Jangan Lewatkan Kustomfest Jogja 2024! Catat Tanggalnya Sekarang!

Photo of author

Ditulis oleh Melynda Dyah

Seorang Content Writer yang membawa semangat dan kreativitas dalam setiap tulisannya. Bekerja untuk Zeka Digital dan untuk diri sendiri.

Pecinta modifikasi otomotif ayo merapat, karena Kustomfest Jogja is back! Populer sebagai barometer para pelaku dunia kustom otomotif di Indonesia, Kustomfest akan kembali digelar di tahun 2024 ini.

Tentunya Kustomfest akan menjadi event seru dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Khususnya bagi mereka yang memiliki ketertarikan atau hobby di dunia otomotif dan modifikasi.

Kustomfest pertama kali digelar pada tahun 2012 silam dan sampai saat ini selalu konsisten hadir setiap tahunnya pada bulan Oktober di Jogja untuk menyapa dan memanjakan para penggemar modifikasi otomotif.

Ya, sejak awal kehadirannya, event ini secara konsisten menjadi festival yang mempertemukan para pelaku industri, penggemar, dan komunitas otomotif dari seluruh Indonesia bahkan dari mancanegara.

Apa Itu Kustomfest Jogja?

Event Kustomfest Jogja, Sumber: promediateknologi.id
Event Kustomfest Jogja, Sumber: promediateknologi.id

Sudah menjadi rahasia umum, Kota Jogja selalu penuh dengan gebrakan uniknya. Dari berbagai festival musik, pameran seni, hingga pameran komputer semua tersaji dan dikemas secara apik. Termasuk salah satunya adalah Kustomfest Jogja ini.

Kustomfest Jogja adalah festival yang menampilkan kolaborasi pertunjukan dari berbagai jenis karya custom Indonesia. Seperti motor custom, hot rod dan custom cars, bicycle custom dan pedal car, custom paint battle, dan masih banyak lagi.

Festival ini hadir sebagai wadah promosi kreatif yang memungkinkan bagi setiap perusahaan untuk mempromosikan produknya secara khusus kepada penggemar kustom kulture, industri kreatif, dan masyarakat pecinta otomotif pada umumnya.

Gelaran ini turut mengundang serta melibatkan seluruh elemen pegiat kustom kulture Indonesia dan pelaku industri kustom global. Guna menampilkan karya custom terbaiknya sebagai bentuk refleksi kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

Tujuan utama diadakannya Kustomfest Jogja adalah sebagai wadah untuk mempertemukan orang-orang dengan kemampuan di bidang custom dan orang-orang yang membutuhkan jasa custom, khususnya custom otomotif.

Namun selain menjadi ajang pertemuan akbar para automotive enthusiast dari dalam dan luar negeri, Kustomfest Jogja juga menjadi sarana promosi bagi para produsen otomotif dan apparel terkemuka.

Jadi, Sedulur Yogyaku tidak hanya dapat melihat pameran modifikasi otomotif, melainkan juga bisa berbelanja. Bahkan pada Kustomfest Jogja di tahun-tahun sebelumnya dilengkapi dengan pertunjukan musik dari musisi terkenal tanah air.

Kustomfest Jogja 2024, Kapan Digelar?

Kustomfest Jogja 2024, Sumber: facebook.com
Kustomfest Jogja 2024, Sumber: facebook.com

Menjadi salah satu event pameran tahunan di Jogja yang paling ditunggu-tunggu, sudah pasti banyak dari Sedulur Yogyaku yang mulai mencari tahu kapan acara ini akan dilangsungkan.

Kustomfest sebagai family event yang bersifat edukatif mengenai otomotif, kompetisi, eksebisi karya kustom, komunitas, dan entertainment ini dikemas sebagai satu tontonan menarik untuk umum selama dua hari penuh.

