Prospek Bisnis Furniture Di Jogja, Cocok Untuk Pemula

Photo of author

Ditulis oleh Amaleo Woha

Seorang mahasiswa S1 Manajemen Bisnis Syariah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI Hamfara) Yogyakarta angkatan 2019. Juga merupakan seorang Content Specialist dan Content Writer.

Bisnis furniture atau bisnis mebel merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki potensi dan prospek yang cukup menjanjikan jika dijalankan. Kebutuhan akan berbagai produk furniture dari permintaan konsumen, membuat bisnis satu ini tidak akan kehabisan pasar.

Di era yang serba modern seperti sekarang ini, inovasi dan kreativitas sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah usaha. Sebab, apapun jenis usaha yang Anda jalankan, yang pasti adalah persaingan usaha yang ketat dan meningkatnya kecenderungan konsumen menjadi tantangan tersendiri.

Prospek Bisnis Furniture di Jogja

Bisnis furniture sekarang ini sedang bersinar. Dari tahun ke tahun, ketertarikan konsumen atau masyarakat pada berbagai perlengkapan rumah tangga mulai meningkat. Perabotan rumah tangga tersebut antara lain adalah meja, kursi, lemari, layout lampu tembaga, rak sepatu dan jenis furniture lainnya.

Untuk sebagai orang, furniture mebel yang terbuat dari material dasar kayu diyakini memiliki nilai seni yang tersendiri daripada dari material lainnya. Furniture kayu bisa memberikan kesan alami, lebih menarik dan lebih eksotis, apalagi jika dipadukan dengan ukiran di permukaannya.

Kursi minimalis resto bisnis furniture, sumber: pixabay.com
Kursi minimalis resto, sumber: pixabay.com

Sebagaimana yang telah Anda ketahui, bahwa perabot seperti meja, kursi dan lemari springbed Jogja merupakan kebutuhan yang harus ada di setiap rumah. Baik untuk kebutuhan fungsional, seperti menyimpan perkakas dapur, pakaian dan duduk. Tak jarang, orang memanfaatkan furniture sekedar untuk menambah sentuhan elegan pada desain interior.

Akhir-akhir ini, konsumen kursi kayu meningkat cukup signifikan dibandingkan peminat sofa. Selain itu, hiasan dan ornamen dinding dari kayu juga sedang banyak digandrungi oleh masyarakat. Hal tersebut tentu saja merupakan potensi bisnis yang sayang untuk dilewatkan.

Selain potensi dari segi peminat, dari segi pasar pun furniture memiliki potensi tersendiri. Sebab, selain bisa Anda pasarkan secara lokal atau domestik, Anda bisa memasarkan produk furniture hingga ke manca Negara. Dengan demikian, bisnis furniture yang ingin Anda jalankan bisa berkembang dengan lebih pesat dan cepat.

Walaupun dalam memulai bisnis bukan perkara yang mudah dilakukan, Anda sebagai pemula tidak perlu ragu dan takut untuk mencoba. Dengan pengelolaan dan manajemen yang baik, ditambah dengan meminta kemudahan pada Allah SWT, bisnis yang Anda jalankan akan menuai hasil.

Bisnis Furniture Minimalis

Berdasarkan perkataan para peneliti dari Michigan State University, mereka mengatakan bahwa kebiasaan bekerja pada ruangan yang gelap atau redup bisa menyebabkan fokus dan daya ingat Anda menjadi berkurang.

Hiasan dinding minimalis, sumber: pixabay.com
Hiasan dinding minimalis, sumber: pixabay.com

Dengan adanya fakta menarik seperti ini, sehingga tentu saja potensi peluang untuk menjalankan bisnis dalam industri ini semakin besar. Bukan tanpa alasan. Ada alasan yang mendasari hal  tersebut.

Sekarang ini, trend minimalis sedang hype sekali, khususnya pada segmentasi anak remaja. Furniture minimalis dengan nuansa monokrom menjadi salah satu produk yang trending dan banyak dipilih.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis furniture ini harus senantiasa peka dengan apa yang terjadi di sekitar Anda. Misalnya dengan mengamati kebiasaan dan kecenderungan para remaja sekarang. Maka, disitu juga bisa memberikan ide tentang furniture minimalis apa yang remaja inginkan.

