Rekomendasi Tempat Makan Dekat YIA: Harga Terjangkau, Menu Lengkap!

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Untuk urusan tempat makan dan kuliner, Jogja memang rasanya tidak akan ada matinya. Mulai dari tempat makan sederhana hingga yang fancy sekalipun, semua jenis makanan cukup muda untuk didapatkan disini. Itulah mengapa menemukan tempat makan dekat YIA yang nikmat bukan urusan yang sulit.

Nah, bagi Sedulur Yogyaku yang mungkin sebentar lagi akan mendarat di Yogya International Airport dan masih bingung akan mengisi perut dimana, berikut beberapa rekomendasi terbaiknya.

Rekomendasi Tempat Makan Dekat YIA Terbaik, Cita Rasanya Istimewa 

Mengunjungi kota Jogja tentu akan memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan. Salah satu alasannya tentu karena kuliner Jogja yang sangat terkenal nikmatnya. Benar sekali, Jogja memang terkenal dengan kuliner khasnya yang sangat beragam dan tidak akan bisa ditemukan di tempat lainnya.

Langsung saja, berikut beberapa rekomendasi tempat makan dekat YIA yang bisa dicoba ketika baru saja mendarat atau akan terbang dari kota Jogja.

1. Joglo Saerah Resto

Menu di Joglo Saerah Resto, Sumber: koranindopos.com
Menu di Joglo Saerah Resto, Sumber: koranindopos.com

Rekomendasi tempat makan pertama yang harus dicoba tentu saja Joglo Saerah Resto. Tempat makan ini memiliki interior dan desain klasik khas Jogja yang sangat kental.

Alasan lain yang menjadikan orang suka mengisi perutnya disini adalah pemandangan yang ada di sekitarnya. Hamparan sawah yang hijau nan indah seakan menambahkan bumbu istimewa pada menu yang dihidangkan.

Beberapa menu utama dari tempat makan ini adalah bakmi Jawa, nasi goreng, soto, nasi dengan berbagai lauk, hingga bakso juga tersedia. Selain itu, Joglo Saerah Resto juga menyediakan berbagai snack dan kudapan yang tidak kalah nikmatnya.

  • Alamat: Depan Bandara YIA, Jl. Wates – Purworejo Km. 16, Palihan, Temon Kulon Progo
  • Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 – 21.00
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp. 15.000-an

2. RM Ayam Goreng Bu Hartin

RM Ayam Goreng Bu Hartin, Sumber: travelingyuk.com
RM Ayam Goreng Bu Hartin, Sumber: travelingyuk.com

Olahan dari ayam memang seakan tidak ada habisnya. Bukan karena rasanya yang nikmat, rasanya jarang sekali ada orang yang tidak menyukai makanan dari bahan yang satu ini.

Nah, rekomendasi tempat makan dekat YIA lainnya yang memiliki menu andalan ayam adalah RM Ayam Goreng Bu Hartin. Seperti namanya, menu utama dari tempat makan ini adalah ayam goreng kriuknya.

Namun, disini juga ada beberapa menu lain yang tidak kalah nikmatnya, seperti nasi goreng, olahan dari ikan, hingga sayur yang segar dan tidak kalah nikmatnya. Alasan lain mengapa tempat ini juga direkomendasikan adalah pemandangan sekitarnya yang sangat indah.

  • Alamat: Jl. Wates – Purworejo Km. 5, Toyan, Wates, Kulon Progo
  • Jam buka: Setiap hari pukul 07.30 – 22.00
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp. 30.000-an untuk satu paket nasi

3. Kopi NYIA 

Kopi NYIA, Sumber: facebook.com
Kopi NYIA, Sumber: facebook.com

Bagi Sedulur Yogyaku yang memiliki hobi ngopi dan ingin mencicipi kopi autentik, maka bisa mencoba Kopi NYIA. Sebab, tempat ini bukan hanya tempat makan biasa, namun juga menyediakan racikan kopi asli dari Menoreh yang autentik.

Untuk menemani kopinya, ada pula berbagai macam camilan yang bisa dipesan. Salah satu camilan pendamping yang sangat pas untuk disantap bersama dengan kopi tentu saja pisang goreng yang tidak kalah nikmatnya.

Meski terkenal dengan kopinya, Kopi NYIA juga menyediakan menu makanan berat yang cukup beragam, mulai nasi dengan lauk sampai soto yang kuahnya gurih dan segar ketika disantap.

  • Alamat: Jl. Wates – Purworejo Km. 11, Temon, Wates, Kulon Progo
  • Jam buka: setiap hari pukul 06.00 – 22.00
  • Kisaran harga: mulai dari Rp. 20.000-an untuk secangkir kopi

4. Resto Seafood Yu Gun

Hidangan di Resto Seafood Yu Gun, Sumber: genpi.co
Hidangan di Resto Seafood Yu Gun, Sumber: genpi.co

Jika Sedulur Yogyaku termasuk orang yang menyukai seafood, maka tempat makan dekat YIA yang paling direkomendasikan adalah Resto Seafood Yu Gum. Alasannya tentu karena Seafood yang disediakan disini terjamin segar, dan diolah dengan bumbu khas nusantara.

Beberapa jenis menu yang bisa dipilih disini adalah olahan dari kepiting, cumi-cumi, lobster, kerang dan udang. Sedangkan untuk pilah ikannya  berupa ikan nila, barakuda, bawal, gurame hingga surung.

Suasana di tempat makan ini juga sangat nyaman dan bersih, sehingga sangat mendukung untuk dijadikan tempat istirahat sejenak setelah lelah menempuh perjalanan.

  • Alamat: Jl. Wates – Purworejo Km. 11, Sidatan, Kalidengan, Temon, Kulon Progo
  • Jam buka: setiap hari pukul 08.00 – 21.00
  • Kisaran harga: mulai dari Rp. 25.000-an saja.

5. Tjipto Roso Jogja

Tjipto Roso Jogja, Sumber: google pics
Tjipto Roso Jogja, Sumber: google pics

Selain mengunjungi hutan mangrove Kulon Progo, tempat lain yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi ketika sudah berada di Kulon Progo adalah Tjipto Roso Jogja.

Salah satu tempat makan yang menyediakan berbagai menu tradisional Jawa yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Beberapa menu utama yang bisa dipesan di sini adalah sop daging, ayam goreng, nasi goreng, mie goreng dan lain sebagainya.

Untuk minumannya sendiri ada beberapa menu yang tidak kalah istimewa, salah satunya adalah wedang secang. Untuk urusan tempat dan suasananya? Siapa saja akan langsung merasa nyaman sejak pertama kali menginjakkan kakinya di sini.

  • Alamat: Sluwok Lor, Tawangsari, Pengasih, Kulon Progo
  • Jam buka: setiap hari pukul 09.30 – 22.00
  • Kisaran harga: mulai dari Rp. 30.000-an

6. Terras Kota

Terras Kota, Sumber: google pics
Terras Kota, Sumber: google pics

Jika beberapa rekomendasi tempat makan dekat YIA sebelumnya memiliki vibe tradisional, maka tempat yang satu ini kebalikannya. Baru memasuki areanya saja, rasa modern nan artistik bisa langsung terasa.

Hal ini juga beriringan dengan menu yang disediakan. Dimana, menu utamanya adalah jenis makanan yang berasal dari luar negeri, contohnya saja pizza. Selain nikmat, pizza disini juga memiliki pilihan topping yang cukup beragam.

Selain makanan western, Terras Kota tetap menyediakan menu Indonesia lho. Sehingga tidak perlu khawatir ketika bepergian dengan orang yang memiliki selera makanan yang berbeda.

  • Alamat: Jl. Pahlawan No. 2-13, Sideman, Giri Peni, Wates, Kulon Progo
  • Jam buka: setiap hari pukul 10.00 – 22.00
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp. 40.000-an 

7. Kopi Jolotundo

Kopi Jolotundo, Sumber: imagekit.io
Kopi Jolotundo, Sumber: imagekit.io

Rekomendasi tempat makan dekat YIA yang terakhir adalah Kopi Jolotundo, salah satu tempat yang belakangan sedang sangat hits di sosial media. Selain karena rasanya yang nikmat, suasana alami dan desain tradisional tempat ini juga seakan menjadi kombinasi yang sempurna.

Tempat makan ini mengusung konsep prasmanan, sehingga pembeli akan merasa lebih leluasa memilih menu yang mereka suka. Adapun beberapa menu utama disini adalah olahan ayam, ikan, oseng kikil hingga mangut lele yang sangat terkenal.

Alasan lain mengapa orang suka memanjakan perutnya disini adalah tentu karena rasanya yang masih sangat masuk akal, meski sudah menjadi tempat yang cukup terkenal. 

  • Alamat: Sogan, Wates, Kulon Progo
  • Jam buka: setiap hari pukul 09.00 – 21.00
  • Kisaran harga: mulai dari Rp. 10.000-an saja

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan dekat YIA yang patut dicoba dan disesuaikan dengan selera. Karena Jogja memiliki kuliner yang cukup menarik dan beragam, maka jangan heran jika rekomendasi yang sudah diberikan tadi lebih mengedepankan makanan tradisional dibandingkan dengan makanan western.

Nah, jika Sedulur Yogyaku masih mencari rekomendasi kuliner lain yang tidak kalah menariknya di Jogja, maka bisa langsung mencarinya di laman utama Yogyaku. Yuk berburu kuliner Jogja!