Pantai Srakung Gunungkidul, Surga Tersembunyi yang Cocok Untuk Menyepi

Photo of author

Ditulis oleh Dila Arini

I'm the best served with coffee and a side of sarcasm

Gunungkidul memang terkenal sebagai salah satu tempat yang memiliki pantai yang indah dan mempesona. Saking indahnya, banyak orang yang berasal dari luar kota sengaja datang kesini. Salah satu pantai indah tersebut adalah Pantai Srakung Gunungkidul. 

Jika ingin mencari pantai yang belum terlalu ramai seperti pantai Krakal Jogja, maka pantai ini bisa dijadikan salah satu pilihan utama. Selain itu, Sakrung juga masih menjadi pantai yang sangat alami, dan belum memiliki beragam spot foto yang sering dijumpai di tempat wisata hits masa kini.

Nah, berikut ulasan informasi lengkap tentang Pantai Srakung Gunungkidul khusus untuk Sedulur Yogyaku!

Pesona Pantai Srakung Gunungkidul, Pantai Indah yang Tersembunyi 

Pesona Pantai Srakung Gunungkidul, Sumber: idntimes.com
Pesona Pantai Srakung Gunungkidul, Sumber: idntimes.com

Masyarakat Jogja dan sekitarnya tentu sudah paham betul bahwa Gunungkidul merupakan wilayah yang sangat terkenal dengan pantainya. Namun, karena di wilayah ini terdapat sangat banyak pantai, tidak jarang ada beberapa pantai yang masih belum tereksplor dengan sempurna.

Salah satunya adalah Pantai Srakung Gunungkidul ini. Dengan hamparan air laut biru yang berpadu bersama pasi dan langit yang sangat indah, nyatanya masih jarang orang yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata utama.

Selain itu, di sini juga terdapat banyak sekali tebing-tebing yang berdiri dengan kokohnya. Seakan mengingatkan manusia yang berkunjung untuk tak merasa berbesar hati dan berserah pada Sang Pencipta.

Karena tempatnya yang masih cukup tersembunyi, banyak orang juga yang menyebut tempat ini dengan sebutan pantai perawan. Di sini belum ada spot-spot foto kekinian, yang dianggap mengganggu bagi sebagian orang.

Namun, karena masih cukup private itu jugalah di sini belum terlalu banyak fasilitas yang tersedia. Untuk para penjaja makanan juga masih cukup terbatas, sehingga ada baiknya untuk membawa bekal atau sekadar makanan ringan dari luar sebelum sampai kesini.

Daya Tarik Utama Pantai Srakung Gunugkidul 

Daya tarik Pantai Srakung, Sumber: lemon8cdn.com
Daya tarik Pantai Srakung, Sumber: lemon8cdn.com

Meski di Gunungkidul ada banyak sekali pantai yang indah, namun tentu saja setiap pantai memiliki keunikan dan daya tariknya tersendiri. Sehingga, sayang rasanya jika tidak mengeksplor pantai tersebut satu persatu. Yang pasti, jika sudah sampai di Gunungkidul jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya seperti ungkrung jati.

Nah, berikut beberapa daya tarik utama yang dimiliki oleh Pantai Srakung Gunungkidul. 

1. Berasa Liburan di Private Beach 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, pantai ini masih termasuk dalam salah satu tempat wisata yang tersembunyi. Namun, hal tersebut malah memberikan kesan tersendiri. Dimana, pengunjungnya tidak perlu berkerumun dengan pelancong lain, malah kadang bisa menikmati keindahannya sendirian.

Kebebasan tersebut tentu memberikan rasa nyaman yang lebih, baik bagi pelancong yang hanya sekadar ingin bersantai sambil menikmati pemandangan, berfoto dengan teman atau pasangan, atau bahkan yang ingin membuat konten sekalipun.

2. Bisa Menjadi Spot Memancing

Bagi yang memiliki minat dengan aktivitas memancing, Pantai Srakung Gunungkidul juga bisa ternyata bisa menjadi tempat memancing yang asyik lho. Sebab, di sini ada banyak tebing yang cukup tinggi, dan di bawahnya terdapat beberapa jenis ikan yang hidup dengan bebas.

Namun tentu, untuk memancing disi tentu pengunjung harus membawa perlengkapannya sendiri dari rumah. Sebab, sampai saat ini masih belum ada jasa yang menyewakan perlengkapan tersebut.

3. Tempat Camping Alternatif

Selain memancing, aktivitas menarik lainnya yang juga bisa dilakukan di sini adalah camping. Selain karena tempatnya yang sangat luas, suara deburan ombak ketika malam hari juga seakan memberikan pengalaman tersendiri.

Meski di sini ada cukup banyak spot yang bisa dijadikan untuk berkemah, namun salah satu spot yang menjadi primadona adalah di area tebing yang ada pada salah satu pantai.

Namun, sekali lagi perlu diingat bahwa di sini belum ada tempat yang menyewakan berbagai macam keperluan untuk bercamping. Sehingga pengunjung harus menyiapkan dan membawanya sendiri dari rumah sebelum berangkat.

Alamat dan Rute Pantai Srakung Gunungkidul

Rute menuju Pantai Srakung Gunungkidul, Sumber: salsawisata.com
Rute menuju Pantai Srakung Gunungkidul, Sumber: salsawisata.com

Bagi Sedulur Yogyaku yang sudah tidak sabar untuk segera kesini, lokasinya berada di bagian ujung timur Gunungkidul. Tepatnya berada di Nujo, Pucung, Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

Untuk menuju lokasi Pantai Srakung Gunungkidul, mulailah perjalanan dengan menuju arah Jalan Wonosari. Selanjutnya, menuju arah Kapanewon Girisubo dan akan menemukan Pasar Ngrancah.

Jika sudah sampai pasar tersebut, tingga lurus hingga sampai di pertigaan dan ambillah jalan sebelah kiri. Tidak lama dari tempat tersebut, pengunjung akan menemukan pantai ini di penghujung jalan.

Harga Tiket dan Jam Buka Pantai Srakung Gunungkidul

Jam buka Pantai Srakung, Sumber: salsawisata.com
Jam buka Pantai Srakung, Sumber: salsawisata.com

Sampai saat ini, belum ada harga tiket masuk yang ditentukan. Namun, sebaiknya tetap sediakan uang kecil untuk membayar parkir. Selain itu, terkadang ada pula petugas yang tiba-tiba meminta uang iuran, yang pasti masih dalam nominal yang sangat terjangkau.

Untuk jam bukanya sendiri, pantai ini buka selama 24 jam penuh. Ini juga alasan mengapa banyak orang yang memilih tempat ini sebagai tempat untuk camping. Namun, jika memang berencana untuk menginap, sebaiknya tidak datang terlalu malam agar bisa menyiapkan segala perlengkapannya terlebih dahulu.

Itulah informasi tentang Pantai Srakung Gunungkidul, salah satu pantai yang rasanya sayang sekali untuk dilewatkan ketika sedang mengeksplor keindahan pantai yang ada di daerah ini. Ditambah lagi, pantai ini juga masih sangat alami.

Nah, jika Sedulur Yogyaku masih mencari rekomendasi pantai lain yang tidak kalah indahnya di Jogja, maka bisa mendapatkan rekomendasi terbaik di laman utama Yogyaku.