5 Rekomendasi Coffee Roastery Jogja

Photo of author

Ditulis oleh Sanjoko

Your life is as good as your mindset

Ada banyak tempat roastery Jogja atau tempat memanggang kopi yang setiap hari menghasilkan kopi segar yang baru saja ‘matang’. Roastery ini juga kadang bergabung menjadi satu dengan coffee shop.

Pemanggangan atau roasting kopi merupakan proses yang menggunakan energi panas untuk mengubah biji kopi dari biji kopi mentah menjadi biji yang berwarna coklat, yang merupakan produk akhir. Para roaster kopi akan mencoba menciptakan aroma dan rasa biji kopi hijau melalui proses roasting biji kopi.

Proses roasting kopi bukanlah proses yang sederhana, ada beberapa metode roasting yang memberikan hasil akhir yang sangat berbeda. Dalam proses ini, 800 hingga 1.000 senyawa aromatik dikembangkan, dan kombinasi senyawa ini mempengaruhi rasa kopi saat diseduh.

Ketika biji kopi hijau melalui proses roasting kopi ini, ratusan reaksi kimia berlangsung secara bersamaan. Upaya mengontrol reaksi ini merupakan tantangan bagi pelaku roasting kopi. Bahkan perubahan yang sangat kecil pada suhu, kelembapan, aliran udara, dan waktu pemanggangan dapat menghasilkan variasi yang signifikan pada hasil akhir.

Ilustrasi proses roasting biji kopi. Sumber: istockphoto.com
Ilustrasi proses roasting biji kopi. Sumber: istockphoto.com

Proses Roaster

Ada tiga tahapan utama yang terjadi selama proses roasting kopi:

1. Tahap Pengeringan

Rata-rata biji kopi mentah memiliki kadar air sekitar 12%. Tahap pertama dari proses roasting yaitu mengeringkan biji kopi sebelum waktu roasting yang sebenarnya dimulai. mengontrol suhu sangat penting pada tahap ini agar biji kopi tidak gosong karena panas yang berlebihan di awal.

2. Tahap Browning

Senyawa aromatik mulai dilepaskan setelah proses pengeringan dan proses berlanjut hingga tahap pencoklatan atau browning. Pada tahap ini, proses roasting kopi mulai melambat agar rasa dan aroma penuh dari biji kopi bisa keluar. Pada akhir proses pencoklatan, biji kopi mulai meletus atau sering disebut “retak pertama” dan menandai awal dari tahap development atau pengembangan.

3. Tahap Development atau Roasting

Selama dua proses sebelumnya, biji kopi telah mengumpulkan energi yang menyebabkannya meletus. Tahap pengembangan adalah ketika senyawa aromatik yang diinginkan dikembangkan sepenuhnya. Pada tahap ini, proses roasting kopi diperlambat untuk menghindari bau asap dan rasa yang terlalu menyengat.

Setelah menyelesaikan ketiga tahap ini, biji kopi didinginkan kembali sebelum siap untuk dikemas atau dijual. Ada banyak variasi dalam produk akhir, tetapi pada umumnya ada empat kategori warna untuk biji kopi sangrai: terang, sedang, gelap sedang, dan gelap.

Peran Seorang Roaster Kopi

Pekerjaan seorang roaster kopi bukan hanya memanggang biji kopi, mengeringkannya dan menjualnya di toko, kedai kopi, restoran atau kafe. Tugas mereka sering kali mencakup mencari biji kopi pilihan dari seluruh dunia dan memanggangnya untuk mendapatkan profil cita rasa yang optimal.

Ilustrasi seorang roaster kopi sedang mencicipi kopi hasil roastingngannya. Sumber: istockphoto.com
Ilustrasi seorang roaster kopi sedang mencicipi kopi hasil roastingngannya. Sumber: istockphoto.com

Jika Sedulur Yogyaku hanya ingin menikmati segelas kopi, bisa langsung mengunjungi coffee shop dan memesan menu yang ada, Tapi jika Sedulur Yogyaku mencari biji atau bubuk kopi segar dan berkualitas bisa datang ke roastery untuk mendapatkan kopi yang di inginkan. Berikut rekomendasi tempat roastery Jogja

Coffee Roastery Jogja

Pada saat ini sudah banyak tempat atau coffee shop yang menggunakan teknik roastery di Indonesia. Berikut rekomendasi tempat kopi roastery Jogja untuk mendapatkan rasa kopi dari hasil roasting-an professional.

1. Space Roastery 

Space Roastery merupakan kafe sekaligus tempat coffee roastery. yang merupakan tempat mengolah kopi mulai dari biji kopi mentah hingga menjadi kopi bubuk. Coffee Roastery ini memanggang biji kopi sendiri, menggunakan teknik, waktu sangrai hingga penyajian kopi yang diolah di tempat langsung.

