Minuman Khas Yogyakarta Yang Tiada Tara

Yogyakarta adalah sebuah provinsi yang sering dikenal sebagai kota pelajar. Karena banyaknya orang yang merantau hingga ke daerah ini untuk meambah wawasan mereka. Terlepas dari jumlah pelajar yang datang ke yogyakarta dan berbagai macam kerajinan produk kulit. Yogyakarta juga bisa disebut dengan surga kuliner.

Banyak sekali kuliner kota jogjaya yang diburu oleh para wisatawan saat mereka mendatangi daerah ini beberapa diantaranya seperti gudeg, bakpia, oseng oseng mercon, tiwul dan berbagai macam kuline lainya. Akan tetapi kuliner yang dimiliki kota pelajar ini tidak hanya berupa makanan akan tetapi daerah ini juga memiliki minuman khas yogyakarta.

Beberapa minuman khas Jogja ini bahkan sangat terkenal sampai ke luar kota. Kenikmatan dan kelezatan yang disuguhkan mampu membuat banyak orang rindu ingin datang lagi mencicipinya. Nah, jika kamu sedang atau punya rencana berkunjung ke kota yang terkenal dengan bakpia dan gudeg ini, cobalah juga untuk mencicipi sederet minuman khasnya.

Minuman Khas Yogyakarta

Jogja selalu identik dengan kota yang membuat kangen. Meskipun berkali kali mengunjunginya tetap tidak pernah bosan. Selain nuansa kotanya yang bikin nyaman, makanannya juga bikin lidah puas. Mengunjungi Yogyakarta tak harus hanya jalan-jalan saja, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk kulineran di kota Jogja. Minuman khasnya wajib Anda coba ketika ke Jogja. Selengkapnya simak ulasan berikut.

1. Wedang Uwuh

Dalam Bahasa Jawa, uwuh berarti sampah. Namun Wedang Uwuh bukan berarti isi minumannya sampah.  Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang Uwuh merupakan minuman hangat khas Yogyakarta yang dibuat dari berbagai rempah nusantara. 

Untuk mendapatkan wedang uwuh anda bisa mengunjungi beberapa tempat makan di jogja. Anda juga bisa meraciknya sendiri di rumah dengan membeli rempah rempah yang dibutuhkan melalui toko herbal online maupun datang ke toko herbal ke dekat. Tapi ada kabar baik bahwa wedang uwuh juga memilki bungkus instant yang dapat anda gunakan sebagai oleh oleh.

minuman khas yogyakarta
Wedang uwuh salah satu minuman khas yogyakarta Sumber Pinterest

2. Kopi Joss

Siapa sih yang tak kenal dengan Kopi Joss. Ini adalah salah satu minuman khas yogakarta yang selalu ramai diburu wisatawan. Hal tersebut dikarenakan cara membuatnya cukup unik dimana diberi arang saat penyajiannya. Dan karena keunikan tersebut, membuat Kopi Joss tak hanya terkenal di kota Jogja, namun juga di berbagai negara. Di luar negeri, minuman ini dikenal dengan nama “The Charcoal Coffee”.

Kopi Joss juga menjadi menu andalan sejumlah tempat-tempat makan di sebelah utara stasiun Jogja. Dan salah satu spot paling terkenal disana adalah Angkringan Lek Man. Disini, kamu cuma perlu mengeluarkan modal 5 ribu rupiah aja buat meneguk segelasnya.

Baca Juga : Mengenal Batiki Jannati dan Produk Batik Unggulannya

3. Bir Plethok

Di masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono VII di tahun 1930-an, beliau tertarik dengan kebiasaan orang Belanda meminum bir untuk menghangatkan diri. Terinspirasi dari hal ini, sang Sultan ingin membuat minuman sejenis yang bisa menghangatkan tubuh namun tentu saja tidak beralkohol. Dari situ, terciptalah bir Pletok.

Minuman ini terbuat dari berbagai jenis rempah seperti kayu secang, kapulaga, pandan, serai, dan juga cengkeh. Semua bahan tersebut direbus dengan tambahan gula batu lalu didinginkan. Setelah dingin, ditambahan air perasan jeruk nipis kemudian disaring dan disimpan dalam botol. Sebelum dikonsumsi, minuman ini harus dikocok terlebih dahulu hingga berbusa, makanya dinamakan Bir Pletok. Bir Jawa yang dibuat dari berbagai rempah khas nusantara ini cocok untuk menghangatkan tubuh kamu.

Minuman Khas Yogyakarta
Bir plethok Sumber: https://www.okemom.com/

4. Wedang Ronde

Minuman khas Jogja yang tidak bisa dilewatkan selanjutnya adalah wedang ronde. Minuman yang terdiri dari air gula yang diberikan jahe dan membuat tubuhmu hangat. Kemudian ditambahklan bulatan warna warni yang terbuat dari ketan. Bulatan ini berisikan kacang tanah yang membuat cita rasanya unik. Wedang Ronde sangat pas dikonsumsi ketika musim hujan telah datang karena bisa membuat hangat.

5. Es Semlo

Saat suasana panas minum es menjadi hal yang menyegarkan. Kamu bisa menikmati es semlo ketika mengunjungi Jogja. Es semlo berbahan dasar pisang yang kemudian di riam dengan air dari larutan gula dan rempah rempah. Kemudian ditambahkan air jeruk nipis dan es batu. Warnanya juga menarik dan terbuat dari bahan alami yakni kayu secang. Tertarik menikmati es semlo yang unik satu ini?

Baca Juga : 10 Rekomendasi Jasa Pembuatan Papan Nama Untuk Wilayah Jogja

6. Rujak Es Krim

Kalau sebelumnya minuman penghangat, yang satu ini sedikit berbeda. Justru lebih enak kalau dikonsumsi saat cuaca Yogyakarta yang panas. Disebut rujak es krim karena memang minuman ini bukan sekedar es krim, karena minuman ini merupakan campuran dari es krim dengan berbagai macam bahan. Ada buah kedondong, mangga, pepaya muda, nanas, bengkuang, yang semakin nikmat tatkala disiram gula Jawa yang pedas.

Kamu bisa mendapatkan rujak es krim ini di penjual yang berdagang di pinggiran kota Yogyakarta. Tetapi, yang paling top dan kamu harus kesana yaitu yang ada di lapangan Pakualaman. Di tempat ini, rujak es krim sudah dikenal sejak tahun 1990.

Minuman Khas Yogyakarta
Rujak es krim Sumber: https://bisnisukm.com/

7. Sarsaparila

Sarsaparilla ini adalah sejenis limun yang memiliki warna ungu kecoklatan. Minuman tersebut merupakan hasil fermentasi tanaman saparella, khas Pulau Jawa. Sarsaparilla ini dulunya merupakan minuman favorit kaum ningrat dan para bangsawan keraton Jogja. Namun cukup disayangkan, kini keberadaannya seakan menghilang dari peredaran karena tergerus oleh zaman.

Tapi tak perlu khawatir karena masih ada satu tempat yang menjual Saparilla ini, namanya yaitu Indo Saparella. Lokasinya ada di Kutu Pratan, Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman dan untuk harganya kisaran 13-15 ribuan aja per botolnya

Itulah bebrapa kuliner minuman khas yogyakarta yang dapat anda nikmati saat anda berkunjung ke yogyakarta. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi anda. Selamat membaca dan terimakasih.