Misteri Suara Drumband di Jogja, Sebenarnya dari Mana?

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Tak hanya terkenal dengan sebutan Kota Pelajar, Jogja juga terkenal sebagai salah satu kota yang memiliki cukup banyak mitos atau kisah misteri. Contohnya saja mitos pulung gantung yang ada di Gunung Kidul, hingga misteri suara drumband di Jogja yang pernah membuat heboh.

Seperti namanya, misteri ini memang tentang suara drumband. Namun, bukan suara drumband biasa, melainkan suara drumband yang muncul pada tengah malam ataupun menjelang subuh. Dimana, pada waktu tersebut hampir semua orang beristirahat dan mustahil rasanya jika melakukan latihan pada waktu tersebut.

Nah, apakah Anda penasaran ingin mengulik misteri suara drumband di Jogja ini lebih dalam? Yuk simak beberapa informasinya berikut ini! 

Mengulik Suara Drumband di Jogja, Semengerikan Apa?

Jogja, kota romantis yang penuh mitos dan misteri, Sumber: lipsus.kompas.com
Jogja, kota romantis yang penuh mitos dan misteri, Sumber: lipsus.kompas.com

Jogja ramai karena pagelaran upacara tradisi ataupun konser tentu sudah merupakan hal biasa. Namun, belakangan ini ada kisah misteri yang merebak di Kota Jogja, dimana banyak orang yang mengaku mendengar suara drumband pada tengah malam atau menjelang subuh.

Bahkan, sumber suara dari suara tersebut semakin sulit untuk ditemukan. Sebab, semakin kesini semakin banyak orang yang berasal dari kawasan yang berbeda yang mengaku mendengar suara tersebut.

Meskipun masih banyak orang yang merasa tidak percaya dengan cerita ini, namun nyatanya tidak sedikit juga yang menganggap hal ini menjadi salah satu mitos di Jogja yang tak hanya unik, namun juga menyeramkan.

Bagi mereka yang takut, biasanya mereka akan memaksakan tidur lebih cepat dan bangun sedikit lebih siang dari biasanya. Sehingga kemungkinan mereka bisa mendengarkan suara tersebut menjadi jauh lebih kecil.

Konon Berasal dari Bunyi Genderang Pasukan Nyi Roro Kidul

Ilustrasi permainan drumband, Sumber: id.pinterest.com
Ilustrasi permainan drumband, Sumber: id.pinterest.com

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa suara drumband tersebut berasal dari bunyi genderang pasukan Nyi Roro Kidul yang sedang dalam perjalanan menuju Gunung Merapi dari Laut Kidul, ataupun sebaliknya.

Selain itu, tidak sedikit pula yang percaya bahwa misteri suara drumband di Jogja ini berhubungan dengan gendering pasukan wilayah Ngayogyakarta yang tak kasat mata. Ya, di Jogja memang perkara yang berhubungan dengan hal mistis semacam ini masih sangat kental.

Saking ramainya kisah tentang suara drumband misterius ini, bahkan tidak hanya warga setempat saja yang ramai membicarakannya. Melainkan pelancong dari luar daerah juga ikut merasa penasaran dan ingin mendengar suara tersebut.

Bagi beberapa orang, mendengar suara drumband ini dipercaya bisa menciptakan hubungan emosional yang unik, yang membuat pendengarnya seakan memiliki hubungan yang tak terputus dengan Kota Jogja.

Meskipun bagi sebagian orang kisah tersebut hanya seperti angin lalu, namun nyatanya tidak sedikit orang yang ingin datang kesini karena ingin mendengarkan suara tersebut. Secara tidak langsung, mitos ini juga berperan bagi wisata Jogja.

Mahfud MD Juga Ikut Penasaran Dengan Misteri Suara Drumband di Jogja

Kirab drumband keraton di Kota Jogja, Sumber: jogja.suara.com
Kirab drumband keraton di Kota Jogja, Sumber: jogja.suara.com

Jika Anda yang berasal dari luar Jogja merasa bahwa suara misterius ini hanyalah bualan semata. Maka, Anda perlu tahu bahwa seorang Mahfud MD juga pernah membahas tentang misteri yang satu ini.

Seiring dengan semakin merebaknya cerita tentang misteri ini, akhirnya muncul pula beberapa kepercayaan yang mengiringinya. Salah satu yang paling ramai disebutkan adalah mereka yang berasal dari luar daerah akan betah tinggal di Jogja jika mendengar suara tersebut.

Dari banyaknya orang yang pernah mendengar suara tersebut, ternyata seorang Mahfud MD adalah salah satunya. Beliau pernah menjadi saksi bahwa ikut penasaran dan mencari asal dari suara tersebut.

Hal ini terjadi pada sekitar tahun akhir 1970 an sampai awal 1980. Dimana, pada saat itu Jogja masih belum seramai saat ini. Mahfud MD juga pernah mengatakan pada Detikcom, bahwa hal tersebut jika dianalisa secara ilmiah sebenarnya tidak ada metodologinya.

Namun, beliau juga merasa bahwa pengalaman mendengar suara drumband misterius tersebut menjadi salah satu pengalaman yang unik, dan sesekali menceritakannya dengan orang terdekat.

Mahfud MD juga tidak merasa takut dengan suara tersebut. Selain karena suaranya yang tidak menyeramkan, durasi munculnya suara tersebut juga tidak lama, hanya beberapa menit saja dan kemudian suara drumband akan segera pergi.

Fakta Tentang Misteri Suara Drumband di Jogja

Misteri suara drumband di Jogja yang populer, Sumber: kompasiana.com
Misteri suara drumband di Jogja yang populer, Sumber: kompasiana.com

Meski tidak bisa dikatakan sebagai salah satu fakta yang paling valid. Namun, ada probabilitas yang besar bahwa suara drumband yang tiba-tiba muncul pada malam atau subuh adalah suara latihan drumband AAU Yogyakarta.

Meskipun jadwal regular latihan drumband mereka adalah pada siang hari, namun pada saat-saat tertentu memungkinkan untuk dilakukan latihan pada malam hari jika keadaan memang mengharuskan.

Namun, tidak ada yang bisa membuktikan secara pasti bahwa misteri suara drumband di Jogja ini berasal dari suara latihan mereka. Ditambah lagi, jadwal latihan tambahan seperti ini juga biasanya dilakukan dengan mendadak.

Namun yang pasti, jika suara drumband tersebut berasal dari latihan, tentu suaranya akan terdengar cukup lama, dan orang sekitar yang masih terjaga akan sama-sama mendengarnya.

Itulah beberapa ulasan tentang misteri suara drumband di Jogja, salah satu kisah misterius yang sampai saat ini masih sering diperbincangkan meski sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu.

Selain tentang suara misterius ini, Jogja juga masih memiliki kisah dan mitos lainnya yang tidak kalah unik, seperti mitos Alun-alun Kidul Jogja yang bisa mengabulkan permintaan.

Terlepas dari berbagai mitos dan cerita misteri tadi, Jogja tetaplah salah satu kota istimewa yang mampu mencuri hati siapa saja yang sudah pernah mendatanginya bahkan bagi mereka yang masih bermimpi.