5 Rekomendasi Universitas Islam Jogja Terbaik, Tawarkan Jurusan Lengkap!

Photo of author

Ditulis oleh Nurul Hidayani

Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Dikenal dengan sebutan Kota Pelajar, Jogja memiliki cukup banyak universitas untuk melanjutkan studi. Tidak hanya universitas negeri saja, ada beberapa universitas Islam Jogja yang tersedia dan bisa menjadi opsi, terutama bagi Sedulur Yogyaku yang ingin belajar berbagai ilmu dengan tetap merasakan nuansa keislaman di dalamnya.

Ya, perlu digarisbawahi, universitas Islam yang ada di Jogja menyediakan jurusan yang cukup lengkap. Tentu, adanya jurusan yang lengkap nantinya akan memudahkan Sedulur Yogyaku untuk memilih jurusan yang tepat sesuai dengan keinginan dan bakat yang dimiliki.

Dilansir dari Wikipedia, ada lebih dari 15 perguruan tinggi Islam yang bisa Sedulur Yogyaku temukan di Jogja. Namun, mana saja yang masuk dalam rekomendasi terbaik untuk kuliah? Simak selengkapnya!

5 Universitas Islam Jogja Paling Populer

Seperti disinggung sebelumnya, ada cukup banyak universitas Islam yang ada di Jogja. Dari banyaknya universitas tersebut, ada setidaknya lima universitas Islam yang paling populer dan menawarkan jurusan yang lengkap untuk dipilih. 

Beberapa rekomendasi tersebut diantaranya:

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sumber: viva.co.id
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sumber: viva.co.id

Didirikan pada tahun 1981, perguruan tinggi swasta ini telah banyak melahirkan tokoh-tokoh hebat di Indonesia. Seperti Lalu Muhammad Iqbal yang menjabat Duta Besar RI untuk Republik Turki, H. Nasrullah S.IP mantan anggota DPR RI 2009-2014 dan masih banyak lainnya.

Sejarah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dimulai sejak tahun 1960, di mana saat itu Prof. Dr. Kahar Muzakkir mencetuskan ide untuk mendirikan universitas Muhammadiyah. Namun pembangunan baru mulai dilaksanakan oleh aktivis Muhammadiyah pada tahun 1981.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang termasuk dalam afiliasi Muhammadiyah pun terus melebarkan sayap. Hingga pada tahun 2019, Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta secara resmi bergabung dengan UMY.

UMY memiliki sembilan fakultas dan empat program studi yakni vokasi, internasional, pascasarjana dan doktor yang membuatnya menjadi salah satu kampus dengan jurusan paling lengkap. 

  • Alamat: Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY   
  • Telepon: (0827) 287656
  • Website: umy.ac.id
  • Instagram: @umyogya

2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan di Jogja, Sumber: news.uad.ac.id
Universitas Ahmad Dahlan di Jogja, Sumber: news.uad.ac.id

Masuk dalam jajaran kampus terbaik kota Jogja bahkan di Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) juga termasuk afiliasi Muhammadiyah. Sebelum menjadi universitas seperti saat ini, UAD merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta. 

Tepat pada 19 Desember 1994, IKIP Muhammadiyah Yogyakarta dialih fungsikan dan dikembangkan menjadi UAD dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No: 102/D/0/1994.

Hingga saat ini, Universitas Ahmad Dahlan memiliki sebelas fakultas dengan program studi yang spesifik dan beberapa program studi yang lengkap, yaitu sarjana, magister, profesi serta program vokasi.

Meskipun memiliki beberapa kampus di lokasi yang berbeda, secara berangsur UAD mulai membangun integrasi di kampus pusat. Konon, nantinya, keseluruhan pendidikan di UAD akan dilangsungkan di kampus pusat tersebut di mana di sekitarnya ada beberapa tempat cetak buku yasin yang cukup populer.

  • Alamat: Jl. Kapas 9, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta   
  • Telepon: (0274) 563515
  • Website: uad.ac.id
  • Instagram: @klik_uad

3. UIN Sunan Kalijaga

UIN Kalijaga, Sumber: kumparan.com
UIN Kalijaga, Sumber: kumparan.com

Berbeda dengan dua universitas sebelumnya yang merupakan perguruan tinggi swasta, UIN Sunan Kalijaga adalah universitas negeri yang sudah berdiri lebih dari setengah abad. Tepat pada 26 September 1951, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta didirikan dan menjadi salah satu universitas Islam pertama di Indonesia. 

