10+ Rekomendasi Taman Bermain Anak di Jogja, Cocok untuk Liburan Edukatif!

Photo of author

Ditulis oleh Febriana Kreswati

Seorang mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sibuk dengan banyak tugas kuliah dan nyambi freelance content writer di Zeka Digital. Loving sleeping as the best medicine ever.

Apakah Sedulur Yogyaku sedang mencari taman bermain anak di Jogja? Seperti diketahui, Jogja merupakan kota yang kaya akan sejarah dan budaya, juga menawarkan berbagai pilihan destinasi liburan yang cocok untuk keluarga, terutama bagi anak-anak.

Liburan yang menggabungkan kesenangan dan pendidikan adalah pilihan yang tepat untuk memberikan pengalaman berharga kepada si kecil. Terdapat beberapa taman bermain anak di Jogja yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga edukatif seperti Taman Pintar Jogja.

Jogja, selain dikenal dengan pesona alamnya, juga memiliki daya tarik edukatif yang tidak kalah menarik. Banyak destinasi untuk keluarga yang akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda kepada anak-anak, salah satunya Sindu Kusuma Edupark.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak taman bermain anak di Jogja cocok untuk liburan edukatif, jangan lewatkan untuk menyimak pembahasan berikut!

Rekomendasi Taman Bermain Anak di Jogja

Sebagai bagian dari liburan yang edukatif dan menyenangkan, selain Sindu Kusuma Edupark dan Taman Pintar, berikut adalah beberapa rekomendasi taman bermain anak di Jogja yang layak untuk dikunjungi:

1. Dino Adventure

Dino Adventure di Taman Pintar Jogja, Sumber: tribunnews.com
Dino Adventure di Taman Pintar Jogja, Sumber: tribunnews.com

Dino Adventure adalah hasil kerjasama antara Taman Pintar dengan pihak luar. Dino Adventure adalah bentuk wisata edukasi di mana anak-anak dapat menjelajahi kehidupan purba, yaitu kehidupan dinosaurus, menggunakan kereta.

Dinosaurus direplikasi dengan rupa raksasa dan dilengkapi dengan sistem suara robotik yang canggih. Sedulur Yogyaku dapat mengenalkan si kecil mengenai beberapa jenis dinosaurus yang dapat ditemui di Dino Adventure

Selain itu, Teater 4 dimensi memutar film animasi anak dalam format 4 dimensi, sehingga penonton dapat merasakan langsung kejadian yang terjadi dalam film tersebut.

  • Alamat : Gedung Kotak, Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
  • No. Telp : (0274) 583631
  • Instagram : –
  • Website : tamanpintar.co.id

2. Kids Fun

Kids Fun, Sumber: kidsfun.co.id
Kids Fun, Sumber: kidsfun.co.id

Kids Fun adalah salah satu destinasi wisata edukatif yang bisa Sedulur Yogyaku kunjungi di Jogja. Tempat wisata edukatif ini menawarkan berbagai permainan seru yang dapat dinikmati oleh anak-anak dan orang dewasa dengan aman.

Terdapat banyak permainan juga wahana unggulan yang bisa anak-anak Sedulur Yogyaku coba di sini. Standar keamanan yang digunakan mencapai standar internasional karena tempat ini merupakan cabang dari Kids Fun Parcs di Belanda.

Secara umum, wahana yang ada di Kids Fun terbagi menjadi wahana keluarga, wahana anak, dan wahana menegangkan. Beberapa wahana di Kids Fun Jogja termasuk bumper car, gokart, aqua splash, flying fox, dan wall climbing.

  • Alamat : Jl. Wonosari No.KM 10, Asem Ngecis, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792
  • No. Telp : (0274) 4353435
  • Instagram : kids_fun_yogyakarta
  • Website : kidsfun.co.id

3. Wisata Edukasi Gebang Park

Wisata Edukasi Gebang Park, Sumber: slemankab.go.id
Wisata Edukasi Gebang Park, Sumber: slemankab.go.id

Wisata Edukasi Gebang Park adalah salah satu destinasi wisata edukasi yang muncul karena kesadaran warga akan banyaknya potensi wisata yang sangat lengkap di wilayah Dusun Gebang.

Tak hanya candi, wilayah dusun ini juga memiliki embung, sungai, panorama persawahan, dan banyak lagi potensi lain yang memiliki cerita sejarah namun kurang terekspos di masyarakat luas.

