Ngopi Lebih Asyik di Kafe Kucing Jogja

Photo of author

Ditulis oleh Nurul Hidayani

Seorang content writer yang selalu tertarik dengan cerita sejarah dan punya hobi memasak

Kota wisata Jogja dipenuhi dengan sejumlah tempat healing yang menarik. Salah satu tren yang turut meramaikan kota ini dan tidak pernah berhenti menjadi perbincangan hangat netizen ialah kafe kucing Jogja. 

Setiap sudut kafe dirancang untuk memberikan kenyamanan, baik bagi pecinta kopi maupun pecinta kucing. Bayangkan, Sedulur Yogyaku sedang menikmati secangkir kopi sambil ditemani kucing-kucing lucu yang bebas berkeliaran. Menyenangkan, bukan?

Dengan suasana yang ramah serta menu yang menggugah selera, kafe ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk bersantai sambil mendapatkan waktu berkualitas bersama kucing-kucing yang menggemaskan. Sedulur Yogyaku semua, simak terus sampai akhir ya untuk mengetahui rekomendasinya!

Rekomendasi Kafe Kucing Jogja yang Unik nan Menggemaskan

Kafe kucing Jogja yang kami temukan ini telah banyak direkomendasikan oleh mereka yang menyukai kucing. Maka, tempat ini dijamin pet-friendly. Bahkan, tidak sedikit yang memperbolehkan Sedulur Yogyaku dapat membawa kucing kesayangan di rumah.

Simpan dan catat informasi ini untuk rencana hangout di akhir pekan nanti bersama keluarga, teman, atau pasangan!

1. Petsaga

Petsaga Jogja, Sumber: promediateknologi.id
Petsaga Jogja, Sumber: promediateknologi.id

Nama kafe Petsaga yang terletak di Malioboro ini sudah familiar di telinga masyarakat Jogja yang menyukai kucing. Desain interior ala Jepang semakin meningkatkan daya tariknya yang tak kalah mengesankan dibanding dengan kafe-kafe sekitar yang kekinian.

Untuk menikmati hiburan dari kucing-kucing lucu yang ada di kafe ini, Sedulur Yogyaku hanya perlu membayar tiket dengan harga yang sangat terjangkau. Pembelian dalam jumlah tertentu bisa mendapatkan produk FnB dan free 1 cat food.

Ya, pengunjung boleh memberi makan dan memegang kucing-kucing yang ada di sana. Jika ingin membawa kucing kesayangan, tersedia area outdoor yang estetik. Meskipun konsep tempat ini begitu unik, menu-menu di kafe ini memiliki rasa yang tak kalah menggugah selera.

  • Alamat: Jl. Sorosutan No.6B, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY
  • Jam Buka: Senin-Minggu, 10.00-19.00
  • Telepon: 081217823660

2. OPPIO Coffee

OPPIO Coffee, Sumber: promediateknologi.id
OPPIO Coffee, Sumber: promediateknologi.id

Syahdu adalah istilah yang cocok untuk menggambarkan tempat ini. Lokasinya berada di tengah desa di Jogja Utara yang dikelilingi oleh area persawahan dengan area outdoor yang begitu luas untuk tempat bermain hewan peliharaan para pengunjung.

Saat sampai pertama kali di tempat ini, fasad depannya terkesan klasik yang menyesuaikan tema homey pada interior desain dalam cafe. Indoor seating areanya dipenuhi dengan spot instagramable. Ditambah, terdapat area bermain outdoor yang juga lumayan luas.

Di samping estetika tempatnya yang luar biasa, menu di kafe ini memuaskan dengan harga yang terbilang terjangkau. 

  • Alamat: Jl. Nglengkong Besi No.11, Area Sawah, Sukoharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DIY
  • Jam Buka: Senin-Minggu, 14.00-22.00
  • Telepon: 081239999082

3. Kaimana Coffee

Kaimana Coffee, Sumber: wisata.app
Kaimana Coffee, Sumber: wisata.app

Salah satu hidden gem di Jogja yang cat-friendly ini sangat recommended untuk dikunjungi. Berada di Bantul dengan konsep alam terbuka di pinggir kali, tempat ini dibangun dengan estetika desain yang ciamik untuk selfie maupun vlogging.

Selain konsep tempat yang unik serta cat-friendly, menu kuliner yang disediakan juga beragam. Terdapat aneka kreasi unik olahan kopi dari biji kopi berkualitas. Sangat cocok untuk Sedulur Yogyaku yang menu kopi Gayo Jogja.

