penggemar durian jenis ini semakin kesini semakin banyak, maka masyarakat dan pemerintah setempat sedang menyiapkan budidaya durian kencono rukmi. Hal ini diharapkan agar beberapa tahun ke depan Gunungkidul bisa menghasilkan buah durian khas lebih banyak dan bisa mendatangkan nilai ekonomi yang lebih besar pula.

Itulah beberapa informasi tentang durian kencono rukmi, salah satu jenis buah yang menjadi kebanggaan masyarakat Jogja khususnya Gunungkidul. Selain buah, Jogja tentu masih memiliki jenis makanan lain yang tidak kalah menarik seperti tiwul ayu Mbok Sum.

Oleh karenanya, bagi Sedulur Yogyaku yang berasal dari luar kota, sangat disarankan untuk mencoba beberapa jajanan pasar khas Jogja dan makanan khas lainnya jika sudah berkunjung ke kota ini. Selamat berjalan-jalan dan mengeksplor makanan unik ya.