Bisnis Tanpa Toko

Bisnis di era kemajuan teknologi yang sedemikian pesatnya seperti sekarang ini, sudah tidak modelnya lagi membangun toko-toko besar. Sebab, banyak peluang bisnis, salah satunya bisnis furniture yang bisa Anda maksimalkan dengan memanfaatkan platform toko online.

Agar, brand dan produk Anda dikenal oleh khalayak ramai, Anda mesti aktif dan konsisten dalam membangun brand awareness pada platform media sosial yang Anda miliki. Apabila Anda sangat serius menekuninya, tidak ada salahnya jika membuat sebuah website khusus promosi dan mengenalkan produk.

Jual pada toko online, sumber: pixabay.com
Jual pada toko online, sumber: pixabay.com

Dan hebatnya sekarang ini, Anda bisa membuat website dengan harga yang sangat murah sekali. Apabila Anda tidak ingin keluar uang untuk website, Anda bisa memanfaatkan website gratisan dengan tampilan yang sederhana. Jangan lupa cantumkan nomor telepon dan spesifikasi produk setiap memajang produk.

Cek di Google Trend

Melakukan riset terlebih dahulu sebelum menerjuni bisnis adalah pilihan yang sangat bijak dan itu sangat ditekankan oleh kebanyakan pebisnis. Namun, sayangnya masih banyak dari Anda mungkin yang belum paham bagaimana menjalankan proses riset tersebut.

Cara melakukan riset ternyata tidak serumit yang Anda bayangkan. Salah satu tools yang bisa Anda manfaatkan adalah fitur Google Trends dari Google. Dengan tools ini Anda bisa mendapatkan informasi berharga mengenai trend pencarian konsumen dengan tema furniture.

Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah dengan membuat survei di Google Form. Selanjutnya, Anda sebarkan kepada setiap media sosial yang Anda miliki. Apabila dibutuhkan tidak ada salahnya jika Anda memberikan hadiah atau promo menarik tentang toko online Anda.

Artistik dan Seni

Sesuatu yang bernilai seni umumnya akan dihargai dengan harga yang fantastis. Jadi, upayakan jika Anda memiliki brand, agar membuatnya dengan konsisten. Tentukan bagaimana produk Anda ingin dilihat, setiap produk tentu saja memiliki segmen pasarnya masing-masing.

Mebel bernilai tinggi, sumber: pixabay.com
Mebel bernilai tinggi, sumber: pixabay.com

Meskipun produk furniture Anda dibanderol dengan harga yang mahal, asalkan kualitas dan nilai seninya bagus, maka tidak ada halangan bagi konsumen untuk mengeluarkan uangnya untuk produk Anda. Kunci dari proses yang Anda jalankan adalah harus konsisten dan ekstra sabar.

Mulai dari Dropshipper Furniture

Sebagai pemula yang belum banyak pengalaman bisnis, kami sarankan untuk mengawali bisnis tersebut tanpa mengeluarkan modal. Caranya dengan menjadi dropshipper. Tetapi, jika Anda sudah banyak pengalaman sebelumnya maka tidak mengapa jika memulainya dengan menjadi reseller.

Anda bisa memulai bisnis furniture tersebut dengan menjual benda-benda yang sederhana terlebih dulu, seperti hiasan dinding dengan tulisan atau quotes yang menarik, meja lipat, berbagai miniatur, dekorasi meja minimalis dan berbagai benda minimalis dan sederhana lainnya.

Nah demikianlah ulasan singkat dari Yogyaku berkenaan dengan prospek bisnis furniture di Jogja. Tentu saja dengan membaca artikel ini, cara pandang Anda mengenai bisnis satu ini sedikit banyak berubah bukan? Jika tulisan ini bermanfaat, Anda bisa menyebarluaskannya pada teman-teman Anda.