Kafe ini tidak hanya menyediakan tempat untuk nongkrong dan sekadar ngopi saja. NAmun, juga ada berbagai varian biji kopi yang bisa dibeli. Persediaan biji kopi yang dipasok oleh para petani kopi dan koperasi. ada berbagai jenis kopi lokal single origin, house blend, jenis arabika dan robusta dari seluruh wilayah Indonesia dan beberapa negara. 

Barista di Space Coffee Roastery sedang menyeduh kopi. Sumber: kompas.com
Barista di Space Coffee Roastery sedang menyeduh kopi. Sumber: kompas.com

Informasi mengenai Space Roastery

  • Alamat : Gg. Loncang No.88, Rogoyudan, Sinduadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta
  • No. Telp : 0822-8890-9088
  • Jam Buka : Senin – Minggu Jam 08.00 – 23.30 WIB

2. Tanamera Coffee Roastery Jogja

Tanamera telah mempunyai nama yang cukup besar di dunia kopi. Berdiri sejak tahun 2013, Tanamera telah berhasil menjadi cafe yang mengolah kopinya sendiri. Kini Tanamera tidak hanya di Jakarta tetapi juga di Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan Bali.

Mesin roasting Tanamera juga cukup canggih dan memiliki kapasitas besar, memungkinkan untuk memproses kopi dalam jumlah besar sekaligus. Biji kopi yang biasanya disangrai adalah kopi lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Setiap biji kopi panggang diperlakukan oleh seorang ahli. Nantinya, ketika biji sudah matang, mereka dibagikan ke coffee shop Tanamera atau dijual ke pelanggan. Pecinta kopi bisa membeli kopi di hampir setiap cabang kafe Tanamera.

Informasi mengenai Tanamera Coffee & Roastery 

  • Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.3, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta
  • No. Telp : (0274) 5012738
  • Jam Buka : Senin – Minggu Jam 08.00 – 21.00 WIB

3. Maison Daruma

Maison Daruma menawarkan layanan dan ruang bagi pengunjung yang ingin menikmati berbagai jenis kopi di Maison daruma. Tentunya lengkap dengan aneka hidangan dan snack yang cocok dipadukan dengan kopi.

Maison Daruma ternyata tidak hanya menawarkan kopi single atau blended untuk dicicipi para pengunjungnya. Selain itu, tempat ini juga menawarkan jasa coffee roastery atau yang biasa disebut juga dengan jasa roasting kopi.

Informasi mengenai Maison Daruma

  • Alamat : Jl. Ipda Tut Harsono No.48, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta
  • No. Telp : 0823-2519-1722
  • Jam Buka : Senin – Jumat Jam 08.00 – 16.00 WIB

4. Coday Coffee Lab & Roastery

Coday Coffee Lab & Roastery adalah tempat dimana para pecinta kopi akan menemukan surganya. Coday memiliki beberapa sektor yaitu cafe network, departemen produksi, roasting, laboratorium, manajemen komersial dan distributor line

Roastery yang ada di Coday adalah pendamping bagi siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara kopi diproses, mulai dari pemilihan biji hingga pengemasan kualitas premium di bawah bimbingan para ahli kopi.

Informasi mengenai Coday

  • Alamat : Jl. Ahmad Wahid, Mantup, Baturetno, Banguntapan, Kabupaten Bantul
  • No. Telp : (0274) 8000026
  • Jam Buka : Senin – Sabtu Jam 08.00 – 16.30 WIB

5. Simetri Coffee Roaster

Kopi-kopi nikmat yang baru saja di roasting bisa dicicip di simetri coffee roaster. Dan jangan takut kalau ketagihan karena Sedulur Yogyaku bisa membeli biji kopi juga di sini.

Simetri Coffee Roaster secara rutin me-roasting biji-biji kopi lokal Indonesia. Jika Sedulur Yogyaku tidak bisa datang ke coffee shopnya, Sedulur Yogyaku bisa membeli secara online. Simetri Coffee Roaster bahkan menerima pesanan untuk dikirim ke berbagai daerah bahkan luar negeri.

Informasi mengenai Coday

  • Alamat : Jl. Sabirin No.20, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta,
  • No. Telp : (0274) 5026959
  • Jam Buka : Senin – Minggu Jam 07.30 – 22.00 WIB

Itulah beberapa tempat coffee roastery Jogja untuk Sedulur Yogyaku yang ingin mendapatkan rasa kopi dari hasil roasting-an professional. Jika ingin menikmati segelas kopi lokal yang nikmat, Sedulur Yogyaku bisa mengikuti kursus barista Jogja yang siap mengerjakan jadi barista yang handal.

Akhir kata, untuk Sedulur Yogyaku sebagai pecinta kopi jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi Sedulur Yogyaku juga. Mengingat kandungan kafein pada kopi yang cukup tinggi. Demikian ulasan kali ini. Sekian dan terima kasih.