  • Alamat : Dusun Gebang, Padukuhan Jetis, Kelurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • No. Telp : –
  • Instagram : gebangpark
  • Website : –

4. Kalen Edukasi Lupatmo

Kalen Edukasi Lupatmo, Sumber: indrawakhidatul
Kalen Edukasi Lupatmo, Sumber: indrawakhidatul

Kalen Edukasi Lupatmo terbentuk atas inisiatif pemuda dari dusun Manggung, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Mereka mengubah kalen atau sungai kecil kampung menjadi destinasi wisata edukasi sungai.

Tujuan utama pembuatan wisata edukasi ini adalah untuk menanggulangi banyaknya sampah yang dibuang oleh masyarakat ke dasar sungai. Selain itu, wisata edukasi ini diharapkan dapat menjadi tempat edukasi bagi anak-anak untuk belajar tentang kepedulian lingkungan.

Tak hanya itu, tempat ini juga menyajikan keindahan warna-warni dengan pola menarik yang menghiasi setiap sudut sungai di dusun. Ribuan ekor ikan juga hidup di sungai kecil ini menjadi salah satu daya tarik tambahan dari tempat wisata edukasi ini.

  • Alamat : Bendo, Wukirsari, Imogiri, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55782
  • No. Telp : –
  • Instagram : kalenedukasi
  • Website : –

5. Museum De Mata Trick Eye 

Museum De Mata Trick Eye, Sumber: gudeg.net
Museum De Mata Trick Eye, Sumber: gudeg.net

Apakah Sedulur Yogyaku ingin melintasi jembatan kayu tua di mana seolah-olah berada di atas sungai aliran lahar merah, atau ingin mendapatkan bunga dari Sri Sultan HB X? Semua aktivitas menarik ini dapat Sedulur Yogyaku temui di Museum De Mata Trick Eye.

Di wisata edukasi ini, pengunjung dapat merasakan sensasi tiga dimensi yang mengagumkan. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto di depan latar belakang yang terlihat sangat nyata.

Tak hanya itu, De Mata disebut sebagai museum trick eye terbesar ketiga di dunia. Terdapat 120 gambar tiga dimensi di destinasi wisata edukasi yang berlokasi di kawasan XT Square Yogyakarta ini.

Museum ini sangat unik karena menyajikan berbagai gambar dengan tema alam, olahraga, tokoh terkenal, hewan, pahlawan super, romansa, sirkus, berbagai ornamen seni, objek Wisata Taman Sari, dan juga tontonan Keraton Yogyakarta.

  • Alamat : Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
  • No. Telp : –
  • Instagram : dematatrickeye
  • Website : –

6. Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga, Sumber: kompasiana.com
Museum Anak Kolong Tangga, Sumber: kompasiana.com

Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga, sebelumnya dikenal sebagai Museum Anak Kolong Tangga. Destinasi wisata edukasi ini merupakan museum mainan pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Museum ini dulunya berada di bawah tangga Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) lantai dua di Jl. Sriwedani No. 1, Yogyakarta, tepatnya di belakang Taman Pintar.

  • Alamat : Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
  • No. Telp : 0817-261-472
  • Instagram : kolongtangga
  • Website : –

7. Kampung Wisata Warungboto

Kampung Wisata Warungboto,Sumber: wikipedia.com
Kampung Wisata Warungboto,Sumber: wikipedia.com

Kampung Wisata Warungboto memiliki banyak potensi budaya, adat tradisi, kuliner, dan kerajinan. Destinasi wisata edukasi ini juga memiliki daya tarik yang berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Aliran DAS Gajah Wong yang mengalir adalah salah satu daya tariknya. Yang mana di tempat ini terdapat atraksi yang berbasis sungai seperti Gethekan susur sungai Gajah Wong serta River Walk sepanjang bantaran sungai.

Selain itu, Kampung Wisata Warungboto memiliki situs Bangunan Cagar Budaya Tuk Umbul yang merupakan pesanggrahan kagungan dalem Kraton Kasultanan Yogyakarta. Tempat tersebut menjadi ikon dalam kalender event tahunan merti tuk umbul yang dikemas dalam bentuk Sendratari.

Di Kampung Wisata Warungboto, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya. Seperti seni karawitan, kesenian ketoprak, seni pertunjukan Guyon Maton, Seni Sastra Jawa Macapat, Seni Tari Klasik, Tari Garapan, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang ditawarkan di Kampung Seni Warungboto, destinasi wisata edukasi ini sangat cocok bagi anak – anak yang ingin memperluas pengetahuan tentang seni dan budaya Jawa.

  • Alamat : Balai, Jl. Umbul Raya, RT.38/RW.09, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164
  • No. Telp : 0838-5718-5703
  • Instagram : kampung_wisata_warungboto
  • Website : –

8. Omah Salak

Omah Salak, Sumber: gudeg.net
Omah Salak, Sumber: gudeg.net

Sesuai dengan namanya, Omah Salak adalah destinasi wisata edukasi yang berfokus pada budidaya tanaman salak. Daya tarik dari destinasi wisata edukasi ini adalah salak pondoh yang terkenal dengan rasa manis dan enak.

