8 Restoran Ayam Goreng Legendaris di Jogja, Cocok untuk Kumpul Keluarga!

Photo of author

Ditulis oleh Ichsan Said

An avid learner constantly seeking knowledge. Currently freelancing at Zeka Digital as SEO Content Writer. Enjoying writing, reading and exercising. Interesting in new things that aid in developing personal skills and abilities.

Mencoba ayam goreng legendaris di Jogja bisa menjadi opsi kulineran. Karena Jogja tidak hanya terkenal dengan gudeng saja sebagai makanan tradisionalnya. Tetapi, ayam goreng juga menjadi makanan yang banyak dicari untuk dirasakan kenikmatannya.

Rasa ayam yang nikmat tentu tidak lepas dari resep turun temurun. Terlebih, Jogja juga terkenal akan cita rasa otentik yang terus dilestarikan. Terbukti dengan banyaknya restoran legendaris di Jogja yang bisa dinikmati.

Lalu, restoran legendaris Jogja mana saja yang terkenal akan kenikmatan ayam gorengnya? Simak ulasannya!

Rekomendasi Restoran Ayam Legendaris  di Jogja yang Wajib Dicoba

Terdapat beberapa restoran ayam legendaris di Jogja yang bisa dikunjungi. Rasa sajian ayam gorengnya terkenal enak. Jadi, akan sangat disayangkan bila sedang berlibur di Jogja dan melewatkan untuk mencicipinya.

Berikut ini rekomendasi restoran ayam legendaris Jogja yang bisa menjadi pilihan Sedulur Yogyaku:

1. Ayam Goreng Mbah Tumbu

Ayam goreng Mbah Tumbu, Sumber: kompas.com
Ayam goreng Mbah Tumbu, Sumber: kompas.com

Telah berdiri sejak tahun 1963 membuat rasanya tidak perlu diragukan lagi. Ayam goreng Mbah Tumbu terkenal akan cita rasa otentik. Pasalnya, resep ayam goreng yang digunakan dari generasi ke generasi. 

Ayam kampung menjadi jenis ayam yang digunakan. Resep utamanya ada pada bumbunya, karena ayam terlebih dahulu dimarinasi. Setelah itu dimasak menggunakan bumbu tambahan menggunakan kayu bakar. Dari proses inilah yang membuat ayam goreng Mbah Tumbu terasa nikmat.

  • Alamat: RT.3/RW.28, Ngebrak Barat, Semanu, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Jam Buka: 10.00-16.00 WIB
  • No. Telp: 081804374042

2. Ayam Goreng Bu Tini

Menu andalah ayam goreng Bu Tini, Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id
Menu andalah ayam goreng Bu Tini, Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Menjadi salah satu rumah makan Jogja yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Bagaimana tidak, ayam goreng menjadi menu andalan yang banyak dicari. Hal ini dikarenakan ayam goreng Bu Tini terkenal akan rasanya yang enak dan gurih.

Terlebih, ayam goreng yang disajikan dengan ukuran yang besar. Ditambah dengan lauk pelengkap yang komplit seperti tempe, tahu, lalapan, dan lain-lain. Tentunya, bisa menjadi rumah makan ayam goreng pilihan di Jogja.

  • Alamat: Jl. Sultan Agung No.17, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Jam Buka: 09.00-21.00 WIB
  • No. Telp: (0274) 543670

3. Ayam Goreng Mbok Sabar

Ayam goreng legendaris Mbok Sabar, Sumber: jogja.idntimes.com
Ayam goreng legendaris Mbok Sabar, Sumber: jogja.idntimes.com

Ayam goreng legendaris di Jogja selanjutnya yang terkenal enak adalah ayam goreng Mbok Sabar. Rasanya yang enak tidak terlepas dari resep turun-temurun. Dimulai sejak tahun 1966 hingga sampai saat ini rasa ayam goreng masih sama enaknya.

Ada dua jenis ayam goreng yang disajikan yaitu basahan dan baceman. Sedangkan untuk jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Ditambah dengan sambalnya yang super mantap bila dimakan bersama ayam goreng. Ada juga tambahan kremes yang bisa disesuaikan dengan selera.

  • Alamat: Jl. Jagalan – Beji No.23, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Jam Buka: 08.00-21.00 WIB
  • No. Telp: (0274) 588467

4. Ayam Goreng Mbok Berek Pugeran

Ayam goreng Mbok Berek Pugeran, Sumber: jogja.idntimes.com
Ayam goreng Mbok Berek Pugeran, Sumber: jogja.idntimes.com

Tidak kalah nikmatnya, ayam goreng Mbok Berek Pugeran bisa untuk dicoba. Terlebih, tersedia juga beberapa lauk tambahan seperti ati, ampela, dan kremes. Tinggal disesuaikan saja dengan selera.

