4 Tips Sukses Bisnis Pupuk Hayati, Profit Oriented!

Pandemi menjadikan masyarakat mengurangi intensitas keluar rumah, bertatap muka hingga berkerumun. Hal ini menyebabkan perubahan behavior atau kebiasaan masyarakat dari semula banyak beraktivitas dengan orang banyak menjadi aktivitas menyendiri. Hal ini tak menjadi masalah selama Anda dapat produktif, membuka usaha bisnis. Bisnis pupuk misalnya.

Mengapa pupuk? Karena bila Anda jeli melihat realita saat ini ternyata kebutuhan lahan baik pertanian maupun perkebunan terhadap pupuk setiap tahunnya mengalami peningkatan. Ditambah pandemi yang mengakibatkan masyarakat Indonesia punya hobi baru seperti baca buku, nonton film hingga berkebun.

Karena itulah tepat kiranya bila Anda memulai usaha bisnis pupuk hayati. Nah dalam artikel kali ini akan kami paparkan beberapa tips sukses bisnis pupuk hayati. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa harus pupuk hayati? Memang apa bedanya pupuk hayati dengan pupuk lainnya? Maka dari itu simak artikel ini sampai selesai.

Mengenal Pupuk Hayati

Pupuk hayati atau yang biasa dikenal dengan pupuk mikrobiologis (biofertilizer) merupakan pupuk yang memiliki kandungan mikrobiorganisme hidup yang punya keunggulan dapat mendorong pertumbuhan tanaman dengan cara meningkatkan pasokan nutrisi utama dari tanaman. Pupuk bioneensis adalah salah satu pupuk hayati yang dikenal luas.

Pupuk hayati ini biasa diberikan kepada benih, permukaan tanaman serta tanah tempat benih berpijak, yang nantinya akan menggenang dalam rizosfer atau yang biasa dikenal dengan bagian dalam tanaman. Intinya pupuk hayati ini ialah pupuk yang digunakan untuk menambah unsur hara dalam tanah, supaya menjadikan tanah semakin subur.

Pupuk hayati, pupuk serbaguna kaya manfaat. Sumber: bisnisukm.com
Pupuk hayati, pupuk serbaguna kaya manfaat. Sumber: bisnisukm.com

Hal ini tentu berbeda dengan pupuk biasanya yaitu pupuk organik. Pupuk organik ialah semua pupuk yang bahan dasarnya berasal dari hewan maupun tanaman yang diproses sedemikian rupa yang dipakai untuk menyuplai bahan organik, yang diharapkan bisa memberikan nutrisi pada tanaman.

4 Tips Sukses Bisnis Pupuk Hayati

Berikut telah kami rangkum tips-tips sukses bisnis pupuk hayati. Semoga dengan beberapa tips dan trik ini bisa menjadi wasilah (sarana) supaya usaha yang Anda buka semakin optimal dan barokah. Aamiin.

1. Kenali Potensi Bisnis Pupuk Hayati

Hal pertama dan yang paling awal dari semuanya yaitu Anda perlu mengenali potensi, prospek ke depan usaha bisnis pupuk hayati ini bila dijalankan di daerah tersebut. Mengapa hal ini penting? Karena nantinya Anda akan tahu siapa saja pesaing dalam artian pebisnis yang sama-sama menjual pupuk, baik pupuk hayati maupun semisalnya.

Survey pasar ialah hal yang harus dilakukan diawal bisnis. Sumber: daya.id
Survey pasar ialah hal yang harus dilakukan diawal bisnis. Sumber: daya.id

Hal ini sangat penting bagi keberlangsungan usaha Anda ke depannya. Tidak hanya pesaing, Anda juga perlu survey berapa harga pupuk tersebut bila di pasaran, berapa harga pupuk yang dijual oleh pesaing, apa saja jenis dan macam pupuk yang dijual oleh pesaing sampai jam operasional buka dan tutup dari bisnis-bisnis sebelah.