Di kebun seluas 27 hektar ini, pengunjung dapat menikmati salak dan melakukan berbagai aktivitas seperti menjelajahi perkebunan salak, memetik salak, menikmati makanan, bahkan berkegiatan camping dan outbound. 

Hal menarik lainnya adalah, di kebun ini terdapat beragam jenis salak seperti Salak Pondoh, Salak Bali, Salak Gading, dan sekitar 14 jenis salak lainnya.

  • Alamat : Jalan Perum Gama Asri No.S-45, Kenteng, Wono Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551
  • No. Telp : 0852-2841-7300
  • Instagram : omahsalak
  • Website : –

9. Jogja Exotarium Mini Zoo

Jogja Exotarium menjadi salah satu taman bermain anak di Jogja, Sumber: jogjaprov.go.id
Jogja Exotarium menjadi salah satu taman bermain anak di Jogja, Sumber: jogjaprov.go.id

Jogja Exotarium Mini Zoo adalah destinasi wisata edukasi yang memiliki banyak jenis satwa yang dapat anak – anak saksikan. Sedulur Yogyaku  dapat membawa keluarga untuk memberikan makanan kepada hewan-hewan koleksi kebun binatang mini ini.

Meskipun demikian, dilarang memberikan makanan sembarangan, Sedulur Yogyaku harus memberikan makanan yang telah disediakan. Mulai dari jenis reptil hingga mamalia, semua bisa anak – anak saksikan di destinasi ini..

  • Alamat : Jl. Kabupaten No.99 Duwet, Duwet, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55285
  • No. Telp : 0877-3839-4686
  • Instagram : Jogjaexotarium
  • Website : jogjaexotarium.com

10. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka, Sumber: sewamobiljogja.id
Gembira Loka, Sumber: sewamobiljogja.id

Gembira Loka Zoo adalah Kebun Raya dan Kebun Binatang yang terletak di Kota Yogyakarta. Destinasi wisata edukasi ini menawarkan berbagai wahana rekreasi seperti interaksi satwa, kolam sentuh, kolam tangkap, terapi ikan, dan masih banyak lagi.

Destinasi wisata edukasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti akses wifi internet, food court/kuliner, kursi roda, gelang anak, mushola, mayang tirta, dan banyak spot foto menarik yang bisa Sedulur Yogyaku temui.

Terdapat beberapa zona di Gembira Loka Zoo, seperti zona Petting Zoo, Zona Reptil & Amfibi, Zona Bird Park, Zona Cakar, Zona Mamalia, Zona Primata, dan Zona Ikan, dll.

Di Gembira Loka Zoo, Sedulur Yogyaku dapat berfoto bersama satwa di berbagai zona satwa. Selain itu, terdapat spot foto menarik yang instagramable di dalamnya.

  • Alamat : Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171
  • No. Telp : (0274) 373861
  • Instagram : glzoojogja
  • Website : gembiralokazoo.com

11. Taman Konservasi Sato Loka

Taman bermain anak di Jogja, Sato Loka, Sumber: ugm.ac.id
Taman bermain anak di Jogja, Sato Loka, Sumber: ugm.ac.id

Taman Konservasi Sato Loka terletak di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Jalan Kaliurang Km 23 Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Sato Loka adalah taman wisata edukasi satwa dan ternak.

Koleksi satwa di destinasi wisata edukasi ini mencakup marmut, kura-kura, ular phyton, kambing, berbagai jenis ikan, dan sugar glider. Beberapa koleksi satwa diizinkan untuk berinteraksi dengan pengunjung, sementara yang lain tidak.

Selain berinteraksi dengan satwa, pengunjung juga dapat mencicipi hasil olahan seperti yoghurt, ice cream, susu pasteurisasi, pudding, goat milk yoghurt, yoghurt buah asli, dan tentu saja rasanya dijamin enak.

  • Alamat : Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
  • No. Telp : 0821-1616-0103
  • Instagram : sato_loka
  • Website : satoloka.com

Memastikan anak-anak mendapatkan pengalaman liburan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga edukatif adalah suatu hal yang penting. Berbagai destinasi menarik yang telah direkomendasikan adalah tempat yang tepat untuk menciptakan momen berharga bersama keluarga.

Mengajak anak-anak untuk belajar sambil bermain adalah investasi masa depan mereka. Selamat menjadikan Jogja sebagai destinasi liburan edukatif bersama anak-anak, dan selamat berlibur! Jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya di laman Yogyaku!