Tepatnya pada tahun 2024, Kustomfest diselenggarakan pada tanggal 5-6 Oktober mendatang di Jogja Expo Center (JEC) yang berlokasi di Jl. Raya Janti, Wonocatur, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Program-Program Kustomfest Jogja

Program yang ada di Kustomfest Jogja, Sumber: kustomfest.com
Program yang ada di Kustomfest Jogja, Sumber: kustomfest.com

Di tahun-tahun sebelumnya, Kustomfest hadir lengkap dengan berbagai program pameran dan show menarik. Di tahun 2024 ini, tentunya program yang diadakan juga tidak akan jauh berbeda.

Sebagai gambaran, Kustomfest Jogja yang diadakan pada tahun-tahun sebelumnya memuat beragam kompetisi dan festival custom dalam satu rangkaian event, yang meliputi: 

  • Kustom Bike Show. Pertunjukan sepeda motor custom, termasuk jenis trike dan sidecar dengan ide-ide berani, unik, dan orisinil.
  • Hot Rod & Kustom Car Show. Show & eksibisi khusus Mobil Hot Rod, Lowrider, Pickup, Muscle Car, Airkooled, Japan Retro Car dengan berbagai jenis kendaraan dan type.
  • Kustom Paint Battle. Sebuah kompetisi pengecatan yang menggunakan spare part otomotif sebagai medium, dengan teknik pengecatan bebas. Peserta membawa karya yang sudah selesai dibuat dan siap untuk di display.
  • Kustom Bicycle & Pedal Car. Kompetisi kustom bicycle & pedal car yang didasarkan pada nilai artistik tanpa mengorbankan fungsi utama karya itu sendiri.
  • Helmet Custom Paint Contest. Kompetisi kreativitas dan pengecatan (painting) menggunakan helm sebagai medium. Dalam kompetisi ini akan dinilai berdasarkan konsep, keselarasan warna, dan teknik pengecatan.
  • Die Cast Show & Contest. Kompetisi yang mempertandingkan karya model atau miniatur Hot Rod Car dari elemen logam, namun bukan kategori Tin Toys. Karya diperbolehkan replika dengan berbagai jenis kendaraan dan type.
  • Body Art Show & Contest. Tatto show yang melibatkan para Tatto Artist yang ada di Indonesia.
  • BMX Contest. kompetisi adu ketangkasan BMX dengan pengelompokan kategori dan kelas: open street, open flatland, dan best trick. 

Dengan banyaknya program yang dihadirkan untuk melengkapi kemeriahannya, rasanya sangat disayangkan jika melewatkan event tahunan Jogja satu ini. Apalagi bagi Sedulur Yogyaku yang memiliki minat pada dunia otomotif dan modifikasi. 

Menariknya lagi, pada tahun-tahun sebelumnya terdapat lucky draw dengan doorprize menarik dan sangat mengesankan. Jadi, bagi siapapun yang mengunjungi Kustomfest Jogja 2024 nantinya juga berkesempatan untuk mendapatkannya.

Detail Informasi Kustomfest Jogja 2024!

Info terkait Kustomfest Jogja 2024, Sumber: harianjogja.com
Info terkait Kustomfest Jogja 2024, Sumber: harianjogja.com

Bagaimana, tertarik untuk melihat beragam kendaraan modifikasi secara langsung di event satu ini? Catat tanggalnya dan kosongkan jadwal mulai dari sekarang. 

Untuk informasi lengkap seputar Kustomfest Jogja 2024, Sedulur Yogyaku bisa langsung mengunjungi media sosial Kustomfest di sini: 

Informasi detail seputar tiket masuk event, line up pengisi acara, dan program yang akan turut hadir pada Kustomfest 2024 mendatang akan diinformasikan secara langsung melalui media sosial tersebut.

Sementara untuk mendapatkan informasi seputar beragam event Jogja lainnya yang tidak kalah menarik di tahun 2024, Sedulur Yogyaku bisa langsung cek di laman website Yogyaku. Sampai bertemu di Kustomfest Jogja 2024 ya, Sedulur Yogyaku!