Agak terlihat ribet mungkin ya, namun memang seperti ini idealnya bila hendak memulai suatu bisnis. Itulah yang dinamakan dengan survey pasar dan survey kelayakan suatu usaha. Tidak hanya offline, online pun juga perlu Anda lakukan survey untuk melihat beragam potensi yang ada. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menjadikan bisnis Anda dapat berjalan optimal, efektif serta efisien.

Barulah setelah itu Anda dapat memulai berbisnis pupuk hayati dengan bahagia.

2. Pelajari Ilmu Berkebun & Bertani

Saat konsumen datang hendak membeli, bisa dipastikan mereka akan menanyakan satu dua hal seputar pupuk dan perkebunan seperti bagaimana cara pemakaiannya, apakah harus rutin, bagaimana bila tanaman yang layu dan sebagainya. Sebagai pemilik usaha, sudah selayaknya Anda memberikan informasi edukatif yang praktis.

Apabila Anda rajin menambah literasi mengenai dunia perkebunan sehingga bisa memberikan hal-hal edukatif bagi konsumen maka kemungkinan besar usaha Anda semakin cepat berkembang, karena Anda sudah dapat membuat konsumen percaya Anda. Dengan begitu Anda juga bisa merambah ke konten media sosial.

3. Kenali Beragam Jenis Pupuk di Pasaran

Ternyata ada banyak jenis pupuk yang dijual di pasaran. Sebagai pemilik bisnis anda sudah seharusnya mengetahui akan macam-macam pupuk yang ada. Karena tidak lucu bila ditanya oleh konsumen apa bedanya pupuk hayati dan pupuk organik Anda tidak dapat menjawab. Ini jelas menurunkan martabat seorang pebisnis. Idealnya pebisnis mengetahui jelas akan produk bisnis yang ia jual.

Setidaknya dengan mengetahui jenis pupuk-pupuk ini, Anda dapat memastikan bahwa produk yang Anda jual ialah produk terbaik, dengan segudang kelebihannya. Paling tidak jenis-jenis pupuk yang ada di pasaran yaitu pupuk kompos, pupuk kandang, pupuk organik hayati, humus, pupuk seresah, pupuk hijau dan terakhir pupuk organik cair.

4. Merambah Penjualan Online

Bisnis pupuk hayati yang banyak keuntungan. Sumber: anteraja.id
Bisnis pupuk hayati yang banyak keuntungan. Sumber: anteraja.id

Tips berikutnya yang juga tak kalah penting ialah mengenai penjualan. Saat ini semua sudah serba digital. Mau membeli barang, pesan makanan, ojek, bahkan sampai kuliah universitas ternama juga mulai mengoptimalkan digital. Apabila bisnis Anda ingin maju dan berkembang, maka mampu beradaptasi dengan baik ialah kunci suatu usaha dapat bertahan.

Karena itulah berbisnis juga cobalah mulai merambah ke dunia digital alias online (dalam jaringan). Banyak aplikasi atau media online yang membantu dalam berbisnis digital. Anda bisa melalui situs web, e-commerce bahkan media sosial yang ada juga bisa. Konten menarik juga dapat Anda tambahkan dalam media sosial tersebut.

Konten yang menarik dapat berupa konten edukasi seputar dunia pertanian, tips dan trik dan sebagainya. Dengan begitu diharapkan konsumen dapat tertarik dan akhirnya membeli produk yang Anda jual. Karena konsumen tak hanya mendapat barang baru, tapi juga ilmu baru.

Akhir kata, itulah tips-tips sukses berbisnis pupuk hayati. Apabila ingin membuat taman rekomended, Anda tidak perlu menggunakan layanan jasa taman di Jogja. Karena cukup dengan pupuk hayati, membuat tanaman semakin mudah diatur. Anda dapat membaca-baca artikel kami lainnya seperti Jagoan Lanyard dan taman di Jogja. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.