Untuk ukuran ayam yang disajikan pun cukup besar. Dengan porsi yang besar bisa disantap lebih dari satu orang. Itulah kenapa ayam Mbok Berek Pugeran juga pas dijadikan makanan pilihan di Jogja. Apalagi, menyantap ayam goreng bersama keluarga atau rekan kerja. 

  • Alamat: Jl. Pugeran Timur No.24, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
  • No. Telp: (0274) 374777

5. Ayam Goreng Ny. Suharti

Ayam goreng Ny. Suharti yang empuk dan gurih, Sumber: jogjaasik.com
Ayam goreng Ny. Suharti yang empuk dan gurih, Sumber: jogjaasik.com

Ingin merasakan ayam goreng empuk dan gurih,  ayam goreng Ny. Suharti bisa menjadi pilihannya. Ayam goreng yang satu ini sudah terkenal akan rasanya yang enak. Terbukti dengan jumlah banyaknya pelanggan. Baik warga lokal hingga wisatawan yang datang berkunjung ke Jogja.

Selain itu, ayam goreng Ny. Suharti juga menjadi salah satu kuliner Jogja unik. Hal ini terlihat dari sajiannya yang menggunakan kremesan. Tidak kebayang betapa nikmatnya menikmati ayam goreng empuk ditambah dengan kremesan dan sambal. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk mencicipinya.

  • Alamat: Jl. Gedongkuning No.187, Pringgolayan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Jam Buka: 08.30-21.00 WIB
  • No. Telp: (0274) 383765

6. Tojoyo 3 Ayam dan Bebek Goreng

Menu andalan di Tojoyo 3 Ayam dan Bebek Goreng, Sumber: jogja.babad.id
Menu andalan di Tojoyo 3 Ayam dan Bebek Goreng, Sumber: jogja.babad.id

Berdiri sejak tahun 1983 menjadikan Tojoyo 3 ayam dan bebek goreng tak perlu diragukan akan citra rasanya. Terutama, sambal yang digunakan untuk sajian ayam dan bebek goreng. Pastinya, sudah kebayang akan kenikmatan saat menyantapnya.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk mencoba ayam dan bebek goreng Tojoyo 3. Biar tidak penasaran dengan rasanya yang enak. Apalagi, ayam atau bebek digoreng hingga kering menggunakan bumbu marinasi. Buktikan sendiri kenikmatannya.   

  • Alamat: Jl. Mayjend Sutoyo No.62, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
  • Jam Buka: 09.00-21.30 WIB
  • No. Telp: –

7.  Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung

Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung, Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id
Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung, Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Memiliki tempat yang sederhana, tetapi tidak dengan rasa ayam gorengnya. Inilah yang akan Sedulur Yogyaku rasakan bila menikmati ayam goreng Jawa Mbah Cemplung. Tidak salah bila sajian ayam gorengnya juga bisa dikatakan sebagai kuliner khas Jogja.

Rasanya yang enak dipadukan dengan pelengkap tambahan seperti tempe, tahu, ati ampela, dan sayur lalapan. Tentunya, sudah tidak kebayang lagi kan akan cita rasanya yang nikmat? Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi ayam goreng Jawa Mbah Cemplung.

  • Alamat: Jalan Padokan Lor No.RT.06, Jogonalan Lor, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Jam Buka: 08.00-18.00 WIB
  • No. Telp: 08562883445

8. Ayam Goreng Bugisan

Nikmatnya Ayam Goreng Bugisan, Sumber: ulasan google maps
Nikmatnya Ayam Goreng Bugisan, Sumber: ulasan google maps

Bumbunya yang meresap hingga ke tulang, menjadikan ayam goreng Bugisan pilihan favorit. Ya, di warung makan ini Sedulur Yogyaku bisa merasakan kenikmatan ayam kampung. Karena dagingnya begitu empuk dan rasanya yang gurih.

Sajian ayam goreng yang disediakan pun bisa disesuaikan. Mulai dari ukuran ayam hingga paketan untuk rombongan dan keluarga. Tidak hanya ayam goreng, tersedia juga menu pelengkap lainnya seperti tahu, tempe, tumis kangkung, kremes, dan masih banyak lagi. Tinggal pilih saja menu sajian mana yang pas untuk disantap bersama ayam goreng.

  • Alamat: Bugisan St No.42, Jomegatan, Ngestiharjo, Kasihan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 
  • Jam Buka: 07.00-21.00 WIB
  • No. Telp: (0274) 378110

Dari berbagai rekomendasi ayam goreng legendaris di Jogja mana yang ingin Sedulur Yogyaku kunjungi? Semuanya pasti ingin dikunjungi, karena rasa ayam gorengnya sudah terkenal akan kenikmatannya.

Jadi, tak perlu bingung mana yang harus dikunjungi. Tinggal sesuaikan saja dengan waktu atau kondisi saat berwisata di kota Jogja. Karena di kota ini juga terkenal akan makanan khasnya yang wajib untuk dicoba!