Menariknya lagi, terdapat wisata naik perahu dengan biaya yang terjangkau sebagai aktivitas hiburan tambahan.

  • Alamat: Gg Merpati Menguten, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, DIY
  • Jam Buka: Selasa-Minggu, 08.00-21.00
  • Telepon: –

4. De.Rimbun Coffee & Eatery

De.Rimbun Coffee, Sumber: horego.com
De.Rimbun Coffee, Sumber: horego.com

Sama seperti namanya “rimbun”, kafe yang berada di area utara Jogja ini memiliki konsep yang rimbun dan sejuk. Tidak hanya bisa dinikmati sampai sore hari, kafe dengan kesan rimbun ini dapat ditongkrongi sampai tengah malam.

Pas sekali untuk Sedulur Yogyaku yang suka menghabiskan waktu sepulang beraktivitas sore hari dengan kucing kesayangan. Kapasitas kafe pun cukup besar dengan space tempat duduk indoor dan juga outdoor. Begitu juga dengan area parkir yang luas. 

  • Alamat: Jl. Sidomulyo No.4, Manukan, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY
  • Jam Buka: Senin-Minggu, 12.00-02.00
  • Telepon: 082229005657

5. Teman Lama

Teman Lama, Sumber: madhang.com
Teman Lama, Sumber: madhang.com

Kafe kucing Jogja yang satu ini mungkin tidak memiliki area outdoor yang luas sebagaimana yang kami rekomendasikan sebelumnya. Namun, cukup seru untuk tempat hangout. Begitupun dengan area indoor yang dimilikinya, begitu leluasa dan nyaman untuk menemani si kucing kesayangan. 

Menu-menu yang dihidangkan pun dikemas menarik sambil tetap mempertahankan rasa lezat yang konsisten sepanjang kafe ini buka. Ada menu coffee, non-coffee, specialities, camilan hingga makanan berat.

Tempat yang mendukung kesenangan ditambah menu-menunya yang enak pasti membuat betah seharian menghabiskan waktu di sini. Tetapi, jangan lupa membeli banyak menu untuk mendukung owner agar coffee chop cat-friendly yang jarang ditemukan di Jogja ini tetap beroperasi ya!

  • Alamat: Jl. Suroto No.5A, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DIY
  • Jam Buka: Senin-Minggu, 10.00-00.00
  • Telepon: –

6. Kopi Tempuran

Kopi Tempuran Jogja, Sumber: promediateknologi.id
Kopi Tempuran Jogja, Sumber: promediateknologi.id

Kopi Tempuran dapat menjadi tempat alternatif yang pas untuk melamun bersama kucing daripada hanya di rumah saja. 

Tempatnya berada di area hijau dengan konsep natural nan modern, sehingga Sedulur Yogyaku bisa tetap eksis mengabadikan momen dengan foto ataupun video berlatar belakang view yang estetik.

Sebab tempat ini dikelilingi dengan pepohonan rindang, terdapat aliran kali, serta tumbuh-tumbuhan di beberapa titik bangunan. Ditambah, cukup banyak kucing berkeliaran yang semakin menambah suasana menyenangkan.

Banyak yang bilang, tempat ini merupakan lokasi yang pas sebagai café coworking space Jogja bagi Sedulur Yogyaku yang ingin mengerjakan tugas online maupun WFA.

  • Alamat: Jl. Plataran No.9, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DIY
  • Jam Buka: Senin-Minggu, 09.00-18.00 
  • Telepon: –

7. Grande Pet Zone

Grande Pet Zone, Sumber: facebook.com/grandepetzone
Grande Pet Zone, Sumber: facebook.com/grandepetzone

Sebenarnya, Grande Pet Zone adalah fasilitas grooming khusus kucing. Namun, pemilik tempat ini berinovasi menyediakan tempat duduk ala kafe yang nyaman untuk menghabiskan waktu sambil menunggu kucing selesai melakukan grooming, sekaligus ditemani dengan pemandangan yang asri, lega, dan menyenangkan.

Tak hanya fasilitas grooming, terdapat hotel exclusive serta fasilitas playtime seru di Grande Pet Zone. Daftarkan anabul Sedulur Yogyaku sekarang, dijamin akan membuatnya lebih aktif dan senang.

  • Alamat: Jl. Jenengan Raya, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY
  • Jam Buka: Senin-Minggu, 09.00-18.00
  • Telepon: 089518705022

Itulah tadi kafe kucing Jogja recommended untuk Sedulur Yogyaku yang menyukai kucing. Jangan lupa mengunjungi slow bar Jogja untuk pengalaman yang berbeda!