Universitas yang telah mendapat akreditas unggul ini berhasil memberikan transformasi pendidikan yang cukup besar. Ya, pada tahun 2004, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) diubah menjadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dengan menjalankan paradigma pendidikan baru, yakni paradigma integrasi interkoneksi.

Pencanangan paradigma pendidikan ini mendorong UIN Sunan Kalijaga untuk lebih peduli terhadap perkembangan masyarakat muslim utamanya. Hingga saat ini, UIN Yogyakarta memiliki 61 program studi yang juga menjadi universitas dengan jurusan terlengkap. 

  • Alamat: Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta   
  • Telepon: (0274) 512474
  • Website: uin-suka.ac.id
  • Instagram: @uinsk

4. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia, Sumber: detik.com
Universitas Islam Indonesia, Sumber: detik.com

Selang 6 tahun sebelum berdirinya UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Indonesia atau yang biasa disebut UII sudah diresmikan terlebih dahulu dengan nama Sekolah Tinggi Islam.Bahkan, UII yang kala itu masih menjadi STI merupakan universitas tertua kedua setelah Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta yang berdiri sejak tahun 1934.

Hanya saja, STI merupakan universitas Islam swasta yang telah terafiliasi dengan lembaga besar seperti FIMA, FUIW, SEAAIR dan lainnya.

Pada tahun 1947, STI berkembang menjadi universitas dengan nama Universitas Islam Indonesia. Pengembangan ini menjadikan UII sebagai universitas yang mengintegrasikan ajaran agama dengan pengetahuan umum.

Selama kurang lebih 77 tahun mengemban pendidikan di Indonesia, UII telah banyak melahirkan tokoh besar, salah satunya yakni Mahfud MD yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia. 

  • Alamat: Jalan Kaliurang, Krawitan, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DIY   
  • Telepon: (0274) 898444
  • Website: uii.ac.id
  • Instagram: @uiiyogyakarta

5. Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Sumber: ucy.ac.id
Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Sumber: ucy.ac.id

Universitas Islam Jogja satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Di mana sebelumnya Universitas Cokroaminoto (UCY) merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Surakarta. 

Namun karena sebagian fakultas UCY diambil alih dan menjadi bagian dari UNS (Universitas Sebelas Maret Solo), maka pengurus UCY kemudian memindahkan lokasi kampus ke Yogyakarta.

Menariknya, meskipun UCY adalah universitas berbasis Islam, tetapi mahasiswa dari berbagai agama bisa mengenyam pendidikan di sini. Meskipun dalam pembelajarannya, nilai-nilai perjuangan Sarikat Islam cukup ditekankan di UCY.

Di samping itu, UCY juga memberikan program ganda bagi mahasiswa yang ingin mengambil dua program studi atau fakultas yang relevan dan terpadu secara sekaligus. Beberapa prodi yang difasilitasi dengan program ganda ini antara lain adalah prodi Manajemen dengan prodi Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah, prodi Ilmu Hukum dengan prodi Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah.

  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan Jl, Gambiran, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY.
  • Telepon: (0274) 372274
  • Website: ucy.ac.id
  • Instagram: @ucyofficial_

Demikian lima rekomendasi universitas Islam Jogja dengan akreditas unggul yang bisa menjadi pilihan Sedulur Yogyaku untuk melanjutkan pendidikan yang berbasis Islam. Selain menjunjung syariat Islam, universitas Islam terbaik tersebut juga menawarkan jurusan lengkap.

Tentu saja, Sedulur Yogyaku bisa membandingkan beberapa universitas tersebut sebelum memilihnya. Lokasi yang dekat dengan fasilitas penunjang seperti Taman Pintar Jogja atau lainnya bisa menjadi bahan pertimbangan selain, kualitas dari kampus yang dipilih.

Baca artikel lain dari Yogyaku dan dapatkan rekomendasi menarik lainnya seputar Jogja!