Jurang Tembelan Kanigoro, Wisata Hidden Gem di Bantul yang Mempesona

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Untuk urusan tempat wisata, Jogja memang seakan tidak ada habisnya. Selain budaya dan kuliner yang siap memanjakan, Jogja juga memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang mempesona. Salah satunya adalah Jurang Tembelan Kanigoro yang ada di Bantul.

Saking bagusnya, Jurang Tembelan Kanigoro ini juga sering disebut sebagai hidden gem di kalangan anak muda jaman sekarang. Sebab, suasana dan pemandangannya yang sangat memanjakan mata. Namun di satu sisi masih belum seterkenal beberapa tempat wisata yang sangat hits lainnya.

Nah, jika Sedulur Yogyaku sedang mencari rekomendasi wisata low budget di Jogja, maka tempat ini bisa menjadi pilihan utama. Yuk simak dulu keindahan dan keunikannya berikut ini!

Jurang Tembelan Kanigoro, Tempat Terbaik Berburu Sunset di Bantul

Jurang Tembelan Kanigoro, Sumber: paketwisata.id
Jurang Tembelan Kanigoro, Sumber: paketwisata.id

Bagi para pencinta tempat wisata alam, rasanya akan sayang sekali jika tidak mencoba mengunjungi tempat ini ketika memiliki kesempatan. Hamparan awan dan pemandangan bukit yang ada disekitarnya seakan mampu mengangkat beban yang sedang dipikul oleh siapa yang melihatnya.

Meski tempat ini terkenal sebagai spot andalan untuk menyaksikan matahari tenggelam, namun pemandangan yang disuguhkan tetap indah meski datang pada pagi atau siang hari. Jadi, yang tidak terbiasa bepergian hingga malam hari tidak perlu merasa khawatir.

Seperti kebanyakan tempat wisata alam di Indonesia lainnya, di Jurang Tembelan Kanigoro juga terdapat beberapa spot foto buatan yang sudah dirancang sedemikian rupa. Salah satu spot andalannya adalah tempat berbentuk seperti kapal yang terbuat dari bambu.

Namun, jika tidak terlalu suka dengan adanya spot foto buatan tadi, pengunjung juga bisa mencari tempat berfoto yang lebih alami.

Di sisi lain, ada Sungai Oyo yang juga bisa membuat suasana menjadi lebih asri dan menenangkan. Ditambah dengan awan yang seakan membentuk lautan kapas, tidak heran rasanya jika banyak orang yang menjadikannya sebagai tempat healing dan melepas penat.

Alamat dan Rute Jurang Tembelan Kanigoro

Rute menuju Jurang Tembelan Kanigoro, Sumber: nativeindonesia.com
Rute menuju Jurang Tembelan Kanigoro, Sumber: nativeindonesia.com

Seperti yang sudah disebutkan tadi, tempat wisata alam di Jogja ini berlokasi di Bantul, tepatnya di Desa Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta. Jika ditempuh dari pusat kota Jogja, jaraknya sekitar 24 km dan bisa ditempuh dengan perjalanan kurang dari satu jam.

Jika belum pernah ke sini, pengunjung bisa langsung menggunakan peta digital yang ada di ponsel. Selain itu, kini sudah ada beberapa petunjuk arah yang akan sangat membantu ketika jarak tempuh sudah mulai dekat.

Bagi Sedulur Yogyaku yang berasal dari pusat kota, maka bisa langsung mengambil arah ke Jalan Imogiri Timur, lalu melewati terminal Giwangan. Jika sudah sampai di pasar Imogiri, ambillah arah kiri yang menuju Jalan Mangunan.

Sebagai informasi tambahan, jika ingin ke sini sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, sampai saat ini belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan penumpangnya sampai kesini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Jurang Tembelan Kanigoro 

Harga tiket masuk Jurang Tembelan Kanigoro, Sumber: nagantour.com
Harga tiket masuk Jurang Tembelan Kanigoro, Sumber: nagantour.com

Salah satu alasan pengunjung suka berwisata ke tempat ini adalah tiket masuknya yang sangat murah. Dimana, tiket masuknya hanya sebesar Rp. 2.500 saja. Namun tentu harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir dan lain sebagainya.

Untuk biaya parkir sendiri juga masih sangat terjangkau. Untuk sepeda motor sebesar Rp. 3.000, untuk mobil Rp. 5.000, untuk bus Elf Rp. 10.000 dan untuk bus besar sebesar Rp. 20.000 saja.

Sedangkan untuk jam buka, Jurang Tembelan Kanigoro juga termasuk tempat wisata yang jam bukanya cukup panjang. Dimulai dari pukul 05.00 dan tutup pada pukul 18.00 sore. Sedangkan untuk akhir pekan akan tutup pada pukul 18.30.

Meskipun belum termasuk ke dalam jajaran tempat wisata yang paling terkenal di Jogja, nyatanya tempat ini juga menyediakan fasilitas utama yang nyaman. 

Sebut saja tempat parkir yang luas, toilet yang bersih, para penjaja makanan, dan lain sebagainya. Jadi, para calon pelancong tidak perlu merasa khawatir ketika akan kesini ya.

Tips Ketika Akan Berkunjung ke Jurang Tembelan Kanigoro 

Tips berkunjung ke spot Jurang Tembelan, Sumber: bakpiamutiarajogja.com
Tips berkunjung ke spot Jurang Tembelan, Sumber: bakpiamutiarajogja.com

Karena bukanlah tempat wisata yang dekat dengan pusat kota, sebaiknya ada beberapa hal yang disiapkan sebelumnya agar perjalanan terasa lebih menyenangkan dan tidak sia-sia. Nah, berikut tips yang bisa dicoba terlebih dahulu.

1. Pastikan Baterai HP atau Kamera Full

Ketika sudah sampai kemari, hasrat untuk mengabadikan moment dijamin akan meningkat pesat. Itulah sebabnya, sangat disarankan untuk memastikan baterai kamera atau HP terisi penuh, agar nantinya tidak ada moment yang terlewatkan.

2. Kenakan Pakaian yang Nyaman dan Cantik

Ketika menempuh perjalanan yang tidak dekat, kenyamanan baju menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Selain cantik dan bergaya, pastikan pakaian yang digunakan menyerap keringat, tidak terlalu tipis, dan juga dalam keadaan bersih.

3. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Baik

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan tubuh sedang sehat dan fit. Selain karena cuaca disini cukup adem, tubuh yang tidak sehat juga akan menghambat aktivitas mengeksplorasi dan bersenang-senang disini.

Itulah informasi tentang Jurang Tembelan Kanigoro¬ł salah satu tempat wisata alam di Jogja yang sangat layak untuk dikunjungi, sama seperti air terjun Lepo Dlingo dan beberapa tempat wisata lainnya. Terlebih tempat ini juga sudah memiliki fasilitas utama yang cukup, sehingga pengunjung bisa berwisata dengan lebih nyaman.

Nah, bagi Sedulur Yogyaku yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata yang menarik lainnya, maka bisa langsung mencarinya di laman utama Yogyaku.