5 Gudeg Terkenal Di Jogja Yang Wajib Anda Coba

Siapa yang tak kenal gudeg? Rasa-rasanya, sebagian besar dari kita minimal pernah mendengar nama kuliner yang satu ini, meskipun kita tak tinggal di Jogja, setidaknya nama Gudeg sudah cukup familiar di telingan.

Ya, Gudeg adalah salah satu kuliner khas Yogyakarta yang juga cukup di kenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Bahkan di beberapa daerah di luar Jogja, kita sering melihat ada beberapa pedagang yang menjajakan kuliner gudeg ini di pinggir jalan, dan ramai diserbu oleh pelanggan.

Nah, pada artikel kali ini kami ingin memberikan informasi tentang gudeg terkenal yang ada di Yogyakarta. Sebab, bertandang ke Jogja tanpa menyempatkan diri untuk berburu wisata kuliner agaknya ada yang kurang. Nah oleh karena itu Gudeg ini sebaiknya masuk ke dalam daftar kunjungan yang wajib Anda selama berada di Jogja.

Dan dari sekian banyaknya nasi gudeg terkenal yang ada di Jogja, berikut ini kami hanya akan membahas secara singkat tentang 3 lokasi gudeg saja. Tentunya yang paling terkenal (Menurut kami) di Jogja.

Gudeg Terkenal di Jogja
Tampilan Gudeg pada umumnya. Sumber : google.com

5 Top Gudeg Terkenal di Jogja Versi Yogyaku

Berikut ini adalah 5 di antara sekian banyak wisata kuliner Gudeg Jogja yang cukup populer. Selain daripada yang lima berikut ini juga layak untuk Anda pertimbangkan.

1. Gudeg Yu Djum

Rekomendasi Gudeg Jogja yang pertama tentu saja Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum berlokasi di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22 Yogyakarta, dan buka pada jam 05.00 – 19.00 WIB. Gudeg yang satu ini merupakan tempat paling tepat bagi Anda yang ingin membeli gudeg kering.

Gudeg Yu Djum disajikan pada sebuah piring rotan yang dialasi dengan daun pisang, yang menawarkan perpaduan rasa manis dan gurih. Tentunya akan terasa sangat anak di lidah…

Selain itu ada juga sambal goreng krecek yang terasa panas di mulut. \Dari informasi yang kami terima saat ini, satu porsi gudeg Yu Djum diberi harga Rp. 10.000 hingga Rp. 200.000.

2. Gudeg Permata Bu Pujo

Berikutnya adalah gudeg permata bu Pujo, yang terdapat di Jalan Gajah Mada. Jika Gudeg Yu Djum merupakan gudeg kering, sebaliknya gudeg permata bu Pujo merupakan gudeg basah. Baik Gudeg basah maupun Gudeg kering keduanya sama-sama istimewa. Selebihnya tinggal masalah selera kuliner saja.

Gudeg yang dihidangkan dengan kuah santan ini berdiri sejak tahun 1951 yang lalu, dimana pada awalnya, pelanggan setia dari gudeg ini adalah kalangan anak muda kala itu.

3. Gudeg Bu Hj Amad

Yang ketiga adalah gudeg bu Hj Ahmad, yang terdapat di Jalan Kaliurang, Km 5 Karangasem, Barek, CT III Nomor 5. Gudeg bu Hj Ahmad berdiri pada tahun 1950, dan sangat terkenal akan kreceknya yang tidak terlalu pedas, dan ayamnya yang terasa sangat empuk.

Gudeg Bu Hj Amad. Sumber : panduanwisata.id
Gudeg Bu Hj Amad. Sumber : panduanwisata.id

Salah satu keunggulan yang dimiliki Gudeg yang satu ini adalah teknik pengemasan yang cukup efektif dan aman. Dengan begitu perbedaan antara makan di tempat dengan makan di rumah tidak begitu signifikan perbedaannya. Meskipun begitu menikmati Gudeg bu Hj. Amad di lokasi lebih kami rekomendasikan.

4. Gudeg Permata Bu Narti

Gudeg bu Narti ini secara umum tidak jauh berbeda dengan Gudeg kebanyakan. Hanya saja salah satu ciri khas yang ada pada gudeg bu Narti adalah sisi gurih yang cukup mencolok di saat kebanyakan gudeg cenderung pada citarasa manis.

Sedangkan untuk penamaan Permata sendiri, Gudeg Bu narti sangat erat kaitannya dengan lokasi warung yang memang berada di sisi Barat gedung bekas bioskop Permata yang cukup populer kala itu. Untuk bandrol harga, Gudeg bu narti bisa Anda nikmati dengan harga berkisar 12 ribu sampai dengan 50 ribu paket lengkap. Mulai dari telur, krecek, ayam suwir, dan sebagainya.

5. Rumah Makan Gudeg Pawon

Di urutan kelima artikel kali ini ada Gudeg Pawon. Ya, sebagaimana namanya, Gudeg yang satu ini memang memiliki keunikan dari sisi pengolahannya. yaitu masih menggunakan tungku kayu besar. Hal ini konon yang menjadikan citarasa Gudeg Pawon cukup berbeda dengan yang lainnya. maka tidak heran jika metode pawon masih digunakan dan dipertahankan hingga saat ini

Rumah Makan Gudeg Pawon. Sumber: google.com
Rumah Makan Gudeg Pawon. Sumber: google.com

Gudeg Mana Yang Paling Direkomendasikan?

Cara termudah untuk mengetahui gudeg mana yang paling enak adalah dengan mencobanya sendiri, sehingga mampu mengambil kesimpulan sendiri. Untuk itu silahkan cicipi sendiri berbagai gudeg pilihan kami di atas.

Well, jika Anda datang berkunjung ke Jogja dan merasakan kelezatan gudegnya, gudeg manakah yang pertama kali ingin Anda cicipi terlebih dahulu? Atau mungkin Anda memiliki informasi lainnya tentang nasi gudeg yang paling uenak di Jogja sekitarnya?

Jika iya, tak perlu sungkan. Yuk sharing pengalaman Anda ketika berwisata kuliner di Jogja, khususnya ketika menyantap nasi gudeg. Semoga informasi yang kami tulis ini bisa bermanfaat bagi Anda, dan silahkan di-share agar semakin banyak lagi orang yang tau. Sampai bertemu lagi di artikel menarik lainnya via